TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Panduan Menggoreng Tahu Putih Sampai Berkulit

Goreng dengan sabar sampai kecokelatan

ilustrasi tahu putih goreng (pixabay.com/R I)

Di sekitar kita, ada beragam jenis tahu yang akrab diolah dengan cara digoreng, salah satunya tahu putih. Biar lebih enak dimakan, tahu putih perlu digoreng sampai permukaannya berkulit. Itu akan membuat tahu lebih solid dan tidak gampang hancur.

Kalau kamu sering berkutat di dapur, memasak bahan ini bisa sangat mudah. Namun, kalau orang-orang yang belum terbiasa, maka bisa menggoreng tahu putih sampai berkulit memakai panduan berikut ini.

1. Rendam tahu dengan bumbu andalan

ilustrasi tahu putih (pixabay.com/eatde)

Tahu putih yang sudah kamu bersihkan bisa direndam pakai bumbu andalan. Tujuannya supaya ada rasa gurih yang lebih kentara pada masakan. Kamu bisa gunakan bawang putih halus, ketumbar, atau sesimpel air dan sedikit garam saja.

Diamkan selama beberapa menit untuk memastikan bumbu meresap maksimal ke dalam tahu. Kalau tahu putih berukuran besar, maka bahan tersebut bisa dipotong 2-4 bagian supaya lebih gampang digoreng.

2. Siapkan wajan dan minyak yang cukup

ilustrasi minyak dalam wajan (vecteezy.com/Suretianto .)

Untuk menggoreng tahu putih sampai berkulit, perhatikan wajan yang digunakan. Diameternya jangan terlalu kecil karena bisa bikin proses memasak jadi lama. Pakai wajan ukuran sedang atau besar untuk proses memasak lebih optimal.

Kemudian masukkan sejumlah minyak ke dalam wajan. Biar hasilnya bagus dan berkulit dengan merata, sebaiknya jumlah minyak yang dimasukkan bisa merendam setidaknya sebagian tahu putih. Itu akan membuat proses penggorengan semakin maksimal karena tahu tidak perlu dibalik terlalu sering.

Baca Juga: 10 Macam Food Prep Berbahan Tahu Putih, Variasinya Banyak

3. Goreng tahu secukupnya saja

ilustrasi menggoreng bahan (pixabay.com/Nicolas Monasterio)

Biar tahu jadi lebih gampang diawasi dan dibolak-balik, per sekali memasak sebaiknya masukkan potongan tahu putih secukupnya saja. Jangan biarkan tahu digoreng terlalu penuh karena nantinya suhu minyak bisa turun.

Masukkan potongan tahu satu per satu di saat minyak sudah panas. Kalau dingin, nantinya tahu bisa menyerap minyak dan membuat penggorengannya jadi lebih lama. Bahkan kadangkala tahu malah menempel ke permukaan wajan yang belum panas sepenuhnya.

4. Gunakan api sedang selama menggoreng

ilustrasi kompor menyala (pexels.com/Mateusz Feliksik)

Selama menggoreng tahu putih ini, disarankan memasaknya menggunakan api sedang. Suhu tersebut akan membantu mematangkan tahu secara berkala tanpa khawatir matangnya terlalu lama. Cocok juga untuk potongan tahu putih yang agak tebal.

Selama proses penggorengan tahu putih ini, pastikan kamu mengawasi wajan masak dengan seksama. Hal itu untuk mencegah tahu goreng jadi gosong selama proses memasak berlangsung.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya