TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kunci Membuat Ayam Goreng Thailand yang Harum dan Gurih 

Sertakan bumbu marinasi selengkap mungkin!

ilustrasi ayam goreng Thailand (unsplash.com/Streets of Food)

Ayam goreng thailand menjadi salah satu masakan yang cukup digandrungi orang Indonesia. Sensasi harum dan gurih ayam goreng ini begitu berkesan, makanya banyak orang ingin menikmatinya terus-menerus.

Jika belum ada kesempatan untuk mengunjungi Thailand secara langsung, kamu bisa bikin dulu ayam goreng khas mereka dari rumah. Lima kunci pembuatan ayam goreng Thailand yang harum dan gurih pun bisa ditemukan di sini.

1. Gunakan potongan ayam sedang atau kecil

ilustrasi paha ayam (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Memakai potongan ayam yang pas bisa membuat hidangan ini jadi semakin berasa di lidah. Oleh sebab itu, dianjurkan menggunakan potongan ayam sedang atau kecil sebagai bahan utama. Bisa berupa bagian dada, paha, sayap, dan lain-lain.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa sayat atau tusuk-tusuk permukaan daging ayam. Fungsinya supaya bumbu marinasi benar-benar meresap dan menghasilkan ayam goreng yang gurih sampai ke dalam. Lakukan dengan hati-hati biar daging tidak hancur atau terpotong.

2. Hadirkan bumbu marinasi selengkap mungkin

marinasi ayam (freepik.com/timolina)

Bumbu marinasi pada olahan ayam goreng Thailand berbeda dengan masakan sejenis. Jadi sebisa mungkin hadirkan bumbu marinasi yang dipakai selengkap mungkin. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan sensasi ayam goreng yang nikmat sampai ke tulang.

Umumnya, bumbu marinasi ayam goreng Thailand tidak jauh dari fish sauce, soy sauce, bawang putih segar, batang ketumbar, penyedap rasa, air, bahkan terkadang ada yang memasukan saus tiram. Kombinasi ini akan memberikan sensasi harum dan gurih yang memikat pada ayam goreng, lho.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Serai yang Gurih dan Sedap, Masaknya Mudah

3. Marinasi daging ayam semalaman untuk hasil optimal

ilustrasi daging ayam (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Daging ayam yang sudah dilumuri bumbu marinasi sebaiknya didiamkan dengan waktu yang pas. Jangan terlalu sebentar karena nantinya rasa ayam kurang nendang. Baiknya simpan setidaknya 3 jam supaya bumbu meresap sempurna dan hasilnya nikmat sampai ke dalam.

Kalau punya waktu lebih, potongan ayam yang sudah direndam bumbu marinasi bisa didiamkan semalaman. Langkah ini akan membuat sajian jadi terasa semakin nikmat dan harumnya lebih semerbak. Jangan lupa simpan di tempat aman supaya ayam tidak terkontaminasi, ya!

4. Gunakan tepung beras sebagai pelapis crispy

ilustrasi tepung beras dalam jar (pixabay.com/Karolina Grabowska)

Ayam goreng Thailand punya lapisan yang crispy dan garing. Hal itu dikarenakan pemakaian tepung beras sebagai bahan pelapisnya. Dengan demikian, lapisan ayam goreng gak bakal cepat lembek dalam waktu dekat.

Meski begitu, sekarang banyak kok modifikasi bahan yang digunakan untuk mendapatkan lapisan ayam sesuai selera. Kamu bisa gunakan campuran tepung tempura, tepung serbaguna, atau racikan sendiri. Menyertakan tepung beras sebagai tambahan akan mempertahankan kegaringan ayam supaya tahan lama.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya