TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Primadona, 8 Olahan Sambal Legendaris Khas Nusantara

Jenis sambal mana yang jadi favoritmu?

Potret sambal khas Nusantara (instagram.com/selayangnusantara)

Ketika menyantap suatu hidangan, masyarakat Indonesia tak pernah ketinggalan dengan sambal yang dijadikan pelengkap agar makan terasa makin nikmat. Hal ini karena makan akan terasa kurang ketika tidak ada sambal sehingga sajian sambal wajib ada di meja makan.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis sambal dari banyak daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Semuanya memiliki rasa nikmat dan telah melegenda, lho. Yuk, simak sederet sambal khas Nusantara yang bikin lidah bergoyang!

1. Sambal ijo

Potret sambal ijo (instagram.com/gallerykinarian)

Sambal ijo merupakan sambal khas Padang yang memiliki cita rasa pedas segar. Biasanya sambal ijo banyak ditemui ketika menyantap nasi padang, nih. Makan akan jadi semakin nikmat dan mantap ketika nasi padang dipadukan dengan sambal ijo ini. Tak hanya sebagai pelengkap nasi padang, sambal ijo juga cocok disantap dengan berbagai lauk, lho.

Dibuat dari cabai hijau yang dilengkapi dengan bawang merah, bawang putih serta tomat hijau agar menghasilkan warna khas yang segar. Tak lupa tambahan penyedap seperti garam dan gula sesuai selera agar menghasilkan rasa yang nikmat. Kamu bisa membuatnya sendiri, nih!

Baca Juga: Resep Membuat Sambal Daun Singkong, Pelengkap Segala Jenis Lauk

2. Sambal dabu-dabu

Potret sambal dabu-dabu (instagram.com/icahatta)

Berasal dari daerah Sulawesi Utara, sambal dabu-dabu tampak khas dengan bahan-bahannya yang masih segar. Yang unik dari sambal ini adalah semua bahannya tidak dimasak terlebih dahulu, melainkan dibuat dengan bahan-bahan yang masih mentah sehingga menghasilkan sensasi rasa yang segar.

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal dabu-dabu adalah tomat, cabai rawit, bawang merah, daun bawang, jeruk nipis, serta garam. Potong semua bahan dengan ukuran kecil, kemudian tambahkan garam sesuai selera. Langkah terakhir adalah siram dengan sedikit minyak panas agar sambal jadi sedikit layu. Cuma butuh waktu 5 menit untuk membuatnya, nih.

3. Sambal embe

Potret sambal embe (instagram.com/jimbarankitchen)

Sambal embe merupakan sambal asal daerah Bali yang populer dan digemari banyak orang. Jika sambal matah dibuat dengan bahan-bahan yang dibiarkan mentah, berbeda dengan sambal embe yang ditumis hingga matang. Sambal ini sangat cocok disantap dengan hidangan olahan ikan goreng ataupun berbagai tumisan.

Cara membuat sambal embe adalah dengan mengiris tipis cabai, bawang merah, gula, garam dan tambahan terasi. Selanjutnya tumis semua bahan yang telah disiapkan dan beri sedikit garam dan gula. Setelah beraroma wangi, sambal embe siap dihidangkan, tertarik?

4. Sambal pecak

Potret sambal pecak (instagram.com/medanfoodblog)

Berasal dari Betawi, sambal pecak tampak khas dengan irisan tomat segarnya. Dibuat dari cabai, bawang putih, tomat, santan dan juga kemiri. Sambal kecak memiliki rasa dan aroma yang menggugah selera. Bahan-bahan sambal diulek dengan kasar kemudian diberi irisan tomat. Tumis semua bahan dan beri bumbu penyedap tambahan, ya.

Sambal pecak ini cocok dihidangkan dengan ayam goreng ataupun ikan goreng. Santap dengan nasi hangat agar makin nikmat, ya.

5. Sambal matah

Potret sambal matah (instagram.com/dapur.lanang)

Sambal matah adalah sambal yang cocok dihidangkan dengan berbagai varian menu, lho. Hal ini karena cita rasanya yang klop dan menyatu dengan berbagai sajian. Berasal dari Bali, sambal matah merupakan salah satu sambal paling populer di Nusantara.

Untuk membuat sambal matah, bahan yang dibutuhkan meliputi cabai rawit, bawang merah, serai, daun jeruk, gula, garam, dan sedikit minyak panas. Iris tipis-tipis semua bahan dan campurkan menjadi satu dalam wadah. Jangan lupa beri sedikit garam dan gula sesuai selera, ya. Terakhir, siram dengan sedikit minyak panas dan sambal matah siap disajikan. Kamu bisa mengaplikasikan sambal matah sebagai pelengkap makan siang atau malam, nih.

 

6. Sambal terasi

Potret sambal terasi (instagram.com/resepsambalumik)

Siapa yang tak tahu dengan sambal terasi yang sudah melegenda sejak zaman dahulu. Sambal terasi merupakan sambal favorit masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, lho. Sambal ini merupakan sambal khas Jawa Barat yang bahkan sudah mendunia. Saat ini telah banyak olahan sambal terasi instan yang praktis dimakan kapan saja.

Untuk membuat sambal terasi, bahan yang utama adalah terasi yang dibuat dari fermentasi udang rebon. Kemudian ada bahan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang putih dan merah, gula, garam serta tomat. Goreng semua bahan dan ulek jadi satu, beri gula dan garam sesuai selera, ya. Biasanya sambal terasi paling pas disantap dengan lalapan, dijamin kamu bakan ketagihan!

7. Sambal roa

Potret sambal roa (instagram.com/shnelwan)

Sambal roa adalah sambal khas Manado yang unik karena menggunakan ikan roa sebagai bahan dasarnya. Ikan roa yang dipilih adalah ikan roa asap yang kemudian dihaluskan, sehingga sambal ini akan menghasilkan aroma yang harum dan menggoda. 

Untuk membuat sambal roa khas Manado ini bahan-bahannya adalah ikan roa asap, cabai, bawang merah dan putih, daun jeruk, terasi, gula, garam dan juga penyedap. Haluskan semua bahan kemudian tumis hingga matang. Biasanya sambal roa ini dihidangkan bersama pisang goreng, menarik, kan?

Baca Juga: Resep Sambal Dabu-Dabu khas Manado yang Bisa Habiskan Nasimu

Verified Writer

Sunflower

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya