TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Memotong Ayam Utuh Jadi 8 Bagian, Semudah Itu!

Tiap bagian bakal memiliki daging yang melimpah

ilustrasi daging ayam (pexels.com/alleksana)

Ketika membeli daging ayam, kebanyakan orang meminta si penjual untuk memotongnya menjadi beberapa bagian. Biasanya, paling banyak menjadi 8 bagian. Apakah kamu juga demikian?

Memotong daging ayam menjadi 8 bagian bukanlah perkara sulit. Mulai sekarang, cobalah membeli satu ekor daging ayam utuh, lalu potong sendiri di rumah. Cara memotong ayam utuh menjadi 8 bagian yang sama besar bisa kamu praktikkan melalui tips ini, lho. Simak, ya!

1. Posisikan daging ayam terlentang di talenan

ilustrasi daging ayam (freepik.com/mdjaff)

Daging ayam utuh yang sudah dibeli harus dibersihkan terlebih dahulu. Bilas daging ayam dengan air mengalir, lalu singkirkan pula jeroannya sebelum memulai memotong. Kemudian, letakkan ayam di atas talenan.

Posisikan daging ayam dalam kondisi terlentang. Dada ayam menghadap ke atas. Kemudian, temukan letak persendian antara bagian sayap dan dada. Caranya, gerak-gerakkan sayap ayam, lalu potong dengan pisau tajam.

2. Potong bagian kaki dan paha ayam

ilustrasi daging ayam filet (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Kini kamu bisa beranjak ke bagian kaki dan paha ayam. Pertama, tarik bagian kaki ayam dari tubuh ayam. Untuk menentukan pertemuan paha dan sendi bagian belakang ayam, cukup tarik dan goyangkan kakinya.

Saat memotong sambungan sendi, manfaatkan pisau pengupas yang tajam. Jika sudah, letakkan kaki dengan sisi kulit menghadap ke bawah. Kamu perlu menekuk kaki ayam untuk menemukan sendi. Cari garis lemak yang ada di sepanjang sendi bola.

Setelah itu, pisahkan paha dengan drumstick. Potong dengan pisau tajam, lali sisihkan. Lakukan di kedua bagian kaki, ya.

3. Cabut tulang punggung ayam tanpa tersisa

ilustrasi memotong daging ayam (freepik.com/senivpetro)

Bagian ayam yang tidak perlu diikutkan ke dalam potongan adalah tulang belakangnya. Namun, tetap saja, jangan membuang tulang tersebut, karena masih bisa dimanfaatkan menjadi kaldu.

Untuk mengeluarkan tulang punggungnya, kamu bisa memulainya dari kelapa, lalu potong bagian tulang rusuknya. Memotong tulang rusuk ini dimulai dari satu sisi tulang punggung.

Dorong ujung pisau keluar hingga ke bagian atas, yakni leher. Kemudian, iris tulang rusuk sambil memotong sejajar dengan tulang belakangnya. Tekuk punggung hingga menjauhi dada, lalu potong bahu. Nah, cabut tulang punggung dari dada.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Ayam Kodok, Sajian Istimewa untuk Merayaan Natal

4. Potong bagian dada ayam menjadi dua sama besar

ilustrasi memotong daging ayam(pixabay.com/congerdesign)

Sekarang beranjak ke bagian dadanya. Bagian ini harus kamu jadikan dua bagian. Hadapkan dada ke bawah, lalu potong tulang dada dan tulang rawanya menjadi dua bagian. Supaya gak sakit, gunakan kain untuk melindungi tangan saat memotong.

Letakkan kain di atas pisau, lalu tekan dengan tangan. Tumpu berat badanmu untuk memotong. Nah, sekarang kamu sudah memiliki dua bagian dada yang bisa dibagi lagi menjadi dua bagian secara menyilang. Dari bagian dada, kamu mendapatkan empat potong daging ayam.

5. Simpan daging ayam yang sudah jadi 8 bagian di kulkas

ilustrasi daging ayam (vecteezy.com/Bigc Studio)

Setelah memotong ayam menjadi delapan bagian, kini saatnya kamu menyimpannya di dalam kulkas. Cara menyimpan daging ayam di dalam kulkas juga gak boleh sembarangan. Ada beberapa cara yang patut kamu lakukan, berikut di antaranya:

  1. Pisahkan daging ayam menjadi porsi sekali masak. Misalnya, pisahkan 3-4 potong daging ayan ke dalam satu wadah. Itu bisa memudahkanmu saat memasak,
  2. Simpan daging ayam di dalam wadah kedap udara. Gunakan kantong plastik atau stoples. Wadah tertutup membantu daging ayam lebih tahan lama di kulkas, karena gak terkontaminasi bahan lainnya,
  3. Menyimpan daging ayam juga bisa dengan dimarinasi. Biasanya, cara ini dilakukan agar bumbunya lebih menyerap dengan baik ke dalam daging. Lakukan marinasi ini selama semalaman, ya.

Memotong ayam utuh menjadi delapan bagian ternyata sangat mudah. Perhatikan beberapa bagian yang memiliki banyak tulang, jangan sampai kamu ikutkan ke dalam potongan daging, ya. Praktikkan juga tips menyimpannya, ya!

Baca Juga: 7 Cara Membuat Tumis Ayam Bumbu Taichan agar Tidak Amis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya