TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda-tanda Nasi Sudah Basi, Tidak Layak Disajikan

Waspada terhadap perubahan aroma dan warna nasi

sepiring nasi putih (freepik.com/jcomp)

Nasi merupakan salah satu bahan makan pokok yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Meskipun nasi memiliki umur simpan yang relatif panjang, namun nasi juga rentan menjadi basi karena beberapa faktor. Hal ini tergantung pada lamanya waktu menyimpan hingga penyimpanan yang tidak baik.

Jka hidangan tersebut basi, nasi tidak bisa dikonsumsi lagi karena akan membahayakan kesehatan. Untuk mengetahui bagaimana tampilan nasi yang sudah basi, kamu bisa menyimaknya dalam lima tanda-tanda berikut ini!

1. Nasi mengeluarkan aroma asam

sepiring nasi (freepik.com/jcomp)

Kebanyakan nasi memiliki aroma khas tersendiri yang membuat sajian tersebut begitu menggugah selera. Bahkan, jika kualitasnya bagus, aroma yang dikeluarkan pun cenderung wangi. Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan dari perubahan aroma nasi tersebut. Jika kamu mendapati adanya aroma mengganggu, bahkan cenderung asam, hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda bahwa nasi sudah basi.

Munculnya aroma asam pada nasi bisa menjadi tanda bahwa makanan tersebut sudah tidak baik dikonsumsi, sebab aroma asam bisa berasal dari bakteri yang berkembang di dalam makanan tersebut. Sehingga, jika kamu mendapati tanda-tanda aroma tidak lazim, sebaiknya nasi segera disingkirkan.

2. Teksturnya berubah menjadi lembek

mengaduk nasi (pexels.com/Rachel Claire)

Kalau sebelumnya kamu mendapati bahwa nasi memiliki tekstur yang biasa, namun lama kelamaan nasi tersebut berubah menjadi lembek, maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa nasi sudah tidak layak dikonsumsi. Sebab, perubahan tekstur menjadi lembek juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur atau kontaminasi dari bakteri yang terjadi pada nasi yang sudah dimasak.

Pastinya hal ini akan sangat mengganggu karena tekstur lembek membuat nasi menjadi tidak enak dikonsumsi. Bahkan jika diiringi dengan perubahan-perubahan lain, maka sudah pasti nasi tersebut sebaiknya tidak usah dikonsumsi karena khawatir bisa merusak kesehatan.

Baca Juga: 4 Metode Menyimpan Pizza Sisa agar Tak Mudah Basi

3. Warna nasi menjadi kekuningan atau hijau

nasi berwarna kekuningan (pixabay.com/tee1896)

Untuk mengidentifikasi apakah nasi sudah berubah menjadi basi juga bisa kamu ketahui lewat perubahan warna. Jika kamu mendapati bahwa nasi yang tadinya putih berubah menjadi kekuningan atau kehijauan, maka hal tersebut juga bisa dijadikan tanda bahwa nasi sudah tidak layak dikonsumsi.

Perubahan ini juga bisa disebabkan oleh munculnya jamur atau bakteri pada nasi. Sehingga terjadi perubahan kimia karena adanya aktivitas mikroorganisme tersebut. Maka dari itu, jika kamu mendapati bahwa adanya perubahan warna yang signifikan seperti ini, sebaiknya ganti nasi dengan yang baru agar bisa mencegah kemungkinan yang ditimbulkan oleh nasi basi tersebut, terutama terhadap kesehatan.

4. Rasanya asam

semangkuk nasi putih (pexels.com/makafood)

Nasi memiliki rasa yang cenderung tawar. Maka dari itu, jika kamu mendapati adanya perubahan rasa terhadap nasi yang mengganggu, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda bahwa nasi berubah menjadi basi.

Umumnya, nasi yang basi memiliki rasa asam. Sehingga, hal ini akan membuat sajian tersebut tidak boleh dikonsumsi lagi karena berisiko untuk kesehatan. Di sisi lain, nasi yang berubah rasa juga bisa disisipi oleh bakteri ataupun jamur yang tumbuh di dalamnya. Hal itu menciptakan reaksi pembusukan dan mengubah rasa nasi sehingga menjadi asam dan tidak lazim.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya