TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi Olahan Krim Berbahan Kuning Telur, Lebih Creamy dan Rich

Olahan ini bisa berupa saus kental hingga cream filling

ilustrasi krim (freepik.com/atlascompany)

Kuning telur bukan cuma cocok dimasak menjadi makanan utama. Sebab bahan tersebut rupanya bisa dibuat menjadi aneka macam krim yang memiliki sensasi rasa variatif sekaligus bertekstur creamy.

Macam-macam krim tersebut terdiri dari saus pendamping hingga bahan isian untuk ragam makanan populer. Terdapat lima macam kreasi krim berbahan kuning telur yang bisa kamu buat, seperti lima kreasi berikut ini.

1. Lemon curd 

ilustrasi lemon curd (freepik.com/atlascompany)

Lemon curd sering disebut sebagai selai serbaguna yang bisa digunakan untuk melengkapi macam-macam makanan. Sensasi rasa krim ini cenderung asam, manis, dan memiliki tekstur kental.

Bahan utama pembuatan lemon curd terdiri dari kuning telur yang dicampur gula pasir, air lemon, mentega, dan lemon zest. Bahan-bahan tersebut akan menghasilkan aroma citrus yang cukup pekat dalam selai.

Penggunaan lemon curd sendiri cocok untuk ditambahkan dalam hidangan kekinian supaya terasa lebih segar. Mulai dari selai roti, dessert kekinian, es krim, hingga isian cookies.

Baca Juga: 5 Macam Krim dari Kacang Almon yang Punya Umur Simpan Lama

2. Custard cream 

ilustrasi custard cream (unsplash.com/yang louie)

Custard sering digunakan sebagai krim isian untuk macam-macam olahan pastry. Tekstur makanan ini cenderung kental dan mudah lumer di mulut. Sementara rasanya lebih rich daripada krim biasa.

Sudah bukan rahasia kalau pengolahan custard memerlukan banyak kuning telur untuk mendapatkan warna dan tekstur yang sempurna. Lalu ada bahan dari susu, maizena, mentega, gula, dan ekstrak vanila.

Bahan-bahan tersebut akan dimasak sampai kekentalannya berubah sesuai keinginan. Setelah itu, kamu dapat menikmati custard sebagai isian untuk pai, Danish pastry, bahkan aneka roti yang populer.

3. Egg yolk mayo 

ilustrasi mayones (freepik.com/user3802032)

Jika kamu suka membuat mayones sendiri di rumah, menambahkan kuning telur sebagai bahan utama akan memberikan saus yang lebih creamy dan kaya rasa. Saus juga akan memiliki warna yang lebih kekuningan saat disajikan.

Bahan-bahan pembuatan mayones ini terdiri dari moster, kuning telur, air lemon, cuka, gula, lada, garam sebagai perasa, dan lain-lain. Kekentalan yang didapat pun bisa disesuaikan dengan mayones favoritmu.

Bila saus sudah siap, mayo kuning telur ini dapat digunakan sebagai cocolan untuk aneka gorengan. Bahkan bisa dijadikan perasa tambahan untuk makanan utama, seperti salad.

4. Salted egg yolk filling 

ilustrasi roti kukus (pexels.com/Angela Roma)

Krim lainnya yang bisa dibuat menggunakan bahan baku kuning telur adalah salted egg yolk filling. Isian yang terkenal punya sensasi rasa manis dan asin, disertai tekstur kental nan creamy.

Tekstur dan rasa tersebut didapatkan dari penggunaan kuning telur, susu bubuk, susu cair, bubuk custard, maizena, serta mentega. Makanya rasa dari krim ini pun cenderung unik saat dicicipi.

Penggunaan salted egg yolk filling ini paling cocok digunakan sebagai isian roti. Apalagi jika kamu adalah penggemar olahan bao alias roti kukus yang super empuk.

Baca Juga: 5 Hidangan dari Crema Catalana, Dessert Kuning Telur ala Spanyol

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya