TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Diet Tiongkok yang Bisa Turunkan BB 10 Kg dalam Seminggu

Apakah benar-benar ampuh dietnya?

Ilustrasi orang yang berhasil diet (pixabay.com/ennrick)

Diet merupakan serangkaian metode yang dilakukan seseorang orang untuk menurunkan berat badan, mencapai berat badan ideal, sekaligus menjalani hidup sehat. Jenisnya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Salah satu metode diet yang sedang trending beberapa waktu terakhir adalah diet Tiongkok. Awalnya, diet ini viral di Xiaohongshu, platform media sosial dan e-commerce asal China. Banyak orang yang melakukan Xiaohongshu diet challenge dan mengklaim berat badanya turun hingga 10 kilogram dalam waktu kurang dari sepekan. Wow!

Melansir dari laman Daily Vanity Singapore, orang-orang yang melakukan diet Tiongkok hanya mengonsumsi satu jenis makanan bernutrisi dalam sehari. Hari selanjutnya, makanan yang disantap pun berbeda. Hal ini berlangsung selama lima hari berturut-turut. 

Laman tersebut juga memberikan contoh menu yang dikonsumsi per harinya. Penasaran apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Menu diet hari pertama: telur ayam

Ilustrasi telur rebus potong (pixabay.com/Tamanna Rumee)

Menu diet Tiongkok hari pertama adalah telur ayam. Makanan ini kaya akan nutrisi, terutama protein dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat sarapan, kamu disarankan menyantap 2-3 butir telur rebus. 

Selanjutnya, tiga butir telur ceplok, telur dadar, atau scrambled egg bisa dijadikan menu makan siang. Satu butir telur rebus lagi untuk menu menutup hari alias makan malam. Kamu tidak disarankan menyantap menu lain selain telur selama seharian ini.

Apakah jumlah ini cukup aman dikonsumsi mengingat kadar kolesterol dalam kuningnya? Yup, takaran ini cukup aman. American Heart Association (AHA) merekomendasikan batas aman konsumsi telur adalah tujuh butir dalam sepekan.

2. Menu diet hari kedua: cairan

ilustrasi susu kedelai (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Di hari kedua, kamu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan padat apa pun selama 24 jam. Sebagai gantinya, kamu hanya boleh menyantap segala macam bentuk sajian yang berbahan cairan atau air.

Selain air putih, kamu bisa minum susu kedelai, kopi pahit, dan teh tawar. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung gula buatan. Jika ingin yang manis, cobalah membuat jus buah!

Baca Juga: 10 Menu Diet yang Sehat dan Bikin Badan Jadi Wangi

3. Menu diet hari ketiga: daging

Ilustrasi daging sapi (pexels.com/Lukas)

Setelah "berpuasa" dari makanan padat pada hari kedua, kamu boleh mengonsumsi aneka jenis daging pada hari ketiga. Di antaranya seperti daging ayam, sapi, hingga seafood sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam.

Bagian daging yang dipilih sebaiknya adalah dada ayam, sirloin atau tenderloin sapi, dan seafood yang berprotein tinggi. Daging-daging tersebut sebaiknya dikukus, dipanggang, atau ditumis. Hindari menggoreng langsung dengan minyak banyak.

4. Menu diet hari keempat: buah-buahan

ilustrasi kulit jeruk (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Di hari keempat, buah-buahan wajib dikonsumsi selama seharian dan akan menjadi detoks bagi tubuh. Kamu bisa menyantap buah-buahan favoritmu, seperti jeruk, apel,  anggur, semangka, delima, dan ceri.

Selain itu, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya kamu hindari saat melakukan diet Tiongkok ini. Contohnya buah durian, mangga, leci, dan kelengkeng. Buah-buahan tersebut mengandung gula dan kalori cukup tinggi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya