TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membeli Makanan secara Online, Cek Kebersihan dan Keamanannya!

Memesan makanan secara online sebaiknya harus lebih selektif

ilustrasi memesan makanan (unsplash.com/Grab)

Kemajuan teknologi saat ini memang membuat banyak orang jadi lebih mudah dalam mengakses segala sesuatunya. Salah satunya tentu saja ketika harus memesan makanan. Sebab, semuanya jadi terasa lebih mudah dan tak membutuhkan waktu lama dalam melakukannya.

Sayangnya, mungkin banyak orang yang masih tidak paham bagaimana cara memesan makanan yang tepat, sehingga abai begitu saja dalam memperhatiakn kualitas dan kebersihannya. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips berikut ini dalam memesan makanan secara online.

1. Memilih restoran yang sudah terpercaya

ilustrasi memesan makanan (unsplash.com/Grab)

Membeli makanan secara online biasanya tersedia berbagai restoran yang bisa dipilih secara mudah. Tentu saja restoran-restoran tersebut memiliki ragam pilihan makanan yang sangat menarik untuk dicoba sesuai dengan selera masing-masing, sehingga kamu bisa memilihnya sendiri.

Kamu memang perlu memilih restoran yang sudah terpercaya atau pun sudah kamu ketahui sejak awal. Tentunya jika kamu memilih restoran yang sudah terpercaya, maka sajian makanannya pun akan lebih memuaskan untuk dinikmati nanti saat memesannya.

2. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah

ilustrasi memesan makanan (unsplash.com/Grab)

Jika melihat harga makanan yang ditawarkan secara online memang biasanya cenderung berbeda-beda, sehingga memang sesuai dengan porsi dan kualitas makanannya. Mungkin ada makanan yang ditawarkan dengan harga yang mahal, namun ada pula yang juga relatif murah.

Terlalu tergiur dengan harga makanan yang murah justru bisa menyebabkan konsekuensi yang kurang bagus, sebab mungkin saja makanannya tidak berkualitas. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu tak mudah tergiur dengan harga makanan yang terlalu murah saat memesannya nanti.

Baca Juga: Sulit Mengerem Belanja Online? Ada Triknya!

3. Memperhatikan ulasannya

ilustrasi memesan makanan (unsplash.com/Grab)

Pada saat membeli makanan di online memang biasanya akan selalu ada ulasan yang diberikan. Sebetulnya, ulasan dan testimoni ini sangat bermanfaat untuk membantu memberikan informasi agar kamu jadi semakin yakin untuk membeli makanan tersebut.

Jika memang dirasa restoran atau makanan yang kamu pesan memiliki ulasan yang terkesan jelek, maka pikirkan kembali untuk membelinya. Jangan sampai kesalahan dalam memesan makanan justru membuatmu jadi rugi, sehingga menyesal dengan cita rasanya.

4. Cek jarak yang dimiliki

ilustrasi memesan makanan (unsplash.com/Grab)

Pada saat memesan makanan secara online ternyata kamu perlu juga memperhatikan soal jarak yang dimiliki. Alasannya karena memang jarak yang dimiliki dapat memengaruhi makanan yang nantinya akan kamu beli, sehingga jangan sampai keliru dalam membelinya.

Jika memang memungkinkan tentu akan jauh lebih baik jika memesan makanan di restoran yang jaraknya tak terlalu jauh. Selain akan lebih cepat sampai, namun makanan yang kamu pesan akan tetap hangat dan lebih lezat saat kamu konsumsi nanti.

5. Jika membeli makanan kuah harus dipisahkan

ilustrasi sup (unsplash.com/Alyssa Kowalski)

Banyak orang yang mungkin sangat tertarik untuk membeli makanan kuah saat memesannya melalui online delivery. Namun, kamu perlu ingat bahwa memesan makanan kuah secara online tak boleh dilakukan sembarangan, sehingga akan tetap aman saat menyajikannya nanti.

Selalu usahakan untuk menyampaikan pada penjual agar memisahkan kuah dengan makanannya saat disajikan nanti. Hal ini dilakukan agar nantinya makanan yang kamu pesan tidak mengembang dan membuat cita rasanya jadi berantakan saat disajikan nanti.

Kamu sekarang paham bahwa memesan makanan secara online tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Kamu perlu benar-benar cermat dalam mengecek kualitas, keamanan, dan kebersihan dari makanan yang kamu pesan. Apakah kamu cukup sering memesan makanan secara online?

Baca Juga: Cara Pesan Makanan Online untuk Orang Lain dari Beda Kota

Verified Writer

Jamilah

Semoga bisa memberi manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya