TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Masak Nasi Goreng Lidah ala Sisca Soewitomo

Ada rahasia cara mengolah lidah yang enak dan empuk

Nasi goreng lidah The People’s Cafe x Sisca Soewitomo (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Tak heran jika olahan nasi yang satu ini mudah kita temukan, dari kaki lima, warung makan, hingga restoran. 

Selain itu, nasi goreng juga mudah dikreasikan dengan berbagai bahan. Nah, jika kamu ingin membuat nasi goreng yang enak dan spesial seperti di restoran, tak ada salahnya mencoba tips dari Ratu Boga Indonesia, Sisca Soewitomo. Ia adalah pakar kuliner legendaris Indonesia yang terkenal, karena keahliannya dalam memasak hidangan tradisional.

Dalam acara kolaborasi The People’s Cafe X Sisca Soewitomo (19/9) di Jakarta, salah satu menu yang disajikan adalah nasi goreng lidah. Bu Sisca pun berbagi tips memasak nasi goreng lidah yang bisa kamu coba di rumah.

Berikut tiga tips penting membuat nasi goreng lidah ala Sisca Soewitomo. Mudah ditiru dan dipraktikkan, kamu pun bisa melakukannya. 

1. Gunakan bumbu yang diolah sendiri

ilustrasi sambal terasi (commons.wikimedia.org/Windi Utari)

Untuk menciptakan rasa nasi goreng yang kaya rasa, Bu Sisca menyarankan untuk menggunakan bumbu yang diolah sendiri. Salah satu cara terbaik adalah membuat sambal terasi dalam jumlah banyak sebagai bumbu dasarnya.

Gunakan cabai merah besar dan cabai rawit dalam jumlah sesuai dengan seleramu. Tumis semua bahan hingga matang, lalu haluskan dan simpan di dalam kulkas.

Supaya lebih praktis, pisahkan sambal dalam takaran kecil sesuai dengan kebutuhan untuk sekali masak. Selain digunakan untuk nasi goreng, bumbu ini juga bisa digunakan untuk masakan lain, sehingga memudahkan kamu saat ingin memasak hidangan lainnya.

2. Tambahkan bahan-bahan lain

ilustrasi sayuran (pexels.com/Arina Krasnikova)

Bu Sisca juga menyarankan untuk menambahkan bahan-bahan lain, agar nasi goreng lidah lebih menarik dan bergizi. Beberapa bahan yang bisa ditambahkan antara lain tumisan lidah sapi, sosis, atau berbagai sayuran seperti brokoli, kembang kol, wortel, dan buncis.

Penambahan bahan-bahan ini tidak hanya menambah tekstur dan rasa pada nasi goreng, tetapi juga membuat hidangan lebih kaya nutrisi.

Baca Juga: Review Nasi Goreng ala Sisca Soewitomo di The People's Cafe

3. Tips mengolah lidah untuk nasi goreng

Nasi goreng lidah The People’s Cafe x Sisca Soewitomo (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Tekstur lidah sapi tekstur akan keras jika tidak diolah dengan benar. Menurut Bu Sisca, lidah sapi harus direbus terlebih dahulu, agar empuk sebelum dicampurkan ke dalam nasi goreng.

Cara terbaik adalah mendidihkan air yang sudah diberi pala, jahe, dan daun jeruk. Setelah air mendidih, masukkan lidah sapi. Proses ini akan menutup pori-pori lidah, sehingga dagingnya menjadi empuk.

Setelah itu, lidah akan mengeluarkan air dan menjadi kering. Tak perlu khawatir jika muncul busa selama proses perebusan, karena itu adalah hal normal.

Masak lidah hingga lunak dengan panci presto selama 15 menit. Setelah itu, iris lidah sesuai selera, lalu tumis dengan mentega atau margarin sebelum dicampurkan ke dalam nasi goreng.

Itu dia bebapa tips memasak nasi goreng lidah ala Sisca Soewitomo. Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat membuat nasi goreng lidah yang lezat dan empuk, seenak buatan chef di restoran. Selamat mempraktikkannya di rumah!

Baca Juga: 5 Nasi Goreng Termahal di Jakarta, Harganya Capai Ratusan Ribu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya