TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sekilas Terlihat Sama, Ini 8 Jenis Jeruk yang Populer di Indonesia

Yang jelas sama-sama segar dan bikin fit

unsplash/Adam Smigielski

Mungkin kamu sering menemukan berbagai macam rasa jeruk pada minuman instan favoritmu. Yups, buah yang gampang ditemui di Indonesia ini memang yang paling populer akan kandungan vitamin C-nya. Karena kandungan vitaminnya tersebut, pantas saja jeruk sering menjadi pilihan rasa pada beberapa brand minuman instan baik lokal maupun mancanegara.

Jeruk memiliki jenis yang beragam. Meskipun sekilas ada yang terlihat mirip, namun ternyata banyak hal yang berbeda. Ada yang asam dan manis. Ada yang kecil dan besar. Tidak hanya ukuran serta rasanya, tekstur dan warna kulitnya pun juga berbeda.

Agar tidak keliru, berikut adalah jenis-jenis jeruk yang ada di Indonesia.

1. Jeruk Pontianak

instagram/putra_asih

Sesuai dengan namanya, jeruk Pontianak merupakan jeruk lokal khas Pontianak yang menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kulitnya licin, tipis, mengkilap, dan berwarna hijau kekuningan. Buahnya terasa manis dan mengandung banyak air.

Biasanya buah ini dikonsumsi sebagai fresh fruit pada saat sarapan atau bisa juga sebagai hidangan pencuci mulut.

2. Jeruk Medan

instagram/tukang.buah

Hampir sama dengan jeruk Pontianak, jeruk Medan juga biasa dikonsumsi langsung sebagai buah pencuci mulut, lho. Kulitnya berwarna kuning, mengkilap dan mengeluarkan aroma yang segar. 

Jeruk yang berasal dari Medan, Sumatra Utara ini mempunyai rasa yang manis, bulir besar, dan kadar air yang banyak.

3. Jeruk Bali

instagram/cecekuliner

Berbeda dari namanya, Jeruk Bali merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan Selatan. Jeruk yang juga dikenal dengan sebutan pomelo ini merupakan jenis jeruk yang paling besar ukurannya. Kulitnya tebal dan berwarna hijau muda. 

Jeruk Bali mempunyai bulir yang padat, besar dan terasa sedikit asam. Kamu bisa mengonsumsi jeruk Bali langsung sebagai pencuci mulut. Namun, sebagian orang lebih suka mencampurnya ke dalam hidangan rujak atau minuman kesukaannya.

Selain itu, kulitnya seringkali digunakan sebagai mainan anak-anak.

Baca Juga: Selain Dimakan Langsung, Jeruk Bali Bisa Dibikin 5 Olahan Lezat Ini

4. Jeruk Nipis

unsplash/ Rohit Tandon

Jeruk nipis mempunyai kulit yang tebal, berpori besar, dan licin. Jeruk yang disebut dengan lime ini adalah jeruk yang paling asam daripada yang lain. Karena rasa asamnya itu, jeruk jenis ini paling cocok dibuat minuman.

Selain minuman, jeruk yang berukuran kecil ini juga ditambahkan sebagai pelengkap soto. Caranya dengan memeras jeruk ke atas soto yang siap dihidangkan. Rasanya yang asam membuat cita rasa soto menjadi segar dan tidak terasa eneg.

Satu lagi, jeruk jenis ini juga sangat digemari para wanita sebagai bahan pembuatan masker wajah. Wah, serbaguna banget ya!

5. Jeruk Mandarin

unsplash/Jonathan Pielmayer

Kalau kamu sering makan jeruk kaleng, ini dia jenis jeruk yang digunakan. Rasanya sangat manis, mengandung banyak air, dan beraroma harum. Selain itu, buahnya berukuran kecil, kulitnya berwarna oranye, tipis dan bertekstur empuk, sehingga sangat mudah untuk dikupas. Sesuai namanya, jeruk ini berasal dari Negeri Tirai Bambu, China.

6. Jeruk Lemon

unsplash/Lauren Mancke

Berbentuk lonjong dan sedikit menonjol pada ujungnya, begitulah ciri fisik jeruk lemon.

Jeruk lemon merupakan jeruk yang paling banyak digunakan untuk mengolah makanan mulai dari minuman, masakan, salad, dessert ,hingga pastry . Rasanya asam namun khas. Kulitnya berwarna kuning terang, tebal, mengkilap, dan berpori besar.

7. Jeruk Sunkist

instagram/cherry.fresh.fruit.market

Jeruk sunkist merupakan jeruk yang berasal dari California, Amerika Serikat. Buahnya yang segar dan tidak asam sama sekali memang sangat digemari oleh banyak orang. Kulitnya tebal, berpori besar, dan berwarna oranye.

Untuk menikmati jeruk sunkist, kamu tidak boleh asal kupas, lho. Jeruk sunkist dikomsumsi dengan cara kupas yang beda dengan lainnya. Jika salah dalam teknik pengupasannya, kamu akan mendapatkan rasa pahit dari jeruk yang satu ini.

Baca Juga: 6 Sajian Es Krim dari Buah yang Rendah Gula, Gak Bikin Gemuk!

Verified Writer

Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya