TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Membeli Kaldu Instan, Cek Kandungannya!

Kaldu instan memang sangat praktis untuk digunakan memasak

ilustrasi kaldu (pexels.com/jenvit keiwalinsarid)

Kaldu instan sudah menjadi pilihan praktis yang dilakukan oleh banyak orang untuk menambah cita rasa pada masakan yang dibuat, sehingga tidak perlu repot-repot dalam membuat kaldu sendiri. Bahkan, dalam hitungan menit kaldu instan sudah bisa memberikan cita rasa yang lezat pada berbagai hidangan yang kamu buat, seperti tumisan, sup, atau bahkan nasi goreng.

Memang tidak semua kaldu instan diformulasikan sama karena mengandung bahan-bahan tambahan yang berbeda-beda, sehingga kamu harus cermat dalam memilih yang paling sehat dan juga cocok di lidah. Perhatikan beberapa tips membeli kaldu instan yang tepat agar nantinya bisa digunakan untuk memasak dengan aman.

1. Perhatikan bahan-bahan yang ada di dalamnya

ilustrasi kaldu (pexels.com/Alex Bayev)

Pada saat memilih kaldu instan, sebaiknya kamu dapat memeriksa daftar komposisi yang tertera di bagian kemasan. Hal ini karena komposisi tersebut dapat membantumu untuk memahami apakah memang kaldu instan tersebut aman untuk dikonsumsi atau justru sebaliknya, sehingga nantinya tidak sampai salah dalam memilih.

Hindari produk kaldu instan yang mengandung bahan tambahan secara berlebihan, seperti MSG, warna buatan, hingga pengawet kimia dengan takaran yang tidak wajar. Sebaliknya, pilihlah kaldu yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti ekstrak daging asli, rempah-rempah alami, atau bahkan sayuran. Tentunya ini bukan hanya dapat membuat kaldu instan menjadi lebih sehat, namun juga dapat memberikan cita rasa alami yang lebih lezat.

2. Sesuaikan kaldu dengan jenis makanan yang akan kamu buat

ilustrasi kaldu (pexels.com/Bluebird Provisions)

Kamu bisa lebih cermat dalam memilih kaldu yang tepat untuk digunakan memasak agar nantinya tidak sampai keliru pada saat memilih. Kaldu instan biasanya tersedia dalam berbagai varian, seperti ayam, ikan, sapik hingga sayuran, sehingga menawarkan cita rasa yang juga berbeda-beda.

Kamu dapat memilih jenis kaldu yang mungkin sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat, seperti misalnya menggunakan kaldu ayam untuk sup ayam atau pun masakan lainnya yang berbahan dasar unggas, serta gunakan kaldu sapi untuk olahan daging merah. Memilih kaldu instan yang tepat tentunya dapat meningkatkan cita rasa pada sajian yang kamu buat, sehingga akan tetap menggugah selera.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sup Ikan di Batam yang Memiliki Kuah Segar Kaya Kaldu

3. Pilih kaldu instan yang rendah natrium

ilustrasi kaldu bubuk (pexels.com/Arjanne Holsappel)

Tidak ada salahnya apabila kamu lebih cermat dalam memilih kaldu instan dengan memperhatikan soal kadar natrium di dalamnya. Beberapa kalau instan ternyata mengandung kadar garam yang cukup tinggi, sehingga hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam frekuensi yang terlalu sering.

Kamu bisa mengantisipasi dengan mencari kaldu yang memiliki label rendah natrium atau pun low sodium. Cara tersebut cukup efektif untuk mengontrol asupan garam dan menghindari makanan yang terlalu asin, sehingga kamu bisa menambahkan garam kembali sesuai dengan selera apabila memang cita rasanya belum pas.

Verified Writer

Jamilah

Semoga bisa memberi manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya