TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fungsi Daun Jeruk untuk Masakan, Gak Cuma Bikin Beraroma

Bumbu aromatik yang menggugah selera

ilustrasi daun jeruk (commons.wikimedia.org/Herusutimbul)

Daun jeruk jadi salah satu bahan masakan yang kerap digunakan dalam masakan Indonesia, terutama untuk hidangan bercita rasa gurih, berkuah, dan menggunakan banyak rempah seperti kari, opor, soto, aneka tumisan, sambal goreng, hingga sambal pecel.

Penggunaannya bisa langsung ditambahkan saat proses memasak maupun dihaluskan bersama bahan lain. Maka, akan menghasilkan hidangan dengan rasa dan aroma yang khas. Kira-kira, apa lagi ya fungsi daun jeruk lainnya untuk masakan? Yuk, cari tahu!

1. Bumbu aromatik

ilustrasi pork belly dengan sambal matah dan daun jeruk (commons.wikimedia.org/Komang_arie)

Daun jeruk kerap digunakan sebagai bumbu aromatik pada masakan. Aroma harumnya khas, perpaduan sitrus yang menyengarkan, bunga sekaligus seperti rempah sehingga menghasilkan aroma yang menggugah selera saat dicampur dengan bumbu rempah lainnya.

Aroma daun jeruk berasal dari kandungan minyak atsiri di dalamnya. Sayangnya, minyak atsiri ini bersifat mudah menguap saat dipanaskan dalam waktu lama. Supaya aroma daun jeruk keluar, maka gunakan yang masih segar dan tambahkan beberapa saat sebelum masakan matang.

2. Penyedap rasa

ilustrasi bumbu untuk membuat sambal pecel (commons.wikimedia.org/Toriqun_Nuril_Anwar)

Selain aromanya yang khas, daun jeruk dapat berfungsi menambah cita rasa masakan. Gak heran kalau masakan Asia, terutama Indonesia memiliki rasa yang kompleks. Adanya bumbu rempah dan ditambah dengan daun jeruk turut berperan dalam menambah cita rasa.

Sebenarnya daun jeruk memiliki rasa pahit dan asam, karena mengandung zat citronellol dan citronellal. Kalau kamu menggunakannya dalam jumlah yang wajar, maka tidak akan merusak rasa masakan. Kamu juga bisa mengurangi rasa pahit tersebut dengan menghilangkan tulang daun atau menjemurnya sebentar, sebelum digunakan.

Supaya rasa dan aromanya keluar, kamu bisa menyobek daun jeruk menjadi beberapa bagian. Setelah itu ditambahkan saat proses memasak. Jika, tidak menginginkan rasa yang kuat, kamu bisa menggunakan daun jeruk kering.

Baca Juga: Resep Nasi Daun Jeruk Gurih, Rasanya Pasti Nagih!

3. Campuran bumbu marinasi

ilustrasi marinasi daging menggunakan daun jeruk (freepik.com/jcomp)

Aroma daun jeruk yang menyegarkan dapat digunakan untuk mengurangi bau amis pada masakan. Kamu bisa menggunakannya sebagai bahan campuran bumbu marinasi. Terutama, jika kamu akan memasak daging atau ikan.

Kamu bisa menumbuk daun jeruk bersama bumbu marinasi lainnya hingga halus. Cara ini membuat aroma daun jeruk lebih kuat. Selain itu, bisa diiris tipis dan dibalurkan ke seluruh bagian daging atau ikan yang akan dimarinasi.

4. Menambah tekstur masakan

ilustrasi nasi goreng daun jeruk (freepik.com/jcomp)

Kamu pernah mencicipi nasi daun jeruk, basreng pedas daun jeruk, atau rempeyek daun jeruk? Daun jeruk memang tebal, tapi teksturnya akan berubah setelah dimasak. Daun jeruk bisa menambah tekstur renyah setelah digoreng garing bersama camilan pedas, seperti rempeyek dan basreng.

Demikian pula kalau kamu menyantap nasi daun jeruk. Nasi pulen berpadu dengan irisan daun jeruk yang agak tebal saat dikunyah. Sehingga memberikan pengalaman bersantap yang berbeda dengan nasi pada umumnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya