TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Marinasi Ayam Teriyaki yang Beraroma dan Gurih

Gak perlu pakai mirin untuk bumbu marinasi

ilustrasi ayam teriyaki (vecteezy.com/artist-shotting888)

Ayam teriyaki merupakan olahan ayam khas Jepang yang populer di Indonesia. Rasanya gurih, memiliki tekstur daging ayam yang lembut. Dipadukan dengan irisan bawang bombay dan paprika yang crunchy.

Olahan ayam satu ini bisa kamu buat sendiri di rumah, caranya cukup mudah. Namun, sebelum memasaknya lebih lanjut, daging ayam perlu dimarinasi dahulu. Supaya aromanya harum, rasanya gurih, serta meresap sempurna.

Masih bingung bagaimana cara marinasi ayam teriyaki? Begini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk marinasi ayam teriyaki. Keep scrolling!

1. Pisahkan daging dengan tulang dan kulit ayam

ilustrasi potongan daging untuk ayam teriyaki (pixabay.com/congerdesign)

Ayam teriyaki menggunakan daging ayam filet, yang telah dipisahkan dari tulang dan kulitnya. Biasanya menggunakan bagian dada atau paha. Bagian ayam dengan daging cukup tebal lebih cocok untuk membuat ayam teriyaki, karena akan menghasilkan tekstur empuk.

Kamu bisa membeli ayam filet atau memfilet sendiri di rumah. Setelah itu, potong daging ayam menjadi ukuran lebih kecil dan agak tipis. Terutama jika kamu ingin membuat ayam teriyaki dengan cara ditumis.

Kalau gak mau ribet, kamu tetap bisa menggunakan daging ayam yang masih disertai tulang dan kulitnya. Setelah itu, potong menjadi bagian lebih kecil, supaya bumbu lebih mudah meresap. Namun, waktu marinasi yang diperlukan lebih lama.

2. Buat bumbu marinasi ayam teriyaki

ilustrasi bumbu marinasi ayam teriyaki (freepik.com/freepik)

Kamu bisa membuat bumbu marinasi dahulu, lalu masukkan potongan daging ayam. Cara lainnya, bisa langsung menambahkan bumbu marinasi ke dalam wadah berisi daging ayam. Kemudian, diaduk hingga semua daging ayam dan bumbu tercampur rata.

Bumbu marinasi ayam teriyaki berupa campuran jahe, bawang putih, kecap manis, kecap asin, saus tiram, minyak wijen, garam, gula pasir, dan lada. Jahe dan bawang putih bisa dicincang halus atau diparut. Jika ingin bumbu marinasi yang lebih praktis, bisa menggunakan saus tiram instan.

Sedangkan, kamu yang gak masalah dengan bumbu marinasi ayam teriyaki ala Jepang yang autentik, bisa menambahkan mirin –bumbu dapur khas Jepang yang mengandung alkohol dan mirip sake. Kemudian, campur dengan kecap manis, kecap asin, serta gula pasir. 

Baca Juga: 7 Kesalahan Marinasi Ayam yang Sering Dilakukan, Bisa Merusak Rasa

3. Diamkan selama 30 menit hingga 2 jam

ilustrasi marinasi ayam teriyaki (youtube.com/Luvita Ho)

Setelah bumbu marinasi dan daging ayam tercampur merata, tutup wadah dengan rapat. Kamu dapat menggunakan freezer bag, mangkuk yang ditutup dengan plastic wrap, maupun food box untuk wadah marinasi. Kemudian, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 30 menit hingga 2 jam.

Setelah marinasi selesai, kamu bisa mengeluarkan daging ayam dan menumisnya. Sisanya tetap dapat disimpan untuk dimasak lagi beberapa jam, kemudian maupun keesokan harinya. Selama kamu tidak menggunakan bumbu marinasi berbahan asam, maka daging ayam dapat disimpan lebih dari dua jam.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara marinasi ayam teriyaki yang beraroma dan gurih. Gula pasir dan garam akan menghasilkan rasa gurih. Sedangkan aroma wanginya berasal dari jahe, aneka jenis kecap, dan minyak wijen.

Baca Juga: Cara Marinasi Ayam Katsu biar Kaya Rasa dan Juicy

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya