TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menggoreng Telur Ikan untuk Lauk Rumahan

Lebih sedap dan gak gampang hancur!

ilustrasi telur ikan goreng (pixabay.com/Jubair BIn Iqbal)

Selain dagingnya, telur ikan kerap dimanfaatkan untuk dijadikan lauk makan yang unik dan enak. Beberapa telur seperti ikan mas, patin, tenggiri biasa digoreng supaya lebih nyaman dan enak saat dimakan.

Sayangnya, karena telur ikan berukuran kecil-kecil, jadi sering hancur saat dimasak. Untuk mengurangi risiko bahan yang buyar saat digoreng, simak sejumlah tips menggoreng telur ikan berikut biar masak lebih menyenangkan.

1. Bumbui telur ikan untuk mengurangi amis

ilustrasi telur ikan segar (pixabay.com/Mogens Petersen)

Telur ikan memiliki sedikit sensasi amis yang bisa mengganggu saat dimakan. Untuk mengurangi amis tersebut, kamu bisa tambahkan bumbu ke dalam telur ikan segar. Sebelumnya, pastikan telur ikan dibersihkan secara lembut biar kotorannya luruh.

Bumbu telur ikan juga sangat beragam, tapi biasanya ada bawang putih, bawang merah, sampai kunyit yang dihaluskan. Selebihnya bisa kamu atur sendiri sesuai selera. Bumbu ini selain mengurangi amis juga bisa meningkatkan rasa telur ikan biar tambah gurih.

2. Rebus atau kukus telur ikan biar lebih padat

ilustrasi memasak dalam panci (vecteezy.com/aetbvideo205153)

Untuk menjaga tekstur telur ikan supaya tidak gampang buyar, kamu bisa rebus atau kukus telur ikan terlebih dahulu. Cara ini akan membantu memadatkan tekstur telur, biar makin gampang saat digoreng.

Untuk perebusan, kamu bisa gunakan metode ungkep bersama aneka bumbu aromatik. Sedangkan untuk pengukusan, telur ikan dapat dicampur bumbu, telur ayam, sampai tepung biar makin set. Masak dengan api sedang sampai lebih padat, ya!

3. Goreng telur ikan pakai adonan pelapis

ilustrasi mengocok telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Sebenarnya telur ikan yang sudah direbus atau dikukus bisa dipotong, kemudian langsung digoreng. Namun, kamu bisa tambahkan pelapis untuk memberikan ekstra tekstur sekaligus meminimalisir minyak meletup.

Bahan pelapis itu bisa berupa adonan tepung basah, tepung kering, maupun kocokan telur. Tinggal sesuaikan dengan referensi masing-masing untuk mendapatkan hasil akhir berupa telur ikan goreng yang enak.

4. Masak telur ikan di minyak panas

ilustrasi menuangkan minyak (pexels.com/Max Avans)

Untuk menggoreng telur ikan, pastikan kamu menyiapkan wajan yang pas dan isi minyak secukupnya. Lalu panaskan menggunakan api sedang. Wajan harus dalam keadaan panas supaya proses penggorengan semakin optimal.

Kadangkala, memasak telur ikan tanpa memperhatikan suhu minyak dan wajan bisa menyebabkannya menempel. Alhasil, telur ikan goreng jadi gampang hancur. Untuk itu, tunggu beberapa saat sampai minyak panas sebelum memasukkan bahan.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya