TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi Ikan Bumbu Tomat yang Pas untuk Dinikmati Bareng Nasi

Ide lauk makan praktis nan kaya bumbu, nih!

ilustrasi olahan ikan bumbu tomat (pixabay.com/Bilal Madre)

Bumbu tomat menjadikan aneka masakan terasa begitu umami dan menyegarkan. Keberadaan bahan ini akan menyulap lauk makan yang umum jadi semakin enak, terutama di saat sedang bingung hendak masak apa sebagai penuntas lapar.

Teman dari bumbu tomat yang kali ini bisa kamu masak adalah ikan. Gak harus mahal, sebab ada lima pilihan ikan bumbu tomat yang dapat kamu olah sendiri dengan harga yang masih terjangkau. Yuk simak!

1. Pindang bumbu tomat

ilustrasi pindang bumbu tomat (pixabay.com/jida_2555)

Pindang menjadi salah satu ikan yang meskipun cuma digoreng, tetapi rasanya sangat gurih dan lembut untuk dijadikan lauk makan. Namun biar gak kering, tak ada salahnya menambahkan bumbu tomat sebagai penyempurna rasa.

Bahan-bahan untuk bumbu yang mesti dipersiapkan tidak jauh dari tomat, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Haluskan komponen itu lalu tumis sampai harum. Setelah itu masukkan pindang yang telah digoreng dan koreksi rasa.

Baca Juga: 10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?

2. Mujair sambal tomat

ilustrasi mujair sambal tomat (pixabay.com/4547)

Bila kamu suka mengolah ikan segar menjadi santapan penuh bumbu, maka pilihan kedua bisa dijatuhkan pada mujair. Salah satu ikan dengan daging lembut namun durinya perlu diwaspadai agar tidak melukai saat makan.

Hidangan ini perlu digoreng untuk membuat bagian dalam daging terasa lebih lumer di mulut. Kemudian perasanya didapatkan dari sambal tomat yang dicampur dengan penyedap. Jadi kombinasinya benar-benar menggoda.

3. Ikan krispi tomat

ilustrasi ikan krispi tomat (pixabay.com/Sharon Ang)

Santapan selanjutnya agak terkesan kekinian, namun tidak kalah juara dibandingkan dengan aneka masakan-masakan sebelumnya. Ini karena daging ikan akan dibuat menjadi crispy pakai tepung serbaguna.

Jenis ikan yang digunakan bisa apa saja, tergantung selera. Kemudian masak bumbunya yang terdiri dari aneka bawang termasuk bombai, jahe, cabai, tomat blender, potongan tomat segar, dan penyedap. Tambahkan ikan goreng dan aduk sampai rata.

4. Ikan kembung bumbu tomat

ilustrasi ikan kembung tomat (Yummy/Dapur Mama Hanum)

Gak kalah nikmat dan populer, ikan kembung juga bisa disulap menjadi sangat sedap dengan tambahan bumbu tomat yang begitu menggugah selera. Warnanya yang cantik, bikin siapa pun tergugah untuk menyantap lauk ini bersama nasi hangat.

Seperti yang lain, ikan perlu digoreng terpisah sebelum dicampur bersama tumisan bumbu. Sedangkan bahan yang diperlukan dalam membuat bumbu tomat adalah bawang-bawangan, jahe, cabai, dan tentunya irisan tomat segar yang bikin masakan jadi enak.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Lauk Berbahan Ikan Lele, Bikin Nambah Nafsu Makan

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya