TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi Olahan Daging Sapi dalam Masakan Prancis, Dijamin Bikin Lapar

Rasa dagingnya dijamin nikmat

ilustrasi hidangan sapi (pexels.com/Malidate Van)

Tak hanya terkenal dengan kue-kue dan rotinya yang lezat, Prancis juga memiliki berbagai kreasi masakan gurih yang menggugah selera. Salah satunya adalah yang berbahan dasar daging sapi.

Daging sapi juga termasuk salah satu bahan makanan yang populer di Prancis. Di mana biasanya dipadukan dengan berbagai bumbu dan teknik memasak yang berbeda-beda. Berikut lima olahan daging dalam masakan Prancis yang akan menggugah seleramu.

1. Merguez meatball 

ilustrasi merguez (pixabay.com/RitaE)

Spicy lamb and beef meatball atau yang dikenal dengan sebutan merguez meatball adalah hidangan sosis Prancis. Masakan ini dibumbui dengan rempah khas Afrika Utara dan Timur Tengah. Hidangan satu ini juga menjadi varian meatball yang terbuat dari campuran daging sapi.

Daging sapi dan daging kambing yang dibumbui dengan rempah-rempah, seperti paprika, jintan, merica, dan cabai bubuk yang memberikan cita rasa pedas dan nikmat. Merguez biasanya disajikan dengan roti atau nasi sebagai pelengkap.

Baca Juga: 5 Hidangan Prancis yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!

2. Boeuf carotte 

ilustrasi boeuf carotte (youtube.com/French Cooking Academy)

Boeuf carotte atau yang juga dikenal sebagai bœuf en daube merupakan salah satu hidangan klasik Prancis yang terkenal dengan kelezatannya. Hidangan ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bawang merah, wortel, dan rempah-rempah.

Rempah-rempah yang digunakan biasanya thyme, daun salam, dan lada hitam. Daging sapi yang dimasak dalam waktu yang lama dengan api kecil, membuat daging menjadi empuk dengan bumbu yang sangat meresap sempurna.

3. Slow cooked beef braised in white wine

ilustrasi slow cooked beef braised in white wine (youtube.com/French Cooking Academy)

Kreasi ini adalah hidangan yang berasal dari kawasan selatan Prancis yang terkenal dengan keindahan pantai dan kekayaan kulinernya yang lezat. Slow cooked beef braised in white wine terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak secara perlahan dengan beragam bumbu.

Bumbu-bumbu yang dimaksud adalah bawang putih, daun salam, thyme, dan white wine atau anggur putih. Proses memasak yang lambat membuat daging menjadi empuk. Selain itu, daging yang dipadukan dengan beragam bumbu ini juga memberikan cita rasa lezat serta menggugah selera.

4. Beef bourguignon 

inspirasi beef bourguignon (youtube.com/Cafe Delites)

Beef bourguignon adalah hidangan Prancis yang berasal dari daerah Bourgogne. Hidangan ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bawang merah, wortel, bawang putih, dan red wine atau anggur merah yang memberikan cita rasa yang lezat juga khas.

Daging sapi yang dimasak dengan teknik memasak yang lambat juga membuat hidangan daging ini menjadi lebih empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Hidangan ini biasanya disajikan dengan mashed potato atau nasi putih dan dihiasi dengan daun peterseli.

Baca Juga: 5 Ragam Hidangan Prancis yang Menggunakan Bunga Lawang, Aromanya Khas

Verified Writer

Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya