TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memasak Jowar, Roti Khas India yang Tidak Mudah Hancur

Hasilnya akan lentur dan tidak mudah hancur

ilustrasi jowar roti khas India (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Di negara India, sebagian besar warganya memilih roti sebagai makanan utama mereka. Maka tak heran bila kamu dapat menemukan beragam jenis roti di sana. Salah satu jenis roti yang paling sering ditemukan yakni jowar roti atau yang dikenal dengan jowar bhakri.

Jowar roti tidak hanya enak, tetapi juga menjadi alternatif roti berbahan dasar sorgum yang lebih sehat. Namun, ada kalanya membuat roti jenis ini cukup menantang. Terutama bila kamu baru belajar membuatnya karena bahan dasarnya memiliki sifat yang berbeda dari tepung terigu pada umumnya.

Nah, bila kamu mengalami kesulitan membuat jowar roti yang bulat sempurna, lentur, dan tidak mudah hancur, coba deh lima tips memasaknya di bawah ini agar percobaanmu selanjutnya dapat berhasil.

1. Pakai tepung sorgum berkualitas

ilustrasi tepung sorgum berkualitas (freepik.com/jcomp)

Supaya jowar roti yang kamu buat sempurna, maka mulailah selektif dalam memilih bahan dasarnya. Gunakan tepung sorgum berkualitas tinggi. Carilah tepung yang bertekstur halus, sebaiknya dari biji-bijian yang baru digiling. Hal ini dilakukan untuk memastikan adonan yang dihasilkan menjadi lebih halus dan tidak mudah retak saat digoreng.

Selalu pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan tepung sorgum agar kamu hanya menggunakan produk segar saja.

Baca Juga: Resep Sweet Pumpkin Puri, Roti Goreng India dari Labu

2. Simpan tepung sorgum di tempat yang kering

ilustrasi tepung sorgum dalam wadah (freepik.com/jcomp)

Gak cuma teliti dalam memeriksa kesegarannya saja, kamu juga wajib menyimpan tepung dengan benar agar tidak menurunkan kualitasnya saat dimasak. Kamu dapat menyimpannya di tempat yang cukup kering dan pisahkan dari bahan makanan yang bearoma menyengat.

Segera setelah kamu membuka bungkusnya, pindahkan tepung ke dalam wadah kedap udara. Ini akan membantu menjaga kesegarannya dengan mengurangi kontak dengan kelembapan di udara.

3. Menguleni adonan tepung dengan benar

ilustrasi menguleni adonan (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Cara kamu menguleni adonan tepung juga dapat mempengaruhi hasil akhirnya nanti. Gunakan tepung sorgum dan air dengan perbandingan 2:1 untuk mencampur dan menguleni adonan.

Sebaiknya tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni secara bersamaan. Pastikan tidak ada bagian yang kering atau menggumpal. Cukup uleni adonan dengan lembut menggunakan tangan. Lakukan terus seperti itu hingga adonan menjadi lembut dan lentur.

4. Siapkan minyak sayur atau mentega

ilustrasi memipihkan adonan (pexels.com/Vaibhav Jadhav)

Saat mulai proses pencampuran air dan tepung, adonan mungkin akan menjadi lengket dan hampir tidak mungkin untuk dibentuk. Untuk mengatasi kelengketan itu, maka gunakan sedikit minyak sayur atau mentega.

Olesi sedikit di tanganmu dan mulai bentuk adonan menjadi bola kecil di atas loyang. Kamu juga bisa menggunakan bantuan kertas roti saat ingin menekan adonan menjadi pipih. Lalu, tekan hingga rata dengan tangan. Cara ini dapat mengurangi adonan yang lengket dan membuatnya lebih mudah dibentuk secara merata.

Baca Juga: Resep Nasi Tomat, Makanan Khas India yang Sedap Banget

Verified Writer

Made Ayu Putri Arini

Menulis dengan sepenuh hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya