TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Marinasi Ayam untuk Anak Kos, Bisa Tanpa Kulkas

Cukup marinasi selama 30 menit

ilustrasi marinasi ayam untuk anak kos (commons.wikimedia.org/Amin)

Intinya Sih...

  • Masak sendiri untuk hemat dan porsi lebih banyak adalah cara anak kos menghemat pengeluaran.
  • Pilih daging ayam segar dan potong kecil-kecil untuk memudahkan proses marinasi.
  • Bumbu marinasi bisa berupa kering atau basah, lalu diamkan selama 30 menit.

Sebagai anak kos yang harus bijak dalam mengeluarkan anggaran, memasak sendiri menjadi salah satu solusi berhemat. Selain itu, porsinya jadi lebih banyak yang bisa disantap bareng teman satu kosan.

Memasak tak selalu sulit dan ribet. Banyak cooking hacks yang bisa dilakukan anak kos. Termasuk dalam memasak ayam seenak restoran. Salah satu kunci kelezatan olahan ayam adalah marinasi. 

Sebelum mengolah ayam menjadi suatu menu, kamu bisa memarinasinya terlebih dahulu. Rasa ayam akan jauh lebih nikmat hingga ke bagian terdalamnya. Berikut cara memarinasi ayam untuk anak kos yang bisa dilakukan tanpa kulkas.

1. Pilih daging ayam yang masih segar

ilustrasi daging ayam segar (freepik.com/mdjaff)

Saat membeli daging ayam di pasar, pedagang keliling, maupun swalayan, pastikan kondisinya segar dan berkualitas baik. Ditandai dengan warna daging yang kemerahmudaan dan tidak pucat. Teksturnya kenyal, kamu dapat menekan dengan jari, daging ayam yang masih segar akan kembali ke bentuk semula.

Jika kamu membeli daging ayam kemasan beku, perhatikan kerak esnya. Semakin tebal es di sekitar daging ayam, berarti dibekukan dalam waktu yang lama. Kamu juga dapat memeriksa tanggal expired pada label kemasan.

2. Potong ayam menjadi beberapa bagian

ilustrasi memotong daging ayam (pixabay.com/ekoanug)

Supaya daging ayam lebih dari satu porsi, sebaiknya potong menjadi beberapa bagian. Selain itu, potongan ayam yang lebih kecil membuat bumbu marinasi lebih cepat meresap. Kamu pun bisa membersihkan daging ayam sebelum dimasak dengan lebih mudah.

Bagi kamu yang ingin membuat ayam bakar atau ayam goreng, bagi potongannya agak besar. Seperti seekor ayam utuh yang dipotong menjadi 8-16 bagian. Jika kamu memotongnya menjadi 16, maka akan menghasilkan potongan sedang, sehingga dapat dimasak tanpa perlu diungkep.

Lain halnya kalau kamu ingin membuat ayam teriyaki atau potongan ayam tanpa tulang. Kamu perlu menghilangkan kulit dan tulangnya terlebih dahulu. Kemudian, potong menjadi bagian yang lebih kecil dan agak tipis.

Kamu juga bisa mencampurnya dengan jeroan, seperti ati dan ampela ayam. Potong dengan ukuran yang hampir sama, agar matangnya merata.

3. Bersihkan daging ayam yang akan dimarinasi

ilustrasi membersihkan daging ayam (pexels.com/babydov)

Setelah ayam dipotong menjadi beberapa bagian, selanjutnya bersihkan sebelum dimarinasi. Misalnya dengan membuang bagian yang tidak diperlukan, seperti lemak berlebih atau kulit berlebih. Pastikan peralatan yang kamu gunakan juga sudah dibersihkan sebelumnya.

Selanjutnya, rendam daging ayam menggunakan air hangat atau air garam selama 10-15 menit. Bilas dengan air mengalir untuk mengurangi bakteri yang masih menempel. Keringkan menggunakan tisu dapur atau kain yang bersih.

Baca Juga: 11 Cara Merebus Dada Ayam biar Gak Bau Amis, Simpel dan Gampang!

4. Buatlah bumbu marinasi

ilustrasi bumbu dasar marinasi (pixabay.com/biggibe)

Saat ayam direndam, kamu bisa sambil membuat bumbu marinasi. Kamu dapat membuatnya dari bahan-bahan sederhana, seperti garam, bawang putih, dan merica. Ketiga bahan tersebut termasuk bumbu dasar marinasi ayam.

Kalau kamu ingin bumbu marinasi kering, cukup dengan campuran garam, bawang putih bubuk, dan merica bubuk. Kamu juga bisa menambahkan bumbu bubuk lainnya, seperti kunyit bubuk maupun kaldu bubuk. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membeli bumbu marinasi instan tanpa perlu melarutkannya dengan air.

Sedangkan, untuk bumbu marinasi basah, kamu dapat menggunakan bumbu dasar yang sama seperti marinasi kering. Kemudian, tambahkan bahan cair, seperti kecap asin, kecap manis, atau madu.

Bisa juga dengan menggunakan bahan segar yang belum berupa bubuk, misalnya jahe, bawang merah, dan bawang putih yang telah diparut atau dihaluskan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya