TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Puding Labu yang Lezat dan Mengugah Selera

Gunakan santan sebagai perasa tambahan

Ilustrasi puding labu kuning (pixabay.com/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤)

Membuat puding yang lembut dan manis bisa didukung dengan pemakaian labu sebagai salah satu bahan utamanya. Komponen ini terkenal bisa memberi sensasi manis sekaligus lembut berkesan. Bonusnya, warna puding bakalan lebih cerah tanpa pewarna tambahan.

Di sisi lain, pembuatan puding labu yang nikmat juga perlu didukung oleh beberapa aspek. Untuk memaksimalkan sensasi menyantap makanan tersebut, berikutlima tips membuat puding labu yang bisa kamu terapkan.

1. Gunakan labu manis

ilustrasi labu kuning (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Untuk membuat puding labu yang legit, kamu bisa pilih labu terbaik untuk dijadikan bahan utama kudapan ini. Pilih labu segar yang manis supaya rasanya tetap tajam, tapi enak. Kamu bisa beli di tempat terpercaya agar mendapatkan bahan berkualitas.

Biasanya labu manis dapat ditengok dari teksturnya yang padat serta warna kulitnya cerah. Di sisi lain, kamu pun bisa beli labu yang ukurannya lebih kecil atau sedang. Itu akan memberi rasa dan tekstur buah lebih baik untuk dijadikan puding labu.

2. Blender labu kukus biar halusnya merata

ilustrasi labu yang dihaluskan (pexels.com/KATRIN BOLOVTSOVA)

Sebelum dicampur ke dalam bahan pembuatan puding, labu patut dipotong-potong dan dikukus sampai lunak. Setelah tidak terlalu panas, maka labu bisa diblender supaya halusnya lebih optimal. Masukkan juga sejumlah air supaya hasilnya tidak bergerindil.

Untuk memastikan labu benar-benar lembut merata, kamu juga dapat menyaring adonan yang sudah dihaluskan ini. Bila ada bagian yang masih besar dan bergerindil, maka bisa langsung disisihkan atau dihaluskan lagi supaya bahan tidak terbuang banyak.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Puding yang Mulus, Hasilnya Cantik dan Lezat

3. Tambahkan santan untuk memperkaya rasa

ilustrasi santan kelapa (freepik.com/jcomp)

Selain memakai air biasa, sebenarnya puding labu juga dapat dimaksimalkan dengan penambahan santan, lho. Bahan satu ini bisa mempengaruhi tekstur puding biar lebih lembut dan rasanya legit. Dengan demikian, rasa puding gak cuma labu saja.

Penggunaan santan bisa berasal dari kelapa segar atau santan instan supaya makin praktis. Namun, pastikan untuk mengaduk adonan dengan cermat supaya santan tidak pecah, karena bisa memberikan penampilan yang kurang maksimal pada hasil akhirnya.

4. Masukkan kental manis supaya warna lebih bagus

Ilustrasi susu kental manis (freepik.com/ Azerbaijan Stockers)

Pemanis yang dipakai dalam adonan puding bisa berasal dari banyak bahan. Kalau ingin simpel bisa tambahkan gula pasir, tapi kalau ingin rasanya legit dan memberi warna lebih bagus maka dianjurkan memakai kental manis.

Bahan satu ini dapat dilarutkan bersama komponen lain dan dikocok sampai rata. Nantinya warna makanan jadi lebih menarik dan rasanya pun bertambah nikmat. Tapi, ukur pemakaian kental manis dengan bijak supaya puding labu bebas giung.

5. Masak bersama pandan untuk tambahan aroma

ilustrasi puding labu (pixabay.com/congerdesign)

Untuk menambahkan aroma ringan tapi menggugah selera, kamu pun bisa memasak semua bahan yang sudah disiapkan bersama daun pandan. Bahan ini bisa dicuci dulu, lalu ikat simpul. Masak perlahan bersama bahan-bahan lainnya.

Penambahan daun aromatik ini akan meningkatkan sensasi harum makanan supaya lebih nikmat dan menggugah selera. Kalau adonan sudah matang, daun bisa disisihkan. Tunggu sampai uap adonan hilang, lalu cetak puding sampai ngeset.

Pembuatan puding labu yang lezat dan menarik itu dapat didukung dengan sejumlah tips di atas. Dengan demikian, makanan akan memiliki rasa yang berbeda tapi menggugah selera. Pas dijadikan camilan andalan di rumah.

Baca Juga: Resep Puding Labu Kuning, Sajian Nikmat yang Lumer di Mulut

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya