TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Langsung Dibuang, Biji Pepaya Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini

Aman dikonsumsi hingga satu sendok per hari #IDNTimesFood

ilustrasi biji pepaya (pixabay.com/YaarjuRoy)

Pepaya banyak disukai karena memiliki cita rasa yang lezat dan profil nutrisi yang luar biasa. Meskipun daging buahnya yang manis banyak disukai, banyak orang yang sering membuang bijinya.

Nah, yang tidak disadari kebanyakan orang adalah biji pepaya ternyata dapat dimakan dan juga bergizi tinggi. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa efek sampingnya sebelum memakan biji pepaya.

Berikut ini akan dibahas bagaimana konsumsi biji pepaya dapat mempengaruhi kesehatanmu.

1. Dapat melindungi fungsi ginjal

ilustrasi buah pepaya (pexels.com/Any Lane)

Ginjal punya peran yang penting dalam mendukung kesehatan lantaran berfungsi sebagai filter untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Nah, penelitian menunjukkan bahwa makan biji pepaya dapat melindungi dan menjaga fungsi ginjal.

Satu studi dalam jurnal African Health Sciences yang dilakukan dengan memberi tikus obat untuk menginduksi toksisitas menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal. Biji pepaya juga merupakan sumber antioksidan yang dapat memblokir kerusakan oksidatif pada sel dan melindungi kesehatan ginjal.

Baca Juga: 5 Hidangan Lezat Berbahan Pepaya, Manis dan Segar Banget!

2. Melawan infeksi

ilustrasi biji pepaya (pixabay.com/YaarjuRoy)

Biji pepaya mungkin memiliki kemampuan untuk memusnahkan beberapa jenis jamur dan parasit. Menurut satu penelitian tabung reaksi dalam Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, ekstrak biji pepaya efektif melawan tiga strain jamur, termasuk patogen spesifik yang bertanggung jawab menyebabkan infeksi jamur.

Studi kecil lainnya pada Journal of Medicinal Food menemukan bahwa meminum ramuan yang terbuat dari biji pepaya kering dan madu secara signifikan lebih efektif dalam membunuh parasit usus daripada plasebo. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian skala besar lebih lanjut untuk menentukan pengaruh biji pepaya pada infeksi jamur dan parasit pada manusia.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

ilustrasi pepaya (pixabay.com/SpencerWing)

Biji pepaya ternyata merupakan sumber serat yang baik. Serat bergerak melalui saluran pencernaan tanpa tercerna sehingga menambahkan massa ke tinja untuk membuat buang air besar jadi lebih teratur.

Menurut tinjauan yang dicatat dalam World Journal of Gastroenterology : WJG, diketahui bahwa peningkatan asupan serat meningkatkan frekuensi tinja pada orang dengan sembelit. Selain itu, meningkatkan asupan serat juga dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan pencernaan lainnya, seperti melindungi dari penyakit radang usus, meredakan gejala bawasir, dan mencegah pembentukan tukak usus.

4. Berpotensi memiliki sifat antikanker

ilustrasi pepaya (pixabay.com/nightowl)

Karena profil nutrisi dan antioksidannya yang mengesankan, biji pepaya dipercaya dapat memiliki sifat antikanker. Satu studi tabung reaksi dalam jurnal Nutrition and Cancer menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan melindungi perkembangan kanker.

Hal ini didukung dengan penelitian tabung reaksi dalam Journal of Cancer Metastasis and Treatment yang menunjukkan bahwa biji pepaya menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat. Namun, penelitian tambahan diperlukan untuk mengevaluasi efek biji pepaya terhadap pertumbuhan kanker pada manusia.

Baca Juga: Cuma Perlu Beberapa Langkah, Resep Membuat Manisan Pepaya Mengkal 

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya