TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Daun Tanaman yang Ternyata Enak Dimasak, Pernah Coba Membuatnya?

Perlu dicoba untuk rasakan sedapnya

daun kelor (instagram.com/junarorimpandeyofficial) | olahan daun kelor (instagram.com/regunancha)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan olahan masakan dari daun kangkung, sawi, hingga daun bayam. Namun, pernahkah kamu mencicip masakan dengan bahan daun yang tidak familiar ditelingamu? 

Di bawah ada lima daun dari tanaman yang mungkin terdengar tidak lazim, tapi ternyata bisa digunakan sebagai bahan masakan. Bahkan, bisa diolah menjadi makanan enak dan menarik. Daun apa saja itu?

1. Daun kunyit

daun kunyit (instagram.com/mrs.lina.thomas) | olahan daun kunyit (instagram.com/rosavene)

Kunyit adalah salah satu tanaman yang berkhasiat untuk obat dan tanaman rempah-rempah yang sudah sangat familiar. Tak sekedar memanfaatkan rimpangnya, ternyata daun kunyit bisa digunakan untuk bahan masakan yang sedap.

Daun kunyit yang kaya akan kurkumin dan antioksidan ini dapat ditambahkan menjadi pelengkap beberapa masakan, seperti tumisan, ayam goreng hingga campuran pada telur dadar. Daun kunyit memberikan aroma dan rasa yang unik, loh.

Baca Juga: Resep Nugget Ayam Daun Kelor, Lauk Lezat dan Menyehatkan

2. Daun binahong

daun binahong (instagram.com/priyatnadp) | olahan daun binahong (instagram.com/yumberkebun)

Tanaman yang memiliki ciri khas warna ungu pada batangnya ini juga dapat dimanfaatkan untuk bahan masakan, yakni pada bagian daunnya. Daun binahong berbentuk menyerupai hati yang miliki banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan tekanan darah.

Jenis olahan daun binahong yang biasa dijumpai adalah tumis atau oseng-oseng dengan bumbu kecap dan pelengkapnya, seperti tempe ataupun daging suwir. Tekstur daun binahong yang tebal membuatnya beda dari yang lain.

3. Daun kelor

daun kelor (instagram.com/junarorimpandeyofficial) | olahan daun kelor (instagram.com/regunancha)

Kelor atau moringa memiliki bentuk daun mungil namun menyimpan banyak khasiat. Daun kelor banyak dimasak sayur kuah bening dengan proses pemasakan yang relatif sebentar, agar nutrisi yang dikandungnya tidak hilang.

Daun ini kerap disarankan untuk dicampurkan dalam berbagai jenis masakan anak-anak, seperti sayur bening, sayur asem, dan lainnya. Hal ini dikarenakan kelor dapat mencegah potensi stunting, membantu tumbuh kembang, serta mencukupi gizi yang baik.

4. Daun bidara

daun bidara (instagram.com/kaktus_bukittinggi) | olahan daun bidara (instagram.com/kebun.nyempil)

Tanaman yang kerap dianggap semak ini ternyata memiliki segudang manfaat yang tidak banyak diketahui. Ciri-ciri dari tanaman bidara ini memiliki daun bertekstur bulu halus dan memiliki duri pada bagian batangnya.

Adapun ragam resepnya seperti keripik, daun bidara crispy, topping dan campuran untuk makanan. Tidak hanya itu daun bidara juga bisa dibuat menjadi minuman seperti teh herbal, jus, infuse water, dan jamu kesehatan.

Baca Juga: Resep Bubur Sumsum Daun Suji, Cocok Buat Sarapan

Verified Writer

Mega Ansav

Waspada dulu, tenang kemudian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya