TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Olahan Telur Rebus Berkuah, Menu Spesial Pendamping Ketupat Ramadan!

Mana kreasi telur rebus berkuah favoritmu?

opor telur (YouTube.com/Simple Rudy TV)

Bingung mau masak apa lagi untuk menu Lebaran keluarga di rumah? Gak melulu harus olahan daging, lho. Jika kamu punya persediaan telur yang berlimpah, bisa kamu olah menjadi menu lauk berkuah yang nikmat. 

Di bawah ini ada enam olahan telur rebus yang cocok dihidangkan sebagai pendamping ketupat. Semuanya disajikan berkuah dan bisa untuk menjamu keluarga besar yang datang saat Lebaran ke rumah. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Semur telur

semur telur (YouTube.com/Rudy dan Sahabat TV)

Tak hanya daging saja, semur juga bisa dibuat dari bahan telur. Kamu bisa menggunakan telur ayam, bebek, hingga puyuh. Ada juga yang ditambahkan dengan tahu dan tempe sebagai pelengkapnya.

Rasanya dominan manis sebab ada campuran gula merah dan kecap manis di dalam kuahnya. Tak hanya simpel, semur telur menjadi salah satu olahan yang cocok disajikan sebagai pendamping ketupat.

2. Gulai telur

gulai telur (YouTube.com/Paprika Merah)

Jika kamu biasanya menemukan gulai sapi dan kambing, ada juga olahan gulai yang terbuat dari telur rebus. Ini hidangan yang cocok bagi kamu yang sedang menghindari makan daging. Bahkan, kamu dapat mengganti daging dengan sejumlah sayuran seperti kacang panjang, kol, dan kentang.

Teksturnya lebih kental dan creamy. Rasanya juga cenderung manis dan gurih. Jika suka pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit utuh yang menggugah selera.

Baca Juga: 5 Olahan Telur Khas Jepang yang Populer di Indonesia

3. Telur bumbu petis

telur petis (YouTube.com/Galeri Rasa Channel)

Telur bumbu petis bisa menjadi pilihan lauk yang lezat. Bahan utamanya terbuat dari petis, gula merah, kecap manis, dan air asam jawanya. Bumbu halusnya berasal dari bawang merah, putih, kemiri, dan kunyit bakar.

Ada beragam cara mengolah telur bumbu petis ini. Kebanyakan orang akan memberikan lebih banyak kuah dan bumbu petisnya. Pencinta pedas bisa langsung membubuhkan cabe utuh juga kok supaya sensasinya lebih berasa. 

4. Opor telur

opor telur (YouTube.com/Simple Rudy TV)

Bagi pecninta santan, menu opor menjadi salah satu hidangan wajib saat menyambut bulan suci Ramadan. Isiannya cukup beragam mulai ayam, tahu, tempe dan telur. Beberapa orang yang mengurangi makan daging akan menghidangkan opor telur sebagai pendamping ketupat.

Warna kuah opor akan cenderung putih kekuningan. Mungkin akan sedikit jingga saat kamu menambahkan banyak cabe di dalam masakan. Rasa gurih dan manis dari opor, apalagi ada taburan bawang gorengnya yang menggugah selera menjadi perpaduan yang pas dengan ketupat.

5. Telur bumbu kare jawa

telur bumbu kare jawa (YouTube.com/Rudy dan Sahabat Tua)

Kare sebenarnya berasal dari India, namun setelah masuk Indonesia terjadi modifikasi rasa sedemikian rupa hingga mendekati cita rasa yang pas untuk lidah orang Indonesia. Pada dasarnya, bumbu utama kare tetaplah sama yaitu kunyit dan santan, namun bumbu pelengkapnya lumayan banyak.

Meski hampir mirip dengan bahan baku opor dan gulai, namun resep kare telur dibuat agak encer dibandingkan keduanya. Terlebih lagi, bumbu kunyit yang ditambahkan lebih banyak dan ada sensasi pedasnya yang menggoda. Telur kare memang perpaduan yang pas untuk menikmati ketupat.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Olahan Telur di Hotel, Jangan Sampai Salah Pesan!

Verified Writer

Made Ayu Putri Arini

Menulis dengan sepenuh hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya