TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Masakan Khas Rembang yang Wajib Dicoba, Bikin Lupa Daratan!

Cita rasa lokal yang menggugah selera

urap latoh khas Rembang (instagram.com/misshotrodqueen)

Siapa yang sudah pernah pergi ke Kabupaten Rembang? Salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah, sekaligus menjadi daerah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Satu hal yang menarik dari daerah tersebut adalah kulinernya.

Makanan khas Rembang memiliki cita rasa turun temurun. Kelezatan masakannya sudah tak diragukan lagi, lho. Berikut tujuh masakan khas Rembang yang setidaknya harus kamu coba saat berada di sana. Apa saja? Simak yuk!

1. Sate serepeh

sate serepeh khas Rembang (commons.wikimedia.org/PL08 Elok)

Apa sih sate serepeh? Sate serepeh merupakan salah satu makanan khas Rembang yang sebenarnya sama dengan sate pada umumnya. Bedanya, sate tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya, per tusuk dihargai Rp1.000 saja, lho.

Selain harganya yang murah meriah, bumbu yang digunakan untuk membuat sate serepeh juga berbeda. Aroma khas dari bumbu tersebut membuat makanan satu ini cukup digilai. Jangan heran, jika sate serepeh banyak dicari oleh penikmat kuliner.

2. Soto rembang

soto rembang (twitter.com/andimahfu_ri)

Jika kebetulan berada di Kota Rembang, cobalah keluar ke alun-alun kota tersebut. Cari soto rembang yang juga menjadi salah satu primadona makanan khas daerah tersebut. Soto rembang banyak diburu oleh pencinta kuliner, lho.

Bukan hanya harganya yang terjangkau, rasanya yang gurih dan lezat juga cukup menggoda. Soto ini punya kemiripan dengan soto pada umumnya. Namun soal rasa, soto rembang terkenal dengan cita rasanya yang dalam. Tak heran, soto rembang banyak yang cari.

Baca Juga: Resep Sate Srepeh Khas Rembang, Rasanya Gurih dan Bikin Nagih

3. Lontong sambel

lontong sambal (instagram.com/gallery_kuliner_rembang)

Lontong dicampur sambel atau sambal? Cobain saja jika kamu pergi ke Kota Rembang, di sana lontong sambel menjadi salah satu makanan khas yang tidak bisa kamu temukan di daerah lain, lho. Adanya mendoan inilah yang membuat unik makanan tersebut.

Untuk satu porsi biasanya diual dengan harga Rp10.000. Isinya tahu tempe, kecambah, kemudian disiram dengan saus kacang. Paling enak, makan lontong sambal adalah siang hari. Dengan alas daun jati akan menambah cita rasa lokalnya.

4. Urap latoh

urap latoh khas Rembang (instagram.com/misshotrodqueen)

Salah satu kawasan yang cukup menarik untuk didatangi di Kabupaten Rembang adalah Kecamatan Lasem. Cobalah datang ke sana jika kamu ingin merasakan salah satu masakan khas yaitu urap latoh. Urap yang cukup unik karena berbahan dasar rumput laut, lho. Penasaran, kan?

Urap ini disajikan dengan kukusan kelapa muda yang sudah dibumbui. Rasanya cukup gurih dan lezat. Yang bikin beda adalah tekstur dari rumput lautnya yang renyah. Makanan ini jarang bisa ditemui meski di Rembang sekaligus. Tapi tidak untuk Lasem, makanan khas ini banyak dijual di sana.

5. Rengginang teri

rengginang teri khas Rembang (twitter.com/dianayuptsr)

Rengginang merupakan salah satu makanan khas di beberapa daerah yang ada di Indonesia, termasuk di Rembang. Uniknya, rengginang khas Rembang ini tak hanya menggunakan beras ketan, namun juga ikan teri, lho. Ikan teri inilah yang membuat rengginang khas Rembang ini berbeda dengan rengginang-rengginang daerah lainnya.

Rengginang teri bisa kamu jadikan oleh-oleh. Selain beli jadi, kamu juga bisa membeli rengginang dalam bentuk mentah yang nantinya bisa kamu goreng sendiri di rumah. Jadi, tak harus dinikmati sendiri, kan? Hadiahkan saja untuk orang-orang di rumah supaya ikut merasakan kelezatan makanan khas Rembang ini.

6. Dodol kawista

dodol kawista khas Rembang (instagram.com/iwan_tezar)

Sayang sekali jika ke Kota Rembang tidak mencoba camilan khasnya yang sangat unik ini, lho. Dodol kawista punya rasa asam yang sangat menyegarkan. Kawista sendiri masih satu keluarga dengan jeruk-jerukan yang mana buahnya sudah arang ditemui.

Di Rembang, dodol kawista sangat mudah ditemui, apalagi di toko oleh-oleh khas Rembang. Harganya terbilang cukup murah. Biasanya dijual dengan harga Rp20.000 untuk satu bungkusnya. Rasanya yang legit membuatnya banyak dicari. So, jangan sampai lupa, ya!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Rembang yang Menarik, Bikin Hati Adem!

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya