TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Menggoreng Donat agar Keluar White Ring, Ternyata Begini Caranya!

Adanya white ring bikin donat terlihat lebih cantik

ilustrasi donat (freepik.com/Freepik)

Siapa di sini yang suka makan donat? Sepertinya semua orang suka deh sama makanan satu ini! Jangankan donat yang sudah dikasih toping macam-macam, donat polosan dengan lapisan gula halus aja sebetulnya udah enak banget.

Ngomongin soal donat, kalau kamu suka makan donat atau bahkan sering bikin donat sendiri di rumah, kamu pasti sering merhatiin kalau donat yang sudah matang dan enak biasanya memiliki garis putih berbentuk lingkaran di bagian tengahya.

Nah garis putih ini dikenal dengan nama white ring. Sempat viral di Tik-Tok, white ring sendiri merupakan salah satu tanda kalau adonan yang kita buat berhasil dengan baik. Selain itu, munculnya white ring juga bikin penampilan donat terlihat semakin menggiurkan.

Nyatanya untuk memunculkan white ring ini kamu perlu memperhatikan beberapa hal! Berikut beberapa tips menggoreng donat agar muncul white ring yang bisa kamu ikuti di rumah!

1. Pastikan ragi yang digunakan masih dalam keadaan aktif

ilustrasi ragi instan (commons.m.wikimedia.org/Your Best Digs)

Ragi adalah mikroorganisme hidup yang menjadi bahan utama dalam pembuatan donat, maupun berbagai jenis roti. Penggunaan ragi bukan hanya bikin adonan mengembang, namun juga memberikan serat-serat pada roti maupun donat. Namun sebagus apapun kualitas bahan yang kamu gunakan, adonan donat bakal tetap gagal kalau ragi yang digunakan sudah mati.

Terus gimana cara kita tahu kalau ragi yang akan digunakan masih aktif dan bagus? Caranya gampang banget. Kamu bisa mencampurkan ragi dengan air hangat dan gula pasir. Aduk semua dan diamkan selama 10-15 menit. Jika setelah 15 menit, kamu melihat adanya busa di permukaan air, itu tandanya ragi masih aktif dan bisa digunakan untuk membuat donat.

2. Takar semua bahan dengan teliti

ilustrasi bahan-bahan donat (freepik.com/Freepik)

Saat membuat donat atau kue, gak sedikit orang mencampurkan bahan hanya dengan mengandalkan feeling-nya aja. Well sebetulnya gak masalah sih, kalau kamu sudah sering bikin donat dan hafal semua takaran bahannya di luar kepala. Tapi kalau kamu masih pemula, kamu wajib mengikuti takaran yang ada pada resep.

Gimana pun, takaran yang ada di resep sudah teruji sehingga kemungkinan besar adonan donat yang kamu buat akan berhasil dengan baik. Sebaliknya mencampur semua bahan secara asal-asalan justru bikin adonan yang kita buat gak sesuai ekspektasi.

Oh ya untuk donat sendiri, pastikan kamu menghindari mencampurkan garam dengan ragi secara langsung. Garam akan membuat ragi mati dan bikin adonan donat jadi bantet ketika digoreng.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Adonan Donat yang Gagal

3. Istirahatkan adonan selama waktu yang dibutuhkan

gambar adonan donat setelah diistirahatkan (freepik.com/Freepik)

Berbeda dengan proses pembuatan kue, adonan donat harus diistirahatkan dalam waktu tertentu sebelum dibentuk dan digoreng. Tujuannya agar ragi yang ada di adonan dapat bekerja dengan baik dan adonan bisa mengembang dengan sempurna. Untuk donat sendiri, kamu perlu mengistirahatkan adonan sebanyak dua kali.

Pertama setelah adonan diuleni, adonan perlu ditutup dengan kain dan diistirahatkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, adonan akan mengembang dua kali lipat lebih besar. Kempiskan adonan, lalu bentuk dan diamkan lagi selama 15-20 menit, baru kemudian digoreng.

4. Gunakan minyak sayur dalam jumlah banyak

gambar orang menuangkan minyak goreng (freepik.com/Freepik)

Adonan donat yang berhasil bukan hanya akan mengembang saat didiamkan. Ukuran donat juga akan membesar ketika digoreng. Nah supaya adonan matang sempurna, kamu perlu menggunakan minyak sayur dalam jumlah banyak.

Selain jumlah minyak sayur yang digunakan, pastikan juga suhu minyak gak terlalu panas atau terlalu dingin saat adonan donat dimasukkan. Suhu yang terlalu panas bakalan bikin adonan gosong di bagian luar, tapi mentah di bagian dalamnya. Sedangkan suhu minyak yang terlalu dingin bakalan bikin adonan bantet dan jadi sangat berminyak ketika sudah matang. 

5. Balik adonan sekali untuk setiap sisinya

gambar donat yang sudah matang (freepik.com/Racool_Studio)

Kesabaran sangat dibutuhkan dalam membuat donat dan memunculkan white ring-nya. Selain harus mengistirahatkan adonan, kamu juga gak boleh terlalu sering membolak-balik adonan yang sedang digoreng. Terlalu sering membolak-balik, bikin adonan gak matang secara merata.

Gak hanya itu, warna adonan juga akan berubah jadi terlalu cokelat dan kelihatan gak menarik. Daripada dibolak-balik, lebih baik balik adonan sekali dan tunggu sampai warnanya kuning keemasan. Setelah warna adonan berubah, baru balik ke sisi lainnya.

Memunculkan white ring pada donat sebetulnya gak susah. Ini karena white ring akan otomatis muncul ketika adonan digoreng. Tentu aja white ring ini hanya akan muncul jika adonan donat yang kamu buat mengembang dengan sempurna. Jadi, pastikan kamu mengikuti semua langkah dalam resep membuat donat dengan benar, ya!

 

Baca Juga: Resep Adonan Donat Kentang Empuk dan Lembut

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya