TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Marinasi Ikan Air Tawar agar Gak Bau Tanah, Pakai Bahan Ini!

Marinasi ikan minimal 30 menit sebelum diolah, ya!

ilustrasi marinasi ikan tawar (pixabay.com/Pixabay)

Ikan air tawar kerap dijumpai dalam berbagai masakan Indonesia. Rasanya yang lezat membuat bahan makanan ini banyak digemari. Namun, salah satu tantangan dalam memasak ikan air tawar adalah mengatasi bau tanahnya yang sering kali mengganggu selera.

Untungnya, beberapa metode marinasi yang akan dijelaskan berikut ini dapat membantu menghilangkan bau tanah tersebut. Dengan begitu, ikan air tawar menjadi lebih lezat dan nikmat untuk disantap. Proses marinasi yang tepat tak hanya membantu mengurangi bau tanah pada ikan, tapi juga memperkaya rasanya. Yuk, disimak!

1. Gunakan jeruk nipis atau lemon

ilustrasi lemon (pexels.com/Lukas)

Jeruk nipis atau lemon adalah bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bau amis dan bau tanah pada ikan. Caranya, peras air jeruk nipis atau lemon dan lumuri pada ikan secara merata. Diamkan selama 15-20 menit agar menyerap ke dalam daging ikan.

Kedua bahan ini tak hanya membantu menetralisir bau tanah, tapi juga memberikan aroma segar pada ikan. Setelah proses marinasi dengan jeruk nipis atau lemon selesai, cuci ikan dengan air bersih untuk menghilangkan sisa asam dan bau yang mungkin tertinggal. 

2. Rendam sebentar dengan air cuka

ilustrasi cuka (freepik.com/freepik)

Selain jeruk nipis, cuka juga efektif dalam menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar. Campurkan cuka dengan air dalam perbandingan 1:2, lalu rendam ikan dalam campuran ini selama 10 menit. Cuka membantu mengangkat bau tanah dan memberikan sentuhan aroma segar pada ikan.

Pastikan untuk tidak terlalu lama merendam ikan agar tekstur daging tidak hancur. Setelah proses perendaman selesai, bilas ikan dengan air bersih untuk menghilangkan sisa cuka yang tersisa. Ikan yang sudah direndam dengan cuka siap untuk dimarinasi dengan bumbu lain.

Baca Juga: 8 Waktu Terbaik untuk Marinasi Makanan, biar Makin Lezat!

3. Gunakan garam kasar

ilustrasi garam kasar (pexels.com/Castorly Stock)

Garam kasar tak hanya bermanfaat untuk memberi rasa pada ikan, tapi juga untuk mengangkat lendir dan menghilangkan bau tanah. Lumuri ikan dengan garam kasar secara merata dan diamkan selama 15-20 menit.

Garam kasar akan membantu membuka pori-pori daging ikan dan menarik keluar bau tanah yang tidak diinginkan. Setelah itu, bilas ikan dengan air bersih untuk menghilangkan sisa garam dan lendir yang sudah keluar. 

4. Manfaatkan bumbu yang segar

ilustrasi bumbu dapur (freepik.com/jcomp)

Bumbu dan rempah seperti kunyit dan ketumbar yang dihaluskan tak hanya menambah rasa tapi juga membantu menutupi bau tanah. Menggunakan bumbu dan rempah dalam marinasi memberikan aroma yang menyegarkan dan rasa yang lebih kompleks.

Campurkan berbagai bumbu untuk mendapatkan keseimbangan rasa yang pas. Rempah-rempah juga membantu memperkaya rasa ikan dengan sentuhan yang lebih dalam. Pastikan untuk marinasi ikan dengan bumbu dan rempah secara merata agar rasanya lebih optimal.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya