TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Mengolah Edamame Jadi Makanan yang Bernutrisi

tidak hanya bijinya, dimakan sama kulitnya pun enak

ilustrasi edamame pan sear (pixabay.com/siochina)

Tumbuhan seperti biji-bijian banyak diolah jadi makanan yang lezat. Misalnya, camilan kacang tanah, kacang merah, kedelai, dan ada banyak pilihan lainnya. Salah satunya adalah adalah edamame atau kacang jepang yang enak, lho.

Biasanya, edamame dipisahkan dengan bijinya dan disimpan dalam bentuk frozen food. Daripada disimpan lama-lama, akan lebih fresh jika edamame dimasak jadi camilan yang sehat. Tak sulit mengolah edamame untuk camilan di rumah. Simak saja tiga tips mengolah kacang edamame supaya jadi camilan yang hasilnya lezat!

1. Edamame panggang

ilustrasi edamame panggang (pexels.com/Maria Charizani)

Biasa disebut sebagai edamame panggang. Warnanya sedikit kecokelatan dengan aroma smoky. Disajikan sebagai camilan di sore hari sembari minum kopi. Rasanya bisa disesuaikan selera, namun yang lebih banyak jadi favoritnya orang-orang adalah balado edamame.

Cara memanggangnya bisa menggunakan air fryer, microwave, atau bisa dengan oven. Menyesuaikan alat yang ada di rumah. Sebelumnya, pilih edamame yang masih muda, tapi sudah sudah berbiji. Letakkan kacang edamame dalam mangkuk tahan panas yang bisa digunakan untuk memasak dalam microwave. Tutupi dengan mangkuk, masak sampai kacang empuk sekitar 1 hingga 3 menit saja. Setelah selesai, diamkan sejenak hingga cukup dingin untuk dipegang. Beri bumbu sesuai selera dan sajikan.

Baca Juga: Cara Memasak Edamame Paling Mudah dan Praktis

2. Edamame rebus

ilustrasi edamame rebus (pexels.com/cottonbro studio)

Pengolahan edamame selanjutnya adalah dengan cara direbus. Cara ini termasuk pengolahan tradisional dan hasilnya bisa kamu lihat ketika di jalan pasti ada abang-abang gerobakan yang menjual aneka rebusan seperti edamame rebus, jagung rebus, ubi hingga kacang tanah rebus. Khusus untuk edamame rebus, kamu perlu memilih edamame yang sudah cukup tua. Sebab, yang diambil dari edamame ini adalah bagian bijinya.

Siapkan panci, lalu isi air secukupnya. Beri garam yang cukup banyak, lalu didihkan. Takaran garam yang banyak agar rasa asin bisa meresap sampai dalam biji. Masukkan edamame beserta kulitnya dalam panci. Rebus sampai kacang empuk, kira-kira 5 menit. Angkat dan tiriskan, bilas kacang dalam air dingin. Tambahkan bumbu atau rasa original pun sedap sebelum disajikan.

Verified Writer

Qoniah Musallamah

Berusaha belajar sepanjang waktu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya