TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengukus Makanan Pakai Rice Cooker, Serbaguna dan Sat-Set!

Cocok untuk anak kos yang gak punya kompor

ilustrasi makanan dalam kukusan rice cooker (pixabay.com/JUNO KWON)

Setiap membeli rice cooker, kamu pasti akan mendapat saringan khusus. Benda ini dapat dimanfaatkan untuk mengukus aneka makanan dalam penanak nasi ini agar lebih praktis dan memudahkan. Khususnya bagi mereka yang tak memiliki kompor konvensional.

Namun, beberapa orang ragu menggunakan rice cooker sebagai pengukus, karena belum terbiasa atau tak memahami pemakaiannya. Kamu bisa pratikan lima cara mengukus makanan pakai rice cooker berikut ini, supaya masak semakin mudah dan sat-set.

1. Masukkan sejumlah air dan biarkan mendidih

ilustrasi air mengalir (pixabay.com/Rudy and Peter Skitterians)

Sama seperti proses mengukus pakai panci masak biasa, rice cooker juga harus diisi sejumlah air sebelum dipakai memasak. Tak ada yang khusus dari tahap ini karena kamu bisa gunakan air mentah untuk dimasukkan ke dalam inner pot.

Berikutnya, nyalakan rice cooker dan tekan mode cook. Biarkan sampai air di dalam rice cooker mendidih sebelum memasukkan bahan. Waktunya pun berbeda-beda, tergantung jumlah air dalam wadah serta model rice cooker yang kamu miliki.

2. Olesi saringan pakai minyak agar tak lengket

ilustrasi semangkuk minyak (pixabay.com/Ronny Hvass)

Kalau kamu menggunakan saringan bawaan tanpa dialasi oleh wadah apapun lagi, maka benda itu bisa diolesi minyak agar tak membuat makanan jadi lengket. Ini dilakukan karena beberapa bahan cukup sensitif. Bisa rusak ataupun menempel jika tak diberi minyak.

Minyak dapat diolesi secukupnya saja supaya makanan yang hendak dikukus tidak oily atau terlalu berminyak. Selain itu, pastikan minyak yang dipakai sebagai olesan baru dan bersih. Ini agar tidak mengubah rasa maupun aroma makanan yang akan kamu kukus di dalamnya.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Bolu Pisang Pakai Rice Cooker

3. Pastikan air tidak menyentuh bagian bawah saringan

ilustrasi air dalam wadah (freepik.com/freepik)

Untuk menjaga supaya proses pengukusan lebih optimal, jaga jumlah air agar tidak sampai menyentuh tepat bagian bawah saringan. Sebab, hal itu bisa membuat makanan di atasnya jadi basah. Lama kelamaan hidangan yang dimasak berpotensi bantat atau lembek.

Untuk itu, usahakan kamu mengukur air dengan tepat dan tidak berlebihan supaya hal itu tidak terjadi. Proses memasak pun akan semakin mudah dan efisien. Pasalnya, kalau makanan basah atau bantat, nantinya hidangan jadi kurang nikmat saat disantap.

4. Cek makanan secara berkala

ilustrasi kue dalam cetakan (pexels.com/saeed basseri)

Setiap bahan masak yang kamu kukus pakai rice cooker punya waktu berbeda-beda untuk matang. Oleh karena itu, mengecek makanan secara berkala menjadi cara memastikan agar makanan tidak overcooked. Sebab, makanan yang terlalu matang kadang kurang enak.

Contoh makanan yang dapat dimasak pakai alat ini bisa berupa kue, umbi-umbian, dimsum, pepes, dan makanan lain. Lama memasak setiap bahan dapat berbeda dari pengukusan biasa, bisa lebih lama atau sebentar. Jadi, kamu dapat mengecek beberapa menit sekali dengan tes tusuk atau icip hidangan supaya matangnya pas.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya