TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Membuat Kulit Bolen Renyah dan Berlapis, meski Tanpa Korsvet

Bisa bikin sendiri untuk pengganti korsvet

ilustrasi bolen aneka rasa (vecteezy.com/amin-nix)

Apakah kamu termasuk penggemar bolen pisang? Pastry khas Bandung ini memang cocok untuk teman minum teh maupun oleh-oleh. Kulitnya berlapis dan renyah, sedangkan isiannya yang berupa pisang, keju, atau cokelat lembut.

Bagi kamu yang pengin menikmati bolen, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau masih bingung bagaimana cara membuatnya, cara membuat kulit bolen renyah dan berlapis di bawah ini dapat menjadi panduan memasak untukmu. Simak sampai habis, ya!

1. Gunakan tepung terigu protein tinggi

Ilustrasi tepung terigu (pixabay.com/Hans)

Kulit bolen menjadi bagian penting yang akan menentukan teksturnya saat disantap. Sebelum mulai membuat adonan, pastikan kamu menggunakan bahan yang tepat. Termasuk penggunaan tepung terigu yang merupakan bahan utama kulit bolen.

Gunakan tepung terigu protein tinggi yang ideal untuk membuat aneka jenis pastry. Sebab, jenis tepung ini akan menghasilkan adonan yang kuat, elastis, dan mengembang dengan baik. Kandungan glutennya yang tinggi membuat adonan tidak mudah robek saat digilas dan dilipat berulang.

2. Campur terigu dan margarin, jika tanpa korsvet

ilustrasi membuat adonan tanpa korsvet (freepik.com/peoplecreations)

Ada beberapa cara untuk membuat kulit bolen renyah dan berlapis. Kamu dapat membuat semua adonannya sendiri secara terpisah dengan lapisan dan bahan berbeda. Biasanya dipisahkan menjadi adonan A yang berupa campuran tepung terigu, margarin atau mentega, dan gula halus, sedangkan adonan B berupa tepung terigu dan margarin.

Adonan A merupakan lapisan kulit pertama yang lebih banyak dan cenderung lebih tebal. Gunakan tepung terigu dan margarin dengan rasio 2,5–3:1, artinya 2,5–3 bagian tepung terigu protein tinggi atau protein sedang menggunakan 1 bagian margarin. Kamu juga dapat menggunakan margarin yang dicampur dengan mentega. 

Selain tepung dan margarin, tambahkan gula halus, garam, dan air. Kemudian, campur dan uleni hingga tidak lengket lagi. Gak perlu kalis, karena nantinya akan digilas bersama lapisan adonan B.

Adonan B, pengganti korsvet atau lemak yang akan membuat pastry berlapis. Adonan ini terbuat dari tepung terigu dan margarin, kamu juga bisa menambahkan minyak sebagai sumber lemak. Rasionya 1,5 bagian tepung terigu menggunakan 1 bagian margarin.

Sebagai pengganti korsvet, tidak perlu menambahkan air. Cukup campur dan uleni adonan tepung terigu dan sumber lemak tersebut hingga setengah kalis. Setelah itu, bentuk menjadi bulatan dan istirahatkan adonan.

3. Tambahkan korsvet untuk membuat kulit berlapis

ilustrasi potongan korsvet (pexels.com/felicity-tai)

Buat kamu yang gak mau ribet membuat dua jenis adonan seperti sebelumnya, maka gunakan korsvet. Korsvet merupakan lemak pastry yang menghasilkan adonan berlapis. Sepintas tampak seperti mentega, tetapi mengandung hampir 100 persen lemak yang diperkeras. 

Cara ini membuat bolen jadi lebih praktis, karena kamu cukup membungkus korsvet yang telah dipotong dengan kulit terluar bolen. Setelah itu, lipat dan gilas secara berulang, cukup 2-3 kali. Hal ini akan menghasilkan kulit bolen yang berlapis.

Penggunaan korsvet dapat membuat bolen lebih berminyak setelah dipanggang, karena kandungan lemaknya yang tinggi dan mencair saat terkena suhu tinggi. Alhasil, lapisan kulit bolen jadi lebih tipis dan mengembang maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Bolen Pisang agar Tambah Awet

4. Lipat dan gilas secara berulang

ilustrasi adonan yang dilipat menyerupai amplop (commons.m.wikimedia.org/Roozitaa)

Mau menggunakan adonan yang berbeda maupun korsvet, kamu tetap harus melalui proses melipat dan menggilas untuk membuat kulit bolen. Jika tanpa korsvet, kamu dapat membuat masing-masing adonan A dan B menjadi tiga bagian atau lebih.

Sedangkan, dengan menggunakan korsvet, bagi adonan kulit menjadi bagian lebih kecil untuk sepotong bolen. Setelah semua adonan diistirahatkan, ambil satu bagian adonan A.

Gilas hingga ketebalannya sekitar 1 cm. Letakkan adonan B di atasnya, pipihkan lagi hingga keduanya cukup tipis dan menempel.

Lipat setiap sisinya ke bagian dalam, seperti melipat amplop tutup. Lakukan sambil sedikit ditekan, lalu gilas lagi secara perlahan di setiap sisinya. Usahakan adonan hingga pipih dan tidak robek.

Lipat kembali dengan bentuk menyerupai persegi panjang, setelah itu gilas lagi. Kamu masih perlu melipat dan menggilasnya sekali lagi, hingga berbentuk persegi panjang dengan ketebalannya sekitar ½ cm. Potong satu adonan tersebut menjadi enam bagian.

Demikian pula jika kamu menggunakan korsvet, ambil adonan kulit bolen yang telah diistirahatkan. Tambahkan potongan korsvet di bagian tengahnya, lalu tutup. Setelah itu, gilas hingga cukup pipih, lipat 2–3 kali dan gilas kembali. Kemudian, gulung dan istirahatkan.

Kamu bisa menggunakan 3–4 gram korsvet untuk 20 gram adonan. Proses potong timbang dilakukan sebelum adonan digilas.

5. Puff pastry instan bisa jadi pilihan praktis

ilustrasi puff pastry instan (commons.m.wikimedia.org/Popo_le_Chien)

Kamu juga bisa membuat bolen dari puff pastry instan yang banyak dijumpai di pasaran. Satu lembar puff pastry instan dapat dibagi menjadi 6 bagian. Meski praktis, kamu tetap harus menggilasnya, agar lebih lebar dan agak tipis. 

Bedanya, kamu gak perlu menggilas dan melipat berulang kali. Cukup sekali menggilas puff pastry instan, terutama bagian tepinya yang bisa lebih tipis. Kemudian, berikan isian dan lipat setiap sisi tepinya ke bagian dalam.

6. Panggang menggunakan suhu tinggi

ilustrasi mengatur suhu oven (freepik.com/fabrikasimf)

Setelah kulit bolu selesai dilipat dan digilas berulang, saatnya memberi isian. Kamu perlu menggilasnya sekali lagi, kemudian beri isian sesuai dengan selera. Setelah itu, lipat setiap sisinya ke bagian dalam. Lalukan langkah ini hingga semua adonan habis.

Olesi bagian atas kulit bolen dengan telur kuning. Kamu juga bisa memberi tambahan topping supaya lebih menarik. Selain itu, sebagai pertanda isian bolen, misalnya menggunakan parutan keju atau meses.

Kamu bisa mengisi kulit bolen sambil menunggu oven panas. Langkah penting sebelum menggunakan oven untuk memanggang. Setelah oven cukup panas, panggang bolen pada suhu sekitar 180–200 derajat Celsius selama 30 menit.

Kulit bolen dapat dibuat sendiri tanpa menggunakan korsvet. Cara ini memang cukup ribet, tetapi dapat membuat bolen tidak berminyak dan lapisannya bisa sesuai selera. Kalau mau lebih praktis, bisa menggunakan korsvet dan puff pastry instan. Hasilnya renyah dan berlapis!

Baca Juga: Resep Bolen 6 Bahan untuk Arisan dan Tasyakuran

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya