TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan Simpel untuk Racikan Kuah Bakso yang Lebih Segar

Bahan asam patut ditambahkan ke dalam mangkuk bakso!

ilustrasi semangkuk bakso (pexels.com/Baarast Project)

Makan bakso sebagai hidangan utama itu bisa bikin perut kenyang dan puas kalau diracik dengan bahan-bahan yang bikin segar. Gak bisa dimungkiri kalau bakso dengan macam-macam bahan tambahannya sangat diminati untuk membuat bikin pening kepala hilang.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa bahan simpel untuk racikan kuah bakso yang lebih segar. Bakso jadi lebih nikmat dan bebas enek, deh!

1. Tambahkan sambal untuk rasa pedas menyegarkan

ilustrasi sambal dalam wadah (pixabay.com/didier)

Biasanya di dalam semangkuk bakso sudah ada saus yang bikin kuah bakso lebih kental. Namun, untuk sekaligus meningkatkan rasa segar pada bakso, kamu bisa tambahkan sambal pedas. Bahan ini akan memberikan sensasi segar dan menyengat di lidah.

Jenis sambal yang dipakai dalam bakso pun beragam. Namun, biasanya yang lebih segar cenderung agak encer. Kamu pun bisa icip dulu sambal yang digunakan untuk mengetahui tingkat rasa pedas dan segarnya bahan tambahan tersebut.

2. Masukkan cuka jika ingin lebih segar dan kecut

ilustrasi cuka dalam mangkuk (pixabay.com/NatureFriend)

Cuka adalah bahan asam yang biasa dimasukkan dalam semangkuk bakso untuk menambah rasa segar. Bahan ini hanya perlu dimasukkan secukupnya supaya bisa mendulang rasa sambal dan saus di dalam bakso biar makin refreshing.

Penggunaan cuka sebaiknya dimasukkan sedikit demi sedikit dulu supaya kamu bisa mengukur tingkat keasaman yang pas. Jangan dimasukkan terlalu banyak di awal karena gak semua orang cocok dengan asamnya cuka dalam bakso.

Baca Juga: Resep Kuah Bakso Sapi Spesial Enak dan Gurih, Awas Bikin Nagih!

3. Beri air jeruk nipis biar makin segar

ilustrasi jeruk nipis (pixabay.com/Régis OBYDOL)

Selain cuka, kamu bisa gunakan air jeruk nipis untuk menambah kesegaran kuah bakso. Bahan ini biasa ditambahkan sesaat sebelum bakso disantap supaya enak tapi tidak pahit. Jumlahnya juga bisa diatur sesuai rasa asam yang ingin didapatkan.

Di sisi lain, pemakaian jeruk nipis ini biasanya dipilih apabila tidak ada cuka sebagai bahan tambahan kuah bakso. Jadi, kamu bisa pilih antara cuka sampai air jeruk nipis sebagai bahan tambahan untuk racikan kuah bakso yang lebih segar dan nikmat.

4. Masukkan sayuran segar

ilustrasi taoge (pixabay.com/M. H.)

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesegaran kuah bakso biar makin nikmat adalah dengan memasukkan sayur mayur. Bahan ini akan membantu melonggarkan rasa kuah biar lebih enak dan ringan, tidak terlalu enek.

Beberapa sayuran andalan untuk isian kuah bakso tidak jauh dari sawi sampai taoge. Keberadaan bahan-bahan ini sukses menambah rasa berwarna pada seporsi bakso supaya makin nikmat dan bebas enek. Masak secukupnya supaya tekstur sayur tetap crunchy.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya