TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Saus Marinasi Daging Slice yang Bikin Rasa Makin Sedap

Marinasi dengan benar, biar merasuk ke dalam

ilustrasi saus marinasi daging slice (pexels.com/id-id/@bertellifotografia)

Memasak daging gak cuma memperhatikan tingkat kematangan dan teksturnya saja, tapi memastikan bahwa rasanya akan enak sampai akhir. Ada yang bilang, cukup pakai sedikit taburan garam dan lada pun sudah enak.

Namun, penggunaan saus marinasi daging slice patut diperhitungkan juga agar rasanya lebih sedap dan meresap sampai ke dalam. Bumbu marinasi daging, terutama untuk tipe slice banyak jenisnya. Ada yang rasanya pedas sampai asam manis, bisa banget disesuaikan dengan seleramu.

Baca Juga: Resep Bumbu Marinasi Daging Slice yang Dijamin Meresap Maksimal

1. Saus bulgogi

ilustrasi saus bulgogi (pexels.com/id-id/@fox-58267/)

Bulgogi adalah makanan tradisional Korea yang juga populer di Asia. Kata bulgogi sendiri berasal dari dua kata, yakni "bul" yang berarti api dan "gogi" adalah istilah Korea untuk daging. Jadi, bisa disimpulkan kalau bulgogi adalah daging api karena cara masaknya yang dipanggang setelah bumbu saus meresap. 

Saus bulgogi klasik dibuat dari bawang putih, gula, minyak wijen, dan kecap. Namun, pada resep modern, pembuatan saus bulgogi bisa juga ditambah madu sampai arak beras. Soal rasanya, yakni manis, pedas, dan terdapat sensasi smooky. Gak cuma sebagai marinasi, saus bulgogi di banyak restoran juga sering disajikan sebagai saus celup, lho.

2. Saus teriyaki

ilustrasi saus marinasi daging slice (freepik.com/author/wirestock)

Kalau Korea Selatan punya saus bulgogi, maka Jepang bangga dengan saus teriyaki. Saus teriyaki berwarna kecokelatan yang mengkilap dengan rasa dominan gurih, asin, dan sedikit manis. Selain andalan buat marinasi, ini dapat digunakan untuk glasir dan cocolan. 

Gak cuma daging sapi, ikan, ayam, bahkan sayuran semakin nikmat pakai saus satu ini. Saus teriyaki tradisional berbahan dasar kecap, mirin, gula, dan sake. Sedangkan yang moden ditambahkan jahe, bawang putih, hingga madu. Sedangkan teksturnya yang kental karena menggunakan tepung maizena. 

3. Saus barbekyu

ilustrasi saus barbekyu (unsplash.com/@dolorespreciado)

Kalau penasaran dengan saus marinasi daging slice paling banyak peminat, maka jawabannya adalah saus BBQ atau saus barbekyu. Saus ini berasal dari negara Barat, seperti Amerika Serikat, dan sudah ada sejak abad ke-17. Daging yang populer digunakan adalah sapi juga babi.

Bahan dasar saus barbekyu berupa saus tomat, cuka, dan pemanis, seperti molase atau gula merah. Semakin modern dan beragamnya selera manusia, ada yang menambahkan cabai pedas, kecap, jinten, atau bawang putih dalam pembuatannya. Selain dilihat dari beragamnya bahan yang digunakan, varian saus barbekyu kini juga ada yang versi Korea, honey BBQ, dan lain-lain, lho.

Baca Juga: 8 Waktu Terbaik untuk Marinasi Makanan, biar Makin Lezat!

4. Saus sesame

ilustrasi saus marinasi daging slice (unsplash.com/@d_morgan)

Saus sesame juga berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Bahan dasarnya yaitu pasta wijen, gula, kecap asin, cuka beras, dan dashi atau kaldu sup Jepang. Secara tekstur, saus sesame berbeda dari saus lainnya, karena creamy, kental, halus, dan lembut.

Rasanya juga unik, karena menawarkan perpaduan rasa pedas, manis, asin, dan umami bersamaan. Penggunaan saus sesame lebih beragam dari sekadar marinasi, tapi bisa juga untuk campuran salad sayuran, hidangan dingin, sampai dengan mi ala Jepang. 

5. Saus asam manis

ilustrasi saus asam manis (freepik.com/author/jcomp)

Saus asam manis atau yang juga dikenal dengan sweet and sour sauce adalah bumbu yang umum di masakan Asia Timur dan Asia Tenggara. Bukan hanya buat marinasi, saus asam manis dicampur langsung pada bahan protein, seperti seafood dan daging, yang lalu ditumis, sehingga rasanya melekat dan beraroma kuat. 

Meskipun saus ini umum untuk masakan Tiongkok, tapi ada juga yang versi Amerika yang dibuat berdasarkan campuran sederhana antara gula, cuka, ditambahkan rempah dengan jus buah antara lain nanas atau tomat, sehingga memberi warna merah pada saus. Sesuai namanya, saus ini cita rasanya manis dan asam yang segar yang cocok buat daging. 

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya