TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Mustard, Saus Cocolan Kuning yang Telah Berevolusi

Ada yang pedas nendang sampai yang ringan

ilustrasi saus mustard (pexels.com/Engin Akyurt)

Kalau gemar menyantap makanan Barat, seperti hot dog, burger, atau salad, kamu pasti sudah familier dengan mustard, saus berwarna kuning yang sedikit pedas, dengan hint asam dan manis. Saus ini bisa disajikan sebagai cocolan atau dituang pada hidangan.

Asal-usul mustard bisa ditelusuri hingga ribuan tahun lalu, dengan biji mustard yang digunakan dalam masakan Yunani Kuno dan Romawi. Kini, mustard berevolusi dan hadir dalam berbagai varian. Beberapa jenis mustard ini bisa kamu jadikan referensi, lho.

Baca Juga: 5 Merk Saus Mustard untuk Teman Makan, Terjangkau!

1. Dijon mustard

ilustrasi dijon mustard (commons.wikimedia.org/Rainer Zenz.)

Dijon mustard adalah jenis mustard yang cukup terkenal di kalangan pencinta kuliner. Berasal dari Dijon di Prancis, saus dengan rasa yang tajam dan kompleks ini terbuat dari biji mustard cokelat atau hitam yang digiling halus dan dicampur anggur putih atau cuka.

Tekstur yang halus dan rasanya yang kaya membuat Dijon mustard cocok digunakan sebagai dressing salad atau saus marinasi. Selain itu, mustard ini juga kerap dipadukan dengan daging panggang atau roti lapis untuk memberikan rasa yang lebih berkarakter. 

2. Yellow mustard

ilustrasi yellow mustard (unsplash.com/Pedro Durigan)

Kalau jenis mustard ini banyak ditemukan di restoran cepat saji. Seperti namanya, mustard ini berwarna kuning cerah, karena terbuat dari kunyit yang ditambahkan dalam campuran biji mustard. Cita rasa mustard ini tidak begitu kuat dan menendang seperti dijon mustard atau jenis mustard lainnya.

Dengan rasa yang lebih ringan dan sedikit manis, yellow mustard cocok digunakan untuk berbagai hidangan, seperti hot dog, burger, dan kentang goreng. Saus ini juga bisa digunakan sebagai dressing salad yang rasanya lembut.

3. Spicy brown mustard

ilustrasi spicy brown mustard sebagai kondimen (unsplash.com@cant89)

Spicy brown mustard menawarkan rasa yang lebih tajam dan pedas dibandingkan dengan yellow mustard. Saus ini dibuat dari biji mustard yang lebih kasar. Beberapa bijinya bahkan masih dibiarkan utuh, sehingga memberikan tekstur dinamis dan rasa yang lebih intens.

Spicy brown mustard sering digunakan dalam masakan Jerman, seperti pada sosis dan pretzel. Sebagai saus cocolan yang pedas, mustard ini sangat cocok untuk daging panggang dan sandwich dengan rasa lebih nendang. Saus ini juga dapat digunakan dalam bumbu marinasi untuk memberikan sentuhan pedas pada daging sebelum dimasak.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Mustard, Rempah dengan Cita Rasa Kuat

4. Honey mustard

ilustrasi honey mustard (commons.wikimedia.org/fuji01)

Honey mustard adalah jenis mustard yang menawarkan perpaduan manis dan pedas, berkat campuran madu di dalamnya. Saus ini memiliki rasa yang lebih lembut dan balance, menjadikannya pilihan yang ideal untuk berbagai hidangan.

Honey mustard bisa digunakan sebagai saus cocolan untuk ayam goreng, serta dressing untuk sandwich dan burger. Selain itu, saus ini juga dapat dijadikan marinasi untuk daging panggang, sehingga memberikan sentuhan manis yang melengkapi rasa gurih dari daging.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya