TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Thailand dengan Daun Pisang, Aromanya Menggiurkan!

Ada camilan hingga lauk pendamping nasi 

ilustrasi hidangan dari daun pisang (unsplash.com/Esperanza Doronila)

Thailand tidak hanya terkenal dengan kuliner uniknya. Negara ini juga memiliki berbagai makanan lezat, termasuk yang diolah dengan daun pisang. Sama seperti di Indonesia, negara ini sering menggunakan daun pisang dalam pengolahan makanannya.

Jika kamu mencari ide baru untuk memanfaatkan daun pisang dalam menu makan sehari-hari, ada lima makanan Thailand yang lezat dan cocok dengan selera Indonesia. Setiap hidangan menawarkan kombinasi rasa yang kaya dan teknik memasak yang menarik.

Baca Juga: 5 Makanan Thailand yang Cocok dengan Selera Orang Indonesia

1. Ayam pedas kukus ala Thailand

ilustrasi ayam pedas kukus (pexels.com/Agita Prasetyo)

Daun pisang biasa dimanfaatkan untuk menciptakan berbagai hidangan dengan aroma khas. Salah satu pilihan praktis adalah ayam pedas kukus yang menggunakan daun pisang.

Proses pembuatannya dimulai dengan menumis ayam bersama bumbu halus, seperti lengkuas, cabai kering, serai, akar ketumbar, bawang merah, bawang putih, dan pasta udang. Bahan tambahan seperti air, gula palem, kecap ikan, daun jeruk, daun ketumbar, daun bawang, dan bubuk nasi sangrai juga turut melengkapi rasa.

Setelah itu, ayam dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang sempurna. Perpaduan rempah-rempah Thailand menciptakan rasa yang nikmat, lho!

2. Kanom tian atau dumpling kelapa

ilustrasi kanom tian (pixabay.com/Buy me a coffee, please Buy me a coffee, please)

Kanom tian adalah pangsit ketan kelapa yang dibungkus daun pisang berbentuk segitiga, lalu dikukus hingga wangi. Biasanya, makanan ini disajikan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Namun, camilan ini juga bisa kamu temukan di jalanan Thailand sepanjang tahun.

Makanan manis ini dianggap membawa keberuntungan dan sering dijadikan persembahan. Bagian dalamnya terdiri dari adonan kulit berwarna putih dengan isian berwarna kuning di tengahnya. Kanom tian teksturnya lembut dengan rasa manis, sehingga membuatnya menjadi makanan favorit di berbagai kesempatan.

3. Kue kukus pisang

ilustrasi kue kukus pisang (pixabay.com/思静 邓)

Selain kanom tian, ada juga camilan manis lainnya yang menggunakan daun pisang sebagai bahan utama. Daun pisang kali ini dibentuk menyerupai mangkuk yang nantinya akan diisi dengan adonan kue. Bagian dalam dilapisi dengan daun pisang hijau.

Adonan dibuat dengan mencampurkan pisang yang telah dihaluskan dengan santan, tepung beras, dan garam. Bahan tambahan seperti tepung garut, tapioka, gula, dan kelapa parut juga dimasukkan. Terbayang betapa lezatnya kue ini, kan?

Baca Juga: 5 Makanan Manis Prancis dengan Buah Mangga, Manisnya Menggoda Lidah! 

4. Sticky rice atau nasi ketan manis

ilustrasi nasi ketan manis (pixabay.com/sarunya)

Sticky rice atau nasi ketan khas Thailand sering disajikan sebagai hidangan manis. Kamu hanya memerlukan beras ketan, daun pisang, santan, air, garam, dan gula sebagai bahan utamanya. Setelah beras ketan dicuci bersih, kukus selama 7—10 menit, lalu campur dengan bahan lainnya.

Ketan pun dibungkus dengan daun pisang dan kukus kembali selama 10 menit. Makanan ini memiliki rasa gurih, sehingga menciptakan cita rasa yang khas. Nasi ketan lembut dan aroma daun pisang yang harum menjadikannya camilan yang sulit untuk ditolak.

Verified Writer

Porcelain

・ʚ skincare recommendations from porcelain ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya