TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Tips Teflon Aman dari Goresan, biar Lebih Awet

Cara mencuci dan penyimpanannya juga harus diperhatikan

Potret teflon untuk memasak (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

Teflon merupakan salah satu peralatan memasak yang sangat penting dan wajib ada di dapur. Alat ini bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, atau bahkan memanggang berbagai jenis bahan makanan

Teflon kerap menjadi pilihan, karena dilengkapi dengan lapisan antilengket. Hal tersebut membuat bahan-bahan makanan tidak mudah menempel dan nantinya mudah dibersihkan.

Di sisi lain, teflon juga sangat rentan tergores dan meningkatkan risiko penyebaran bahan kimia beracun. Untuk itu, perlu ada perhatian khusus dalam perawatannya. Nah, supaya tetap awet, simak ulasan tentang tips teflon aman dari goresan berikut ini, yuk!

1. Memasak dengan spatula kayu atau silikon

Ilustrasi spatula dari kayu (unsplash.com/chuttersnap)

Cara pertama agar teflon aman dari goresan adalah memadukannya dengan spatula kayu atau silikon saat memasak. Kedua bahan tersebut cenderung lunak dan "lembut," sehingga meminimalisir terjadinya goresan di permukaan teflon.

Hindari penggunaan spatula berbahan stainless steel, besi, atau logam. Bahan-bahan tersebut cenderung keras dan bisa dengan mudah menggores lapisan teflon. Jika berlangsung terus-menerus, lapisan antilengketnya akan hilang dan bahan-bahan makanan yang dimasak jadi mudah menempel pada teflon.

2. Jangan memanaskan teflon dalam keadaan kosong terlalu lama

Potret teflon untuk memasak makanan (pixabay.com/Taken)

Saat hendak memasak makanan, biasanya kamu memang perlu memanaskan teflon terlebih dahulu. Namun, sebaiknya durasi memanaskannya jangan terlalu lama, apalagi teflon dalam keadaan masih kosong. 

Hal tersebut menyebabkan lapisan antilengketnya jadi mudah rusak. Jika sudah rusak, teflon jadi rentan terhadap goresan. Pastikan kamu tidak memanaskan teflon telalu lama, agar hal ini tidak terjadi lagi. Jika sudah panas, segera gunakan untuk mengolah bahan makanan.

3. Hindari memasak dengan api besar

Ilustrasi memasak dengan api besar (pixabay.com/stevepb)

Teflon memang dirancang untuk memasak makanan. Namun, bukan berarti bisa dipanaskan sesuka hati. Sebisa mungkin, gunakan api kecil atau sedang saat memasak dengan teflon antilengket.

Jika teflon dimasak dengan api besar dan terkena suhu yang terlampau tinggi, lapisan antilengketnya bisa terurai, kemudian melepaskan senyawa kimia yang berbahaya ke udara. Kandungan nutrisi dalam makanan pun jadi berkurang, atau bahkan malah beracun.

4. Jangan memasak makanan bercita rasa masam

Ilustrasi tomat segar (pexels.com/Nicola Barts)

Bahan-bahan makanan yang bercita rasa masam, seperti tomat, lemon, dan jeruk, sebaiknya jangan dimasak dengan teflon. Saat beradu dengan panas, kandungan asam alami dalam bahan-bahan tersebut bisa mengikis lapisan antilengketnya. Teflonmu pun jadi mudah tergores.

Kalau mau memasak tomat dan bahan-bahan dengan kandungan asam lainnya, gunakan wajan atau panci berbahan stainless steel. Teknik memasaknya pun perlu diperhatikan, agar hasil masakanmu enak.

5. Jangan mencuci teflon dalam keadaan panas

Ilustrasi teflon yang masih panas (freepik.com/ filistimlyanin)

Selesai digunakan untuk memasak, teflon memang harus dibersihkan, agar kotoran atau sisa makanan tidak membandel. Namun, sebenarnya kamu tidak perlu buru-buru dan tunggu sampai teflon dingin terlebih dahulu, baru dicuci.

Hal ini bertujuan agar teflon tidak "kaget," karena adanya perubahan suhu yang mendadak. Jika kamu nekat mencucinya dalam keadaan masih panas, maka lapisan antilengket pada teflon akan rentan mengelupas dan tergores.

Baca Juga: Ini Material Teflon yang Paling Bagus, Kamu Sudah Punya?

6. Gunakan spons lembut saat mencuci teflon

Ilustrasi spons lembut untuk mencuci teflon (thespruce.com)

Biasanya, spons yang digunakan untuk mencuci peralatan masak terdiri dari dua lapisan, yakni lapisan halus dan kasar. Untuk mencuci dan membersihkan noda atau sisa makanan yang menempel pada teflon, gunakan lapisan spons yang halus. Proses penggosokannya pun harus perlahan dan jangan terburu-buru. 

Hindari menggosok teflon dengan menggunakan lapisan spons yang kasar atau bahkan yang berbahan kawat. Spons jenis ini bersifat abrasif dan bisa menggores permukaan teflon dengan sangat mudah. Lapisan antilengketnya pun akan mengelupas.

7. Hindari mencuci teflon dengan dish washer

Ilustrasi mesin pencici piring atau dish washer (pexels.com/Castorly Stock)

Dish washer atau mesin pencuci piring memang sangat efektif dan efisien untuk membersihkan peralatan masak, termasuk teflon. Beberapa jenis teflon mengklaim aman dicuci di dalam mesin tersebut.

Meski demikian, sebaiknya kamu tetap mencuci teflon secara manual atau dengan menggunakan tangan. Jika menggunakan dish washer, air yang disemprotkan di dalamnya memiliki tekanan yang cukup besar dan bisa menggores permukaan teflon. Bukannya bersih, teflonnya jadi baret-baret, deh.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya