TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Petunjuk Membuat Mi Goreng Jadul yang Rasanya Ngangenin

Kesederhanaan bumbu membuat masakan lebih nikmat

ilustrasi mi goreng jadul (unsplash.com/R Eris Prayatama)

Di antara berbagai kuliner populer kekinian, beberapa masakan jadul masih sering diolah untuk mengingatkan tentang pengalaman kuliner masa dulu. Misalnya, olahan mi goreng.

Meskipun banyak varisi makanan terkini yang bermunculan, tapi mi goreng jadul masih diminati. Hal itu ditunjukan dari kemunculan mi goreng jadul yang tetap eksis dalam nasi kotak sampai menu pilihan warteg. Bumbunya simpel, tapi rasanya sangat mengesankan.

Biar kamu lebih puas menyantap makanan ini dari rumah, gak ada salahnya menyimak lima petunjuk membuat mi goreng jadul yang rasanya ngangenin berikut ini.

1. Gunakan mi telur berkualitas

ilustrasi mi mentah (pixabay.com/Markus Winkler)

Untuk menghasilkan masakan jadul yang nikmat, bukan berarti bahan yang dipakai bisa sembarangan. Makanan ini akan terasa memikat ketika menggunakan bahan yang tepat seperti mi telur berkualitas. Bentuknya bisa disesuaikan, bisa pipih atau bulat biasa.

Karakteristik dari mi telur ini cenderung lebih lembut dan kenyal dari beberapa produk sejenis. Tidak heran jika komponen tersebut cukup disukai untuk olahan tumis-tumisan, termasuk mi goreng jadul. Dalam sebungkus, porsinya juga lebih banyak dan bikin puas.

2. Pakai bumbu dasar minimalis

ilustrasi bumbu masak (pixabay.com/Tresia Hoban)

Salah satu cara memperoleh rasa mi goreng jadul yang enak juga terletak pada pemakaian bumbu dasar. Di kebanyakan masakan jadul Nusantara, bawang putih dan bawang merah memegang peranan penting dalam menciptakan rasa gurih, tapi masih ada sensasi manis memikat.

Kedua bahan tersebut menjadi sangat esensial dalam pembuatan mi goreng jadul, bisa dihaluskan dengan cobek maupun blender. Sementara jika ingin memberi rasa yang lebih pekat, kamu bisa tambahkan kemiri dan cabai. Dengan demikian, rasa bumbu mi goreng jadi lebih tajam, pedas, dan gurih.

Baca Juga: Resep Mi Goreng Sambal Geprek yang Super Pedas

3. Masukkan kecap manis sebagai perasa dan pewarna

ilustrasi kecap manis (freepik.com/jcomp)

Mi goreng jadul punya perpaduan rasa yang kompleks, yaitu manis dan gurih. Kombinasi tersebut berasal dari penambahan kecap manis sebagai salah satu komponen krusial dalam masakan Nusantara. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan seberapa pekat rasa dan warna yang ingin kamu dapat.

Sebenarnya, selain kecap manis beberapa orang juga sering memasukkan saus tiram untuk melengkapi sensasi manis dan gurih dari mi goreng ini. Semua itu dikembalikan pada preferensi pribadi supaya masakan tetap berkesan dan menggugah selera saat dinikmati.

4. Tambahkan macam-macam sayuran dan bakso agar makin ramai

ilustrasi sawi (pexels.com/Cats Coming)

Salah satu ciri khas mi goreng jadul di Indonesia yang cukup mencolok adalah penambahan isian melimpah dan variatif. Untuk menambah penampilan dan tekstur makanan, kamu bisa gunakan sayur-mayur segar sebagai isian ekstra.

Beberapa sayuran populer untuk teman isian mi goreng jadul adalah kol, sawi hijau, serta bawang goreng. Sementara untuk memberi rasa gurih, biasanya mi goreng akan dimasak bersama irisan bakso sapi untuk menyeimbangkan sensasi pada makanan tersebut.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya