TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Pineapple Bun, Roti dengan Crust ala Hong Kong

Gunakan teknik tangzhong agar rotinya empuk

olahan pineapple bun (pixabay.com/hiven zhu)

Pineapple bun atau dikenal juga dengan sebutan bolo bao merupakan kreasi roti populer dari Hong Kong. Nama pineapple bun sendiri tidak merepresentasikan isiannya atau kandungan nanas di dalam roti, tapi lebih merujuk pada bagian crust roti yang membentuk semacam kulit nanas.

Makanan ini menjadi unik karena terdiri dari dua bagian utama, yaitu roti utama dan juga lapisan atas yang renyah seperti pada choux au craquelin. Oleh karenanya, hidangan ini jadi menarik dan cocok sekali dijadikan referensi kreasi roti baru di rumah. Namun sebelum kamu membuatnya sendiri, terlebih dahulu simak lima tips pembuatannya berdasarkan catatan dalam artikel berikut ini.

1. Gunakan standing mixer untuk menghemat waktu

ilustrasi standing mixer (pexels.com/breakermaximus)

Bahan-bahan pembuatan adonan utama pineapple bun tidak jauh dari penggunaan tepung terigu, susu, ragi, gula pasir, garam, telur, mentega, dan lain-lain. Meskipun bahannya sederhana tetapi proses pembuatannya memakan waktu karena harus diuleni sampai kalis. Maka dari itu, akan jauh lebih efektif jika kamu membuat adonan tersebut di dalam standing mixer atau bread machine.

Kamu bisa memanfaatkan keberadaan peralatan tersebut untuk mendapatkan kemampuan pengadukan yang lebih baik, pemrosesan yang konsisten, serta mampu membantu menghemat waktu dan tenaga. Hasil adonan dari standing mixer atau bread machine juga cenderung lebih konsisten dalam membentuk gluten, sehingga adonan jadi lebih cepat kalis tanpa harus mengeluarkan banyak usaha tambahan.

2. Pakai metode tangzhong untuk membuat roti utama

Ilustrasi pembuatan tangzhong (pexels.com/Felicity Tai)

Sebetulnya dalam proses pembuatan pineapple bun ini ada banyak metode yang bisa diterapkan. Namun, cara populer untuk mengolah roti pineapple bun supaya terasa lebih lembut dan empuk adalah memakai metode tangzhong. Teknik ini sangat populer dalam pembuatan beberapa roti tawar ataupun roti manis ala Jepang sampai China.

Tangzhong sendiri merujuk pada nama adonan pasta yang dibuat dari tepung dan air, kemudian dipanaskan di atas kompor ataupun microwave hingga mencapai suhu tertentu. Kalau sudah dingin, bahan tersebut bisa dicampur ke dalam adonan roti utama.

Penggunaan tangzhong dilakukan untuk mencapai kelembutan dan tekstur yang lebih halus pada roti. Selain itu, tangzhong juga dipercaya bisa memperpanjang masa simpan serta meningkatkan rasa roti. Oleh karenanya, jika kamu ingin membuat pineapple bun, tidak ada salahnya untuk memilih resep yang menggunakan tangzhong sebagai salah satu tekniknya.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Roti dan Es Krim Makin Enak, Sajian Klasik Favorit!

3. Bahan untuk membuat crust harus dalam kondisi suhu ruang

potongan mentega (pexels.com/Felicity Tai)

Penting juga memperhatikan bahan-bahan pembuatan topping crust agar dalam kondisi suhu ruang. Hal ini dilakukan untuk mencapai tekstur crust yang bagus sehingga lebih mudah saat digilas dan tidak gampang patah. Dengan begitu, adonan bisa crack dan menghasilkan crust yang renyah pada permukaan roti.

Umumnya bahan-bahan pembuatan crust terdiri dari mentega, gula, telur, susu, tepung terigu, baking powder, hingga ekstrak vanila. Bahan-bahan ini perlu dipastikan dalam kondisi suhu ruang supaya adonan lebih mudah bercampur dan dapat digilas dengan ketipisan yang sesuai.

Setelah digiling dan dibentuk, maka hal yang harus kamu perhatikan adalah peletakannya. Jangan terlalu bertenaga ketika meletakkan crust di atas roti, supaya adonan tidak berubah menjadi datar dan mempengaruhi bentuk akhir pineapple bun.

4. Olesi permukaan roti pakai kuning telur

ilustrasi egg brush untuk adonan (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Hal yang sebaiknya tidak dilewatkan ketika proses pembuatan pineapple bun adalah mengolesi permukaan crust menggunakan adonan kuning telur. Biasanya orang-orang juga menggunakan telur utuh lalu ditambah dengan sedikit susu untuk menghasilkan tampilan yang lebih glossy. Pilihan manapun bisa kamu sesuaikan berdasarkan preferensi.

Tetapi, warna kuning telur dan pemanggangan akan mempengaruhi warna permukaan roti secara signifikan. Jika kamu ingin mendapatkan warna yang kuning eksotis, maka kamu perlu memperhatikan warna kuning telur yang bagus dan segar. Oleskan secara merata dengan hati-hati kemudian panggang di suhu yang tepat supaya olesan tersebut benar-benar menghasilkan warna yang menarik pada adonan pineapple bun ini.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya