TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Masakan Prancis dengan Bahan Utama Nanas, Kombinasinya Segar Banget!

Kamu bisa bikin sendiri di rumah

ilustrasi hidangan dari buah nanas (pexels.com/Jorge Zaldívar Marroquín)

Tahukah kamu bahwa buah nanas banyak ditemukan pada beberapa hidangan Prancis? Kombinasi yang tidak biasa ini menghasilkan rasa yang segar dan unik yang sulit dilupakan.

Lima masakan Prancis berikut ini menggunakan nanas sebagai bahan utama yang memberikan sentuhan eksotis pada masakan Prancis. Bagi kamu yang penasaran, yuk, kita lihat apa saja masakan Prancis dengan bahan utama nanas yang harus kamu coba!

1. Eggless pineapple french toast 

Eggless pineapple french toast. (YouTube.com/Chef Ranveer Brar)

"Eggless pineapple french toast" adalah variasi menarik dari hidangan sarapan klasik Prancis yang biasa kita kenal dengan sebutan "french toast". Bedanya, kreasi ini tidak menggunakan telur sebagai salah satu bahan utamanya.

Melainkan, selai nanas segar yang dipadukan dengan roti, yang direndam dalam krim, gula, perisa vanila, susu dan terigu. Dengan rasa manis dari nanas yang khas, hidangan ini akan membuat sarapan kamu semakin lezat dan menyenangkan.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Kabupaten Tapanuli Utara yang Wajib Kamu Coba

2. French caramelized pineapple 

French caramelized pineapple. (YouTube.com/Carrefour UAE)

Hidangan ini terbuat dari potongan nanas segar yang dilumuri gula dan dipanggang hingga terkaramelisasi sempurna. Rasanya manis, gurih, dan sedikit asam dari buah nanas yang terpanggang, memberikan sensasi rasa yang memanjakan lidah.

French caramelized pineapple biasanya disajikan dengan yogurt untuk menambahkan kelembutan dan kelezatan pada hidangan. Selain itu, tampilannya yang cantik dan menarik membuat hidangan ini cocok untuk disajikan pada acara-acara spesial.

3. Pineapple gateau 

Pineapple gateau. (YouTube.com/cuisinerapide)

Pineapple gateau atau kue nanas ala Prancis terbuat dari adonan kue yang lembut dan lezat, yang diisi dengan irisan nanas segar dan karamel yang manis dan gurih. Sebelum dipanggang, karamel dan nanas disusun terlebih dahulu baru dituangkan adonan.

Pineapple gateau biasanya dipanggang dengan baik hingga permukaannya kecokelatan dan aroma harum tercium. Selain itu, beberapa resep juga menambahkan topping seperti kacang kenari atau kismis untuk memberikan sentuhan kacang-kacangan pada hidangan.

4. Confiture d’ananas a la vanille au rhum 

Confiture d’ananas a la vanille au rhum. (YouTube.com/糖餃子Sweet Dumpling)

Selai nanas ala Prancis dengan vanila dan rum, atau dalam bahasa Prancis disebut confiture d'ananas a la vanille au rhum, adalah salah satu varian selai nanas yang terkenal di Prancis. Selai ini terbuat dari nanas segar yang dimasak dengan gula, vanila, dan rum.

Hidangan ini biasanya disajikan pada pagi hari bersama roti atau croissant, namun juga cocok disajikan sebagai topping pada yogurt atau es krim. Selai ini relatif mudah dibuat di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran.

Baca Juga: 5 Fakta Chawanmushi, Custard Egg ala Jepang untuk Hidangan Pembuka

Verified Writer

Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya