TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Bekal di Pagi Hari Tanpa Ribet dan Hemat Waktu

Gak perlu drama hectic lagi pagi-pagi

ilustrasi menyiapkan bekal makanan (pexels.com/August de Richeliu)

Membawa bekal menjadi tren populer belakangan ini. Dengan membawa bekal, seseorang bisa mengendalikan diri untuk gak makan di luar yang bisa menghabiskan 20—30 persen pendapatannya. Pola makannya juga terjaga dengan baik, karena ia menggunakan bahan-bahan berkualitas dan higienis.

Namun, memasak bukanlah aktivitas yang singkat. Paling tidak, dibutuhkan waktu 30 menit untuk melakukannya. Apalagi dengan banyaknya aktivitas yang harus dilakukan di pagi hari, membuat persiapan bekal jadi makin memakan waktu.

Oleh karena itu, beberapa tips berikut hadir sebagai solusi membuat bekal tanpa ribet dan pastinya hemat waktu. Siapkan bahan-bahannya lebih dahulu, ya!

Baca Juga: 3 Keuntungan Rajin Membawa Bekal Makan Siang Sendiri saat Bekerja

1. Menyiapkan di malam sebelumnya

ilustrasi menyiapkan makanan (pixabay.com/jelly)

Hack terampuh agar pagimu gak semakin hectic adalah menyiapkan bekal di malam sebelumnya. Maka dari itu, kamu harus pikirkan menu yang mau dimasak besok pagi.

Siapkan semua bahannya dan simpan di kulkas. Sebagai contoh, kamu mau membuat ayam teriyaki. Iris semua bahan dan marinasi ayam dengan bumbu-bumbu. Dengan begitu, kamu bisa memasaknya sebentar di pagi hari.

Hal tersebut juga memaksimalkan proses marinasi, karena bumbunya bisa lebih meresap sempurna. Cita rasa masakan pun lebih lezat dengan effort yang minimal. Jadi sisa waktu dari memasak bisa dialokasikan untuk kegiatan lain.

2. Melakukan food prep mingguan

ilustrasi menyiapkan bekal (pexels.com/Ella Olsson)

Terkadang, kamu juga gak sempat menyiapkan bekal di malam sebelumnya. Entah karena lembur, atau terlupa dan ketiduran. Kalau begini, kamu terpaksa meluangkan waktu lebih banyak untuk memasak. Bahkan bisa saja gak keburu melakukannya dan kamu berakhir gak membawa bekal.

Solusinya adalah melakukan food prep mingguan. Setelah belanja kebutuhan makanan untuk satu minggu, langsung siapkan semua bahan makanan berdasarkan menu yang akan diolah. Misalnya dalam satu kotak thinwall, kamu mengumpulkan ayam yang akan diolah jadi chicken katsu, di kotak lainnya ada ikan yang sudah dibersihkan dan dibaluri garam.

Food prep tak hanya menyelamatkan pagimu dari kegaduhan, tapi juga menjaga bahan makanan tahan lebih lama. Sebaiknya, lakukan hal ini di akhir pekan ketika kamu lebih lapang. Meski harus menyediakan waktu berjam-jam, tapi ini akan memangkas lebih banyak waktu untuk menyiapkan makanan di pagi hari. 

3. Memasak sekaligus, lalu tinggal dihangatkan saat akan disantap

ilustrasi menyiapkan bekal (pexels.com/Vanessa Loring)

Tips lainnnya adalah memasak makanan dalam jumlah banyak agar tinggal dihangatkan di pagi hari. Contohnya, membuat sup ayam, rendang, sambal kentang, dan makanan lain yang tahan lama jika disimpan berhari-hari. Tak hanya memudahkan dalam membuat bekal, ini juga bisa menjadi lauk makan di rumah atau kos yang praktis.

Supaya awet, pisahkan makanan per porsi dan simpan dalam kulkas. Tujuannya agar kamu gak perlu menghangatkan semua makanannya, yang tentu dapat merusak kandungan gizi di dalamnya. Namun kalau makanan sudah menunjukkan tanda-tanda basi, seperti berubah tampilan, rasa, dan bau, maka hindari mengonsumsinya. 

Baca Juga: 5 Resep Masakan untuk Ide Food Prep dengan 2 Kilogram Daging Ayam

4. Menggunakan lauk instan

ilustrasi memasak (unsplash.com/Jason Briscoe)

Kalau mau lebih praktis lagi, kamu bisa membeli banyak lauk instan untuk stok di rumah. Dengan ini, kamu bisa menikmati bekal lezat dan praktis tanpa repot memasaknya. Tinggal hangatkan di microwaveairfryer, atau penggorengan, makanan pun siap disajikan. Pagi kamu pun bisa lebih santai tanpa huru-hara.

Namun, lauk instan biasanya lebih mahal dibandingkan memasak sendiri. Cobalah bandingkan biaya keduanya. Kalau selisihnya gak terlalu besar, kamu bisa memanfaatkannya.

Meski begitu, hindari keseringan memakan lauk instan, terlebih yang berbahan pengawet karena gak baik untuk kesehatan. Iringi juga dengan konsumsi real food, khususnya sayuran dan buah-buahan.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya