TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menggunakan Jahe dalam Makanan Manis

Gunakan secara terukur biar rasanya pas

ilustrasi kue jahe (pixabay.com/Doreen Corbey)

Jahe adalah salah satu bahan rempah yang akrab digunakan dalam pembuatan makanan asin ataupun manis. Bahan ini bisa memberi nuansa rempah hangat dan legit yang khas. Oleh karenanya, kamu bisa menjumpai rasa jahe dalam aneka jenis kue dan roti.

Untuk menggunakan jahe dalam makanan manis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Melalui beragam tips ini, makanan berbahan jahe akan jadi lebih nikmat dan menggugah selera.

1. Tentukan jenis jahe untuk adonan

ilustrasi bahan jahe (pexels.com/Pixabay)

Sebelumnya, kamu perlu menentukan jenis jahe yang tepat untuk ditambahkan ke dalam adonan makanan manis. Terdapat dua macam jahe populer untuk memasak. Mulai dari jahe bubuk sampai jahe segar.

Dalam makanan manis, jahe bubuk lebih sering digunakan supaya mudah tercampur dengan bahan-bahan lain. Melansir The Spruce Eats, jahe bubuk memiliki sensasi jauh lebih lembut dan rasanya tidak sepat seperti jahe segar.

2. Mulai dalam jumlah kecil

ilustrasi jahe bubuk (freepik.com/freepik)

Menggunakan jahe dalam adonan makanan manis bisa dimulai dalam jumlah kecil atau terukur. Hal ini perlu diterapkan, khususnya bagi kamu yang belum terbiasa baking dengan jahe atau kurang suka akan rasanya.

Selain itu, kamu bisa juga mengikuti takaran resep terpercaya supaya profil rasa jahe terbentuk dengan maksimal dan harmoni. Hindari pemakaian berlebihan karena bisa menimbulkan rasa atau aroma terlalu kuat.

Baca Juga: 7 Minuman yang Kurang Baik untuk Ginjal, Batasi Konsumsinya

3. Padukan bersama pemanis yang tepat

ilustrasi aneka gula (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Sadar gak sih, dalam proses baking dengan bahan baku jahe, kamu akan sering menjumpai pemanis selain gula pasir di dalamnya. Sebut saja palm sugar, brown sugar, madu, dan sejenisnya.

Rupanya kombinasi antara jahe dan pemanis ini dapat menambahkan kedalaman rasa supaya kudapan jadi lebih hangat dan legit. Beberapa di antaranya juga sukses memberi ekstra kelembapan sampai aroma manis yang khas pada kue.

4. Tambahkan rempah-rempah lain

ilustrasi batang kayu manis (pixabay.com/Steve Buissinne)

Selain memilih pemanis yang tepat, kamu dapat menggunakan jahe bubuk bersama tambahan rempah lain. Hal itu akan memberikan rasa rempah dan kehangatan maksimal. Dengan demikian, makanan manis jadi lebih berkarakter.

Beberapa bahan yang sering dipadukan bersama jahe adalah rempah hangat seperti cengkih, kayu manis, bahkan allspices sekalipun. Kamu bisa jumpai kombinasi ini dalam olahan kue kering, bolu, sampai kreasi pai menggugah selera.

5. Lakukan eksplorasi resep dengan jahe

ilustrasi kue jahe (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Jangan lupa dengan eksplorasi resep makanan manis mengandung jahe untuk memperkaya referensi masakan. Kamu bisa buat macam-macam sajian manis dengan rempah ini kapan saja.

Olahan manis dengan kandungan jahe itu cocok untuk pencinta makanan hangat dan legit. Pas dimakan pada cuaca apapun, termasuk dingin. Bisa berbentuk roti, kue kering, bolu, sampai minuman sekalipun.

Memasak makanan manis pakai rempah jahe harus diikuti dengan jenis sampai takaran yang tepat. Itu supaya kudapan jadi lebih maksimal dan tidak terlalu kuat. Kamu jadi bisa menyantap makanan manis tersebut dengan nyaman.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Makanan yang Terlalu Pedas, Tidak Sulit!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya