TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menggoreng Telur Gulung Antigagal, Hasilnya Pasti Cantik

Menggoreng telur gulung gak semudah kelihatannya

Ilustrasi telur gulung bihun (vecteezy.com/Muhammad Gunawansyah)

Kamu yang anak 90-an pasti sudah familier dengan jajanan satu ini. Yap, telur gulung memang jadi salah satu jajanan favorit anak 90-an. Pasalnya, dulu olahan telur ini selalu dijual di sekolah dasar. Kamu sering beli, kan?

Tekstur telur gulung yang garing dan lembut memang sulit ditolak. Beruntungnya, berkat perkembangan zaman, kini membuat telur gulung sendiri bukan hal yang mustahil. Semua kalangan bisa mencicipi kelezatan telur gulung, lho.

Kalau sering bikin sendiri di rumah, kamu wajib tahu cara menggoreng telur gulung yang tepat. Coba ikuti tips menggoreng telur gulung antigagal ini, deh. Hasilnya pasti cantik!

1. Tambahkan air ke dalam kocokan telur

ilustrasi telur ayam (pixabay.com/stevepb)

Menambahkan air ke dalam kocokan telur gulung bukan berarti untuk menghemat jumlah telur. Namun, air berperan menebalkan telur gulung saat matang nanti. Gak hanya air, kamu bisa menambahkan larutan tepung maizena.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal pecahkan telur sesuai kebutuhan. Kemudian, beri sedikit garam dan kocok hingga merata. Tambahkan larutan air tepung maizena ke dalam adonan telur, lalu kocok kembali.

2. Telur harus dikocok sampai berbusa

ilustrasi adonan telur (unsplash.com/Sincerely Media)

Mengocok adonan telur juga menjadi rahasia proses menggoreng lebih mudah. Semakin telur berbusa, maka hasil telur gulung makin mengembang sempurna.

Kamu bisa mengocok adonan telur yang sudah dicampur dengan larutan tepung maizena menggunakan whisk. Pakai garpu juga boleh, tetapi bakal lebih berbusa jika kamu pakai whisk. Lakukan sampai benar-benar berbusa, ya!

3. Goreng adonan telur saat minyak sudah panas

ilustrasi minyak goreng (pexels.com/RDNE Stock project)

Menggoreng telur gulung wajib menggunakan minyak panas. Kamu bisa memanaskan minyak terlebih dahulu, misalnya ketika kamu sedang mengocok telur. Gunakan api kecil ke sedang saja, agar telur gulung tidak terlalu kering.

Selain harus panas suhunya, takaran minyak juga wajib banyak. Tuang ke dalam wajan, lalu nyalakan api kompor. Kalau sudah, tuang satu sendok sayur adonan telur ke dalam wajan dan mulailah menggulung.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Telur Gulung ala Jepang yang Matang Sempurna

4. Celupkan tusukan sate ke dalam adonan telur sebelum menggulung

ilustrasi menggoreng adonan (vecteezy.com/Bigc Studio)

Proses menggulung saat menggoreng telur gulung juga menjadi tantangan tersendiri. Banyak yang mengeluh sulit menggulung telur, karena adonan telur gak mau menempel ke permukaan tusuk sate. Lantas, bagaimana cara mudahnya?

Siapkan tusukan sate untuk menggulung telur, lalu celupkan ke dalam adonan telur. Kemudian, masukkan tusuk sate ke dalam wajan penggorengan dan mulailah menggulung telur.

Celupan telur tadi berperan melekatkan adonan telur yang digoreng, sehingga bakal menempel saat digulung. Lakukan dengan cepat, agar hasilnya menempel sempurna.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya