TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin Bolu Pisang Kukus yang Teksturnya Moist dan Lembut

Kuncinya ada pada pemakaian minyak

ilustrasi bolu pisang kukus (vecteezy.com/Natthapon Ngamnithiporn)

Menikmati potongan bolu pisang kukus yang moist dan lembut di hari yang santai pasti sangat menggiurkan. Lebih-lebih lagi kalau kue ini disantap bersama segelas teh atau kopi, pasti rasa maknyusnya makin meningkat. Sempurna untuk teman ngemil atau dijadikan kudapan penutup.

Meskipun bolu pisang hanya dikukus, tetapi untuk mencapai tekstur moist dan lembut tetap membutuhkan perhatian khusus. Maka dari itu, eksplorasi tips bikin bolu pisang yang moist dan lembut lewat tulisan ini. Yuk, bersiap!

1. Bahan baku harus dalam kondisi suhu ruang

ilustrasi bahan bolu pisang (pixabay.com/StockSnap)

Bahan baku pembuatan bolu ini terdiri dari pisang, telur, gula, terigu, pengembang, minyak, dan kadang ditambah garam. Semua komponen ini harus dalam kondisi suhu ruang supaya mendapat bolu pisang kukus yang moist dan lembut. Sebab, bahan yang dicampur dalam suhu ruang akan tercampur lebih baik dan konsistensinya stabil.

Sementara bila bahan-bahan dalam kondisi dingin, khawatir adonan akan sulit menyatu dan berpotensi menggumpal. Itu akan membuat pendistribusian bahan tidak merata. Khawatirnya bolu pisang akan memiliki rasa yang tak konsisten dan teksturnya lebih bantat.

2. Pastikan kondisi soda kue masih berfungsi dengan baik

ilustrasi soda kue (pixabay.com/Jing)

Dalam proses pembuatan bolu pisang kukus, diperlukan pengembang yang tepat agar makanan matang sempurna dan menghasilkan tekstur ringan. Di sini, kamu hanya perlu soda kue untuk membantu membuat bolu terasa moist dan lembut. Tapi pastikan pengembang itu masih berfungsi dengan baik.

Lantaran bahan ini bisa memberi proses pengembangan cukup kuat, maka soda kue harus ditakar dengan baik. Dalam jumlah yang tepat, soda kue akan membantu membuat makanan mengembang optimal dan memberi warna lebih eksotis. Sedangkan jika soda kue dimasukkan berlebihan, bolu pisang kukus bisa terasa pahit.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Rice Cooker yang Nikmat, Buatnya Praktis!

3. Gunakan minyak sayur untuk bolu lebih moist

ilustrasi semangkuk minyak (pixabay.com/Ronny Hvass)

Lemak dalam bolu pisang kukus bisa memakai minyak sayur untuk hasil yang lebih moist. Minyak bisa membantu menjaga kelembapan bolu karena sifatnya yang cair pada suhu ruang. Namun bahan ini harus benar-benar tercampur rata untuk menghindari bantat.

Kebanyakan orang menyukai penambahan minyak dalam bolu pisang karena rasa dan aromanya netral. Dengan begitu, sensasi pisang bakal lebih signifikan pada bolu kukus tersebut. Hasilnya juga lembut dan bisa menghindari sensasi seret yang mengganggu di mulut.

4. Kukusan harus dipanaskan dan masak di api sedang-kecil

ilustrasi panci masak (pixabay.com/Ana María Romero Velázquez)

Kegagalan dalam mencapai tekstur bolu pisang kukus yang moist dan lembut bisa berasal dari pengukusan yang tidak sempurna. Maka dari itu, penting menjaga stabilitas suhu dengan memanaskan kukusan terlebih dahulu. Ini akan membuat bolu pisang mengembang optimal dan mencapai tekstur lembut.

Sedangkan selama proses pengukusan berlangsung, sebaiknya gunakan api sedang cenderung kecil untuk mencegah adonan mengembang terlalu cepat. Itu bisa membuat kue retak dan gampang amblas. Biarkan adonan matang secara perlahan, karena itu akan membuat tekstur bolu lebih moist dan lembut.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya