TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Memasak Ketan Hitam agar Cepat Empuk

Bisa empuk tanpa direndam dulu

ilustrasi beras ketan hitam (vecteezy.com/ast007392369)

Intinya Sih...

  • Ketan hitam menjadi bahan hidangan manis, tapi memasaknya membutuhkan waktu lama.
  • Rendam ketan hitam selama 1 jam hingga semalaman untuk tekstur yang lembab dan pulen.
  • Masak dengan cara direbus, dikukus, atau metode 5-30-7 untuk mempersingkat waktu memasak.

Ketan hitam menjadi salah satu bahan untuk membuat berbagai hidangan manis, seperti bubur maupun aneka kue. Saat sudah matang sempurna, teksturnya menjadi empuk dan lembut. Namun, memasak ketan hitam bisa membutuhkan waktu berjam-jam untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Kamu gak perlu khawatir, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mempersingkat waktu memasak ketan hitam. Di bawah ini, ada cara memasak ketan hitam supaya cepat empuk. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu, apakah ingin menjadikannya bubur atau kue. 

1. Rendam terlebih dahulu

ilustrasi ketan hitam (pixabay.com/gaophuongnam)

Sebelum mulai memasak, ketan hitam sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu. Cuci dan bilas airnya sekitar tiga kali. Kemudian, rendam ketan hitam selama 1 jam hingga semalaman.

Beras ketan hitam yang telah direndam akan lebih lembab, pulen, dan legit saat sudah matang. Semakin lama durasi perendaman, maka akan menghasilkan ketan hitam yang lebih lengket. Jadi, kamu perlu menyesuaikan durasi perendaman dengan hidangan yang diinginkan.

Jika ingin membuat bubur ketan hitam, kamu bisa merendamnya semalaman. Namun, jika ingin membuat ketan hitam kelapa atau bahan kue tradisional, rendam hanya beberapa jam.

2. Masukkan saat air mendidih

ilustrasi merebus air hingga mendidih (pexels.com/shvetsa)

Sambil menunggu air mendidih, kamu dapat meniriskan beras ketan hitam yang telah direndam sebelumnya. Setelah air mendidih, baru masukkan beras ketan hitam yang telah ditiriskan. Tambahkan daun pandan dan sejumput garam, supaya aromanya harum, serta rasanya gurih.

Saat merebus ketan hitam, pastikan takaran airnya sudah sesuai, terutama kalau menginginkan tekstur yang pulen. Rasio perbandingannya 2 gelas beras ketan hitam membutuhkan air sebanyak 3,5 gelas. Jika ingin membuat bubur ketan hitam, tambahkan air rebusan lebih banyak lagi.

3. Kukus ketan hitam dan rendam dengan air panas

ilustrasi memasak dengan cara dikukus (pixabay.com/scratsmacker)

Cara memasak ketan hitam untuk bubur dan kue basah tentu berbeda. Kalau kamu ingin membuat ketan hitam yang pulen dan disajikan dengan kelapa parut maupun digoreng, maka masak dengan cara dikukus.

Sebaiknya panaskan air kukusan dan beri alas di atas saringan pengukus, supaya ketan hitam tidak lengket dan mudah alas dibersihkan. Setelah air kukusan cukup panas, kukus ketan hitam selama 20 menit.

Setelah itu, matikan kompor dan pindahkan ke wadah tahan panas, lalu rendam dengan air kukusan tadi selama 30 menit. Kukus kembali ketan hitam selama 15 menit hingga matang.

Baca Juga: 5 Cara Masak Beras Ketan dengan Rice Cooker, Jadi Lebih Mudah

4. Masak menggunakan api kecil atau sedang

ilustrasi api yang digunakan untuk memasak ketan hitam (pexels.com/magda-ehlers-pexels)

Meski menginginkan ketan hitam cepat empuk, tapi hindari menggunakan api besar saat memasak. Kamu dapat menggunakan api sedang, ketika memasak ketan hitam dengan cara direbus. Jika memasak ketan hitam dengan cara dikukus, gunakan api kecil, supaya tidak mudah gosong.

Ketan hitam yang gosong tersebut bukan berarti kelewat matang, tetapi justru masih keras. Api yang cenderung besar juga dapat membuat air lebih cepat menguap, sedangkan ketan hitam belum empuk. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya