TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Jenis Sushi khas Jepang yang Wajib Kamu Coba, Sushi Lovers Merapat

Sudah coba sushi jenis apa saja?

sushi (pixabay.com/omisido)

Sushi, hidangan ikonik dari Negeri Sakura, sudah berhasil memikat lidah para pecinta kuliner di seluruh dunia. Lebih dari sekadar nasi dan ikan mentah, sushi adalah perpaduan sempurna antara rasa, tekstur, dan tampilannya yang cantik.

Namun, tahukah kamu bahwa ada begitu banyak jenis sushi dengan cita rasa yang unik dan beragam? Dari yang paling klasik hingga yang paling inovatif.

Nah, berikut ini ada 10 jenis sushi yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke restoran sushi. Agar tidak salah memesan, yuk simak dan perhatikan ciri-ciri dari masing-masing 10 jenis sushi berikut ini!!!

1. Nigiri

nigirí sushi (freepik.com/jcstudio)

Nigiri merupakan jenis sushi yang paling sederhana. Dibuat dari nasi yang dibentuk oval dengan potongan ikan salmon segar diatasnya. Biasanya dinikmati dengan kecap asin dan wasabi sebagai saus cocolan.

2. Onigiri

onigiri (vecteezy.com/kwanchaichaiudom)

Sekilas namanya mirip dengan nigiri ya, tapi tentu saja berbeda dari bentuk dan isiannya. Onigiri dibuat dari nasi yang dibumbui kemudian diberi isian umeboshi (acar plum), tuna mayo, salmon panggang, dan lainnya.

Kemudian, nasi dibentuk segitiga dan dibungkus dengan nori. Di Jepang, onigiri jadi menu makan siang yang praktis atau bekal piknik.

3. Sushi Amaebi

sushi amaebi (pexels.com/Chvana Photography)

Amaebi sushi menggunakan udang mentah yang segar sebagai bahan utamanya. Hidangan ini sesuai dengan namanya, 'amaebi' yang berarti udang manis. Meski terlihat berbeda dengan jenis sushi lainnya, amaebi jadi jenis sushi yang sangat populer dan digemari di Jepang.

Baca Juga: 8 Pilihan Sayur dalam Isian Sushi untuk Menambah Rasa Lezat

4. Maki

sushi maki (freepik.com/freepik)

Maki merupakan sushi gulung tradisional yang dilapisi dengan rumput laut (nori). Nori diletakkan di bagian luar lalu ditambahkan dengan nasi dan berbagai isian, digulung kemudian dipotong dengan ukuran sekali makan.

Isian sushi maki bisa menggunakan ikan, sayuran, atau olahan makanan yang sudah matang. Ada beberapa jenis maki seperti kappa maki, tekka maki, dan maki tempura udang.

5. Fukomaki

fukomaki (freepik.com/freepik)

Dalam bahasa Jepang, fukomaki berarti "gulungan tebal". Hampir mirip dengan maki sushi namun isiannya lebih banyak dan potongan gulungannya lebih tebal. Fukomaki merupakan jenis sushi yang mengenyangkan karena ukurannya yang besar, varian isiannya juga lebih beragam.

6. Uramaki

uramaki (pexels.com/cottonbro studio)

Uramaki berarti "gulungan terbalik" dalam bahasa Jepang. Meskipun masih dalam satu jenis sushi maki, uramaki mempunyai perbedaan yang sangat jelas.

Sushi ini dibentuk dari nasi di bagian luarnya dan nori di bagian dalamnya, hal ini yang membedakannys dengan sushi maki tradisional. Kombinasi isian dan lapisan sushi jenis ini juga sering dikreasikan dengan berbagai topping. Beberapa jenis uramaki diantaranya ada california roll, rainbow roll, dan dragon roll.

7. Temaki

sushi temaki (pexels.com/Matheus Bertelli)

Jika sushi bisanya berbentuk bulat, berbeda dengan temaki yang memiliki bentuk seperti corn es krim. Temaki sendiri berarti "gulungan tangan". Sushi ini dibuat dengan selembar nori yang dibentuk kerucut lalu diisi dengan nasi dan isian lainnya. Ada beberapa jenis temaki mulai dari temaki tuna pedas, temaki salmon asap, dan temaki udang pedas.

8. Inari

Inari (pexels.com/Elliv Aceron)

Inari merupakan sushi yang mempunyai tekstur yang agak kenyal dengan rasa yang lezat dan sedikit manis. Rasa ini didapatkan dari aburaage atau lapisan tahu yang membalut nasi dan isian sushi. Jenis sushi ini ada sesame inari sushi dan seafood inari sushi.

9. Temari

sushi temari (pexels.com/Son Tung Tran)

Temari merupakan sushi berbentuk bulat seperti bola, diatasnya di hiasi dengan topping ikan mentah atau beragam isian sushi lainnya. Nama temari diambil dari nama bola tradisional Jepang yang digunakan untuk bermain. Jenis sushi ini hampir mirip dengan nigiri, yang membedakan hanya bentuknya saja.

Verified Writer

Izam Lisa

Start your impossible

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya