TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Potongan Ayam yang Biasa Digunakan untuk Bisnis Kuliner

Masing-masing bisa diolah jadi berbagai hidangan

ilustrasi jenis-jenis potongan ayam (freepik.com/jcomp)

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap menjadi bintang utama dalam bisnis kuliner. Selain karena lezat, daging ayam juga sangat fleksibel untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Ada berbagai jenis potongan ayam yang biasa digunakan dalam bisnis kuliner. Setiap potongan memiliki karakteristik dan kegunaan tersendiri, sehingga pemilihan potongan yang tepat dapat mempengaruhi cita rasa dan tampilan hidangan.

Kalau kamu hendak terjun ke bisnis kuliner, berikut ini beberapa rekomendasi jenis potongan ayam yang kerap digunakan. Bisa diolah jadi berbagai makanan enak, lho!

Baca Juga: 5 Resep Masakan untuk Ide Food Prep dengan 2 Kilogram Daging Ayam

1. Potong dua (halves)

ilustrasi ayam potong 2 (pexels.com/RDNE Stock project)

Potongan dua atau halves merupakan teknik memotong ayam menjadi dua bagian yang sama besar secara vertikal, mulai dari bagian dada hingga punggung. Potongan ini dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada hidangan.

Potongan ini biasanya digunakan dalam menu-menu spesial yang memerlukan presentasi menarik, seperti ayam panggang utuh atau grilled chicken halves. Karenanya, acara-acara besar, seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, hingga arisan, paling banyak menggunakan potongan jenis ini.

2. Ayam giling

ilustrasi ayam giling (freepik.com/mrsiraphol)

Ayam giling adalah daging ayam yang telah digiling halus, biasanya dibuat dari bagian dada atau bagian lain. Potongan ini mudah dibumbui dan diolah menjadi beragam kreasi masakan. Restoran dan rumah makan cepat saji biasanya menggunakan ayam giling.

Pada umumnya, ayam giling merupakan bahan utama dari berbagai hidangan, seperti bakso ayam, nugget, dimsum, pangsit, atau topping mi. Ayam giling juga kerap menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari alternatif daging merah, lho.

3. Potongan punggung

ilustrasi potongan punggung ayam (freepik.com/jcomp)

Potongan punggung ayam atau chicken back merupakan bagian belakang dari ayam yang biasanya digunakan untuk membuat kaldu. Meskipun tak banyak dagingnya, bagian ini kaya akan tulang dan jaringan ikat yang memberikan rasa yang kaya dan gurih pada kaldu.

Kaldu ayam dari potongan punggung ayam bisa menjadi bahan dasar berbagai sup yang lezat. Karenanya, potongan punggung banyak digunakan restoran yang menyajian hidangan berkuah, seperti bakso dan soto. 

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Daging Ayam Segar, biar Gak Tertipu Ayam Tiren

4. Potongan 4 dan 8

ilustrasi potongan 4 ayam (freepik.com/jcomp)

Potongan 4 dan 8 adalah teknik memotong ayam utuh menjadi 4 atau 8 bagian. Potongan 4 terdiri dari dua bagian dada dengan sayap dan dua bagian paha dengan punggung. Sementara potongan 8 terdiri dari dua sayap, dua paha atas, dua paha bawah, dan dua bagian dada.

Potongan ini sering digunakan dalam hidangan, seperti ayam goreng, ayam bakar, dan chicken stew, karena memudahkan pengaturan porsi dan pengolahan. Restoran padang, restoran sunda, dan warteg merupakan bisnis makanan yang paling banyak memanfaatkan potongan ini.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya