TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Sepele Kenapa Bumbu Marinasi Ayam Tidak Meresap  

Dimarinasi terlalu sebentar mempengaruhi rasanya

ilustrasi marinasi daging ayam (pixabay.com/ivabalk)

Teknik marinasi menjadi salah satu cara meningkatkan rasa daging ayam supaya lebih berbumbu. Namun, pada kenyataannya proses ini kerap menghadapi kendala hingga tak jarang rasa ayam tetap monoton karena bumbu marinasi tidak meresap.

Lalu kenapa hal ini bisa terjadi? Rupanya di antara ragam penyebab bumbu tidak meresap, ada yang berasal dari alasan sepele. Hal-hal tersebut telah dirangkum lewat lima alasan bumbu ayam marinasi tak meresap di bawah ini.

1. Waktu marinasi yang terlalu sebentar

ilustrasi marinasi ayam (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Waktu marinasi memegang kunci seberapa meresap bumbu ke dalam ayam. Kalau kamu cuma mendiamkan bahan masak dalam hitungan menit, maka hanya bagian luar yang terlumuri bumbu. Bukan mustahil kalau tak ada yang berubah dari rasa daging ayam.

Oleh karena itu, kamu perlu memarinasi ayam sesuai anjuran resep. Patokan waktu lainnya adalah dengan mendiamkan ayam setidaknya 2 ja  atau semakin tebal ayam maka semakin lama proses marinasi berjalan. Hal ini akan membantu bumbu marinasi meresap.

2. Potongan ayam terlalu tebal dan besar

ilustrasi ayam potong (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Potongan ayam yang terlalu tebal dan besar juga bisa menghambat penyerapan bumbu marinasi. Belum lagi kalau ayam hanya dimarinasi sebentar, maka rasa makanan tidak akan berubah signifikan. Untuk itu, kamu perlu perhatikan potongan ayam yang digunakan.

Daripada membuat potongan ayam terlalu tebal dan besar untuk dimarinasi, kamu bisa bagi lagi bahan menjadi beberapa potongan sedang atau kecil. Cara ini lebih efisien dan optimal untuk membuat bumbu terserap ke dalam ayam.

Baca Juga: 8 Waktu Terbaik untuk Marinasi Makanan, biar Makin Lezat!

3. Takaran bumbu marinasi tidak seimbang

ilustrasi marinasi ayam (pixabay.com/Spencer Wing)

Tidak menakar bumbu marinasi dengan imbang juga bisa membuat ayam tak punya rasa spesial. Sebab perbedaan rasio ini hanya akan menimbulkan rasa tidak merata dan membuat masakan kurang maksimal. Oleh karenanya, kamu harus menakar bumbu marinasi dengan baik.

Takaran ini berlaku dalam pembuatan bumbu yang terdiri dari beberapa komponen. Jangan pelit menggunakan penyedap rasa, bahan asam, sampai lemak. Sebab komposisi yang imbang akan menjadikan ayam marinasi makin enak karena mampu meresap ke dalam.

Lalu seimbangkan juga bumbu dengan jumlah ayam yang akan dimarinasi. Jangan sampai bumbu terlalu sedikit dan bikin ayam tidak terlumuri secara maksimal. Itu akan membuat rasa ayam tidak banyak berubah.

4. Pemilihan wadah yang keliru

ilustrasi proses marinasi (pexels.com/Los Muertos Crew)

Permasalahan marinasi juga bisa disebabkan karena pemilihan wadah yang keliru. Kalau kamu menyiapkan ayam dalam jumlah sedang dan sedikit dan menempatkannya di wadah terlalu besar, penyerapan bumbu jadi kurang maksimal. Sebab wadah yang terlalu besar akan membuat bumbu menyebar kemana-mana, tak menyentuh ayam secara merata.

Solusinya, pastikan kamu menggunakan wadah marinasi sesuai jumlah ayam yang hendak diolah. Pastikan bumbu melumuri semua bagian ayam biar meresap optimal. Selain itu, jaga agar wadah selalu dalam keadaan bersih dan kering sebelum dipakai untuk meminimalisir kontaminasi.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya