TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Hias Kue Pakai Cokelat Serut, Tetap Menarik dan Elegan!

Jangan lupa olesi krim agar cokelat menempel

ilustrasi kue dengan cokelat serut (pexels.com/Сослан)

Banyaknya cara menghias kue yang digemari saat ini, tapi cokelat serut masih menjadi salah satu gaya andalan. Dekorasi favorit ini sering dijumpai pada macam-macam kue berbasis cokelat, seperti bolu cokelat, brownies, sampai black forest.

Walau kerap dianggap jadul, tapi tampilan begini sangat elegan dan menarik perhatian. Kalau kamu tertarik mencobanya sendiri, ada lima tips hias kue pakai cokelat serut yang menarik untuk diikuti.

1. Gunakan cokelat batang untuk mempermudah

ilustrasi cokelat batang (pexels.com/Vie Studio)

Sebelum melakukan dekorasi, penting mengetahui jenis cokelat yang cocok untuk dekorasi ini. Umumnya, jenis cokelat yang pas adalah chocolate bar atau berbentuk batangan. Kamu bisa menggunakan sisa dark cooking chocolate setelah pembuatan bolu agar lebih efisien.

Cokelat ini punya bentuk yang mudah digenggam dan teksturnya solid. Dengan begitu, penyerutan akan semakin gampang dan tak mudah patah. Tapi, pastikan cokelat dalam keadaan suhu ruang supaya tidak terlalu keras atau menyulitkan dalam penyerutan.

2. Serut menggunakan pengupas kulit buah atau sayur

ilustrasi pengupas sayuran (pixabay.com/Alexa)

Beralih ke peralatan menyerut, kamu bisa mengandalkan pengupas kulit buah atau sayur. Peralatan ini bisa membuat cokelat jadi lebih gampang dikontrol dan hasil serutan juga memuaskan. Tebal dan tipisnya bisa diatur sesuai tekanan.

Sebenarnya, selain memakai pengupas kulit buah dan sayur ada lagi peralatan yang bisa dipakai seperti slicer atau serutan untuk aneka bahan. Kamu bisa sesuaikan berdasarkan kenyamanan masing-masing agar cokelat serut lebih gampang diperoleh.

Baca Juga: 9 Camilan Cokelat Serba Dikukus yang Nikmat, Buruan Bikin!

3. Berikan base krim pada permukaan kue

ilustrasi dekorasi kue (freepik.com/freepik)

Cokelat serut ini sifatnya kering, maka supaya ia menempel dengan baik sebagai dekorasi, permukaan kue perlu diberi perekat agar cokelat stay tahan lama. Contoh pasangan yang sering dipakai sebagai perekat adalah buttercream sampai cokelat ganache.

Kedua komponen ini sifatnya lembap dan basah, jadi bisa berperan sebagai 'lem' untuk cokelat serut. Kalau tujuanmu ingin lebih banyak menyorot cokelat, maka krim bisa dioles secukupnya saja. Jangan lupa olesi krim saat kue sudah dingin supaya tidak meleleh.

4. Tata cokelat sesuai imajinasi

ilustrasi cokelat serut (freepik.com/freepik)

Kalau krim sudah diolesi secara merata ke permukaan kue, maka selanjutnya tinggal tata cokelat serut sesuai imajinasi. Bahan ini bisa kamu letakkan di atas sampai bagian pinggir kue. Tempel dengan hati-hati supaya cokelat serut tidak mudah patah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cokelat serut sebagai topping saja. Sedangkan sisi-sisinya bisa dihiasi cokelat batang atau cokelat cair yang dibentuk ulang. Biar idemu gak buntu, referensinya bisa dicari lewat internet sampai buku resep, lho.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya