TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Marinasi Ayam Katsu biar Kaya Rasa dan Juicy

Tambahkan susu UHT untuk bumbu marinasi

ilustrasi ayam katsu (vecteezy.com/topntp26)

Ayam katsu merupakan kuliner dari Jepang berupa daging ayam yang dibalut tepung roti. Bagian luarnya renyah dan gurih, sedangkan bagian dagingnya selalu diusahakan tetap juicy. Semakin nikmat disajikan dengan saus teriyaki maupun saus kari.

Ternyata membuat ayam katsu gak sekadar dibaluri tepung dan digoreng begitu saja. Ayam katsu perlu melalui proses marinasi untuk membuat rasanya nikmat, dagingnya juicy, dan tidak mudah kering.

Lantas, bagaimana cara marinasi ayam katsu? Simak langkah-langkah berikut ini, ya!

1. Siapkan daging ayam filet

ilustrasi ayam filet (freepik.com/freepik)

Ayam katsu menggunakan daging ayam filet, biasanya bagian dada. Namun, kamu dapat menggantinya dengan bagian paha. Ukurannya hampir sama besar, soal ketebalan bisa disiasati.

Kalau gak punya banyak waktu untuk memasak, kamu bisa membeli ayam filet yang masih segar. Kalau bagian dada, maka difilet menjadi potongan kupu-kupu. Filet mulai dari ujung dada ayam yang tebal, lalu potong memanjang hingga dada ayam terbagi menjadi dua.

Sedangkan, untuk bagian paha, sayat dahulu kulit paha ayam. Kemudian, sayat daging ayam dari tulangnya secara perlahan dan menyeluruh. Ikuti bentuk tulang, agar tidak merusak dan bisa konsisten.

Setelah ayam filet sudah cukup tipis, selanjutnya pukul-pukul dengan menggunakan palu daging, supaya daging ayam lebih empuk dan lembut. Langkah ini juga dapat membuat bumbu marinasi lebih cepat meresap.

2. Buat bumbu marinasi ayam katsu

ilustrasi bumbu marinasi (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Beberapa bahan dasar yang diperlukan untuk membuat bumbu marinasi ayam katsu, antara lain merica, bawang putih, dan garam. Kalau ingin marinasi ayam katsu dengan bumbu kering, cukup gunakan merica bubuk dan garam. Kamu gak perlu menambahkan air maupun bahan lain yang bersifat cair.

Sedangkan, untuk bumbu marinasi basah, bahannya berupa merica, bawang putih, garam. Kemudian, larutkan semuanya dengan menggunakan air. Kamu dapat mengganti air dengan susu UHT untuk menghasilkan ayam katsu yang juicy.

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai penyedap untuk bumbu marinasi, yakni saus teriyaki, kunyit, ketumbar, dan rempah lainnya. Kamu dapat menggunakan kunyit bubuk atau memarutnya hingga halus.

Baca Juga: 7 Kesalahan Marinasi Ayam yang Sering Dilakukan, Bisa Merusak Rasa

3. Marinasi ayam hingga bumbu meresap

ilustrasi marinasi ayam filet menggunakan bumbu basah (pixabay.com/ivabalk)

Setelah bumbu marinasi dan ayam filet siap, saatnya marinasi ayam katsu. Kalau menggunakan bumbu marinasi basah, masukkan bumbunya ke dalam wadah. Kemudian, masukkan ayam filet dan tutup rapat.

Jika kamu menggunakan bumbu marinasi kering, baluri semua bagian permukaan ayam filet. Kemudian, masukkan ke dalam wadah dan tutup hingga rapat. Kamu bisa menggunakan freezer bag yang dapat dimanfaatkan berulang kali.

Masukkan ayam yang dimarinasi ke dalam kulkas dan diamkan selama 15-20 menit. Karena ayam filet, berarti tanpa kulit dan tulang, sehingga waktu marinasinya bisa lebih singkat. Kamu juga dapat membiarkannya hingga semalaman, asal tidak ada cairan asam dalam bumbu marinasi yang digunakan.

Demikian cara marinasi ayam katsu, agar kaya rasa dan juicy. Setelah proses marinasi selesai, kamu bisa mengeluarkan ayam dari wadah dan selanjutnya dibaluri dengan tepung. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Marinasi Udang biar Bumbu Meresap Sempurna

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya