TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Makanan Khas Bekasi Cocok buat Oleh-oleh, Awet Sampai Tujuan!

Mana aja nih yang pernah kamu cobain?

ilustrasi kembang goyang wijen (instagram.com/wangssnacks)

Kamu pasti tahu kalau Bekasi sering kena bully karena dianggap terlalu panas. Tapi dibalik itu, makanan khas Bekasi cukup beragam, lho. Mulai dari sayur gabus pucung yang enak untuk lauk makan nasi hangat sampai wajik ketan yang rasanya manis legit. 

Gak ketinggalan juga makanan yang awet dan cocok untuk oleh-oleh saat pulang kampung seperti rekomendasi berikut. Beberapa di antaranya adalah camilan yang pas diberikan untuk teman atau keluarga yang doyan mengudap. Yuk, simak! 

1. Kembang goyang

kue kembang goyang (instagram.com/lingsinls76)

Seperti namanya yang berarti bunga, kembang goyang adalah camilan berbentuk kelopak bunga yang cara masaknya digoyang-goyang sampai matang. Soal rasa, kembang goyang pas banget disantap oleh kamu yang gak terlalu suka makanan manis karena ada sedikit gurih di dalamnya.

Meski secara penampilan terlihat keras, justru kembang goyang cukup renyah. Meski beberapa kembang goyang berwarna cokelat, kini ada variasi warna yang lebih beragam dan bikin makin cantik.

Kamu juga gak perlu khawatir karena gak sulit kok menemukan kembang goyang. Mulai dari pasar tradisional sampai toko oleh-oleh mentereng sekitar Bekasi, pasti ada!

2. Bir pletok

bir pletok (instagram.com/vsamperuru)

Oleh-oleh khas Bekasi yang pasti bikin nagih adalah bir pletok. Meskipun namanya bir, minuman yang terbuat dari cengkih, kayu manis, jahe, dan aneka rempah lain ini gak bikin mabuk, kok. Malah bikin badan hangat dan jadi enteng!

Bir pletok sendiri adalah minuman asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman kolonial. Pada saat itu, warga pribumi sering memperhatikan para penjajah yang asyik minum wine sampai mabuk.

Alhasil, orang Indonesia pun menciptakan 'wine' versi halal dan diberi nama bir pletok. 

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner di Bekasi yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

3. Rengginang

rengginang (instagram.com/ivanmarchius)

Kalau cari oleh-oleh tepat untuk teman atau keluarga yang suka mengudap sambil nonton drama, rengginang bisa jadi pilihan yang tepat, nih. Rasanya yang gurih dan renyah, pasti cocok untuk isi toplesnya. 

Oleh-oleh khas Bekasi yang satu ini bisa kamu beli baik yang sudah matan  atau masih mentah. Ada juga yang terbuat dari singkong atau tepung beras. Bisa disesuaikan dengan kesukaan penerimanya, 'kan?

Soal harga, kamu jangan khawatir! Satu pack rengginang isi 10 gak sampai 30 ribu untuk yang mentah. Sementara yang sudah matang pun tak sampai 50 ribu. 

4. Kue duit

kue duit (twitter.com/kotabekasikeren)

Bukan, kue duit bukan uang yang kemudian dijadikan kue ya! Kue duit adalah makanan khas Bekasi berbahan dasar tepung ketan dan parutan kelapa dengan cita rasa gurih dan khas dari kelapanya. Bentuknya yang bulat mirip uang koin adalah alasan kenapa diberi nama kue duit. 

Kue duit teksturnya mirip kerupuk. Lantas, orang-orang menikmatinya seperti pelengkap sajian dan dicampur dengan makanan berkuah santan. 

Walau tak semua toko oleh-oleh menjual kue duit, tapi kudapan satu ini seolah wajib ada saat lebaran. Terutama di desa, makanan ini selalu jadi buruan. 

5. Bandeng rorod

bandeng rorod (instagram.com/bandengrorodofficial)

Gak lengkap kalau ke Bekasi tanpa membawa oleh-oleh bandeng rorod. Bandeng rorod ini beda dengan bandeng presto. Jika bandeng presto tulangnya dilunakkan, bandeng rorod adalah bandeng tanpa tulang. 

Makanan ini bisa banget dijadikan bingkisan untuk teman atau keluarga yang sudah punya anak. Sebab selain enak, bandeng juga kaya akan gizi dan cara makannya gak repot seperti ikan lainnya. 

Biasanya dalam sekotak bandeng rorod, juga sudah plus sambal yang rasanya endeus!

Baca Juga: 10 Tempat Makan yang Paling Enak dan Populer di Harapan Indah Bekasi

Verified Writer

Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya