TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pilihan Sambal Lezat untuk Gorengan Cireng, Kamu Pernah Coba?  

Tiap sambal punya sensasi rasa berbeda

cireng dan sambal pendamping (pexels.com/Andri Sutisna)

Gorengan satu ini dikenal karena teksturnya yang garing di luar dan kenyal di dalam, apalagi kalau bukan cireng. Makanan yang selalu jadi pilihan untuk teman bersantai hingga nongkrong.

Berkat teksturnya yang garing dan kenyal itu, gorengan cireng lebih pas dipasangkan dengan sambal khusus, agar menambah kelezatannya. Lima sambal di bawah ini bisa kamu pasangkan dengan gorengan cireng, lho!

1. Sambal bumbu rujak untuk rasa nano-nano

ilustrasi sambal bumbu rujak (pixabay.com/Yulyasha)

Cireng punya rasa gurih, oleh karena itu sambal pendampingnya bisa dibuat lebih maknyus dengan rasa nano-nano. Sambal bumbu rujak merupakan referensi pendamping andalan yang memikat. Di dalam saus ini akan ada nuansa pedas, asam, dan manis.

Bumbu utama pembuatan sambal bumbu rujak terdiri dari cabai rawit, asam jawa, gula merah, penyedap, sampai air. Beberapa orang juga sering memasukkan terasi hingga bawang putih untuk meningkatkan rasa sambal bumbu rujak. Kombinasi yang menarik untuk camilan santai di rumah.

2. Sambal kencur untuk sensasi pedas berempah

ilustrasi sambal kencur (pixabay.com)

Untuk menikmati cireng supaya lebih sedap, berempah, dan pedas, kamu bisa menyajikan gorengan ini bersama sambal kencur. Tipe sambal ini cenderung harum dan kasar, tapi tetap enak dimakan bersama cireng yang baru matang.

Pembuatan sambal kencur mengandalkan bahan-bahan dari kencur segar atau bubuk, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, gula, dan garam. Bahan juga tak harus dimasak untuk memberi kesegaran maksimal dan sensasi pedas menyengat yang memikat.

Baca Juga: Resep Cireng Isi Telur Pedas, Camilan Nikmat untuk Kumpul Keluarga

3. Sambal kecap untuk rasa pedas manis

sambal kecap (pixabay.com/Dow)

Selain digunakan dalam melengkapi ikan bakar, sambal kecap juga dapat dipakai untuk mendampingi gorengan cireng. Rasa yang dihadirkan lebih menonjol pada sensasi manis dan pedas. Cocok untuk menambah pengalaman kuliner yang lebih berwarna.

Pembuatan sambal kecap juga sangat beragam resepnya. Bisa terdiri dari kecap manis, rawit potong, dan penyedap rasa. Kalau ingin menambah irisan bawang, air, sampai cabai bubuk juga diperbolehkan supaya pedasnya meningkat dan sambal lebih aromatik.

4. Sambal kacang untuk rasa nutty dan gurih

ilustrasi sambal kacang (pixabay.com/Biraj Kumar)

Seperti diketahui, sambal kacang adalah bahan pelengkap aneka makanan dan gorengan favorit. Sajian ini memiliki rasa nutty, gurih, manis, dan pedas yang lebih legit. Kekentalan sambal dapat diatur sesuai selera agar sensasinya pas.

Pembuatan sambal kacang melibatkan pemakaian kacang tanah, cabai merah, cabai rawit, gula jawa, asam jawa, air, sampai penyedap. Namun, sebelum disajikan, sambal kacang perlu dimasak dulu untuk mendapatkan kedalaman rasa yang berkesan di lidah.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya