TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Makanan Enak dan Sehat Agar Terhindar dari Bau Ketek

Makanan agar terhindar dari bau ketek yang sehat dan enak

ilustrasi semangka (pexels.com/Lisa Fotios)

Intinya Sih...

  • Makanan tinggi kalsium seperti keju dan yoghurt membantu mengatur suhu tubuh dan mengurangi produksi keringat berlebih.
  • Buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, melon, jeruk, stroberi, dan blewah membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
  • Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam mengandung kadar klorofil tinggi yang menetralkan senyawa penyebab bau badan.

Bau ketiak seringkali dipicu oleh keringat berlebih. Bahkan, bagi orang yang mandi setiap hari, hal ini tetap bisa muncul terutama ketika sering beraktivitas di luar ruangan.

Meskipun ada berbagai cara untuk mengatasinya, pemilihan makanan yang tepat juga bisa membantu mengurangi produksi keringat berlebih, terutama di area ketiak, dan bau badan yang tidak sedap.

Lantas, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi, supaya ketiak tidak bau? Berikut 10 makanan agar terhindar dari bau ketek yang enak dan sehat.

1. Produk olahan susu

ilustrasi secangkir yoghurt (pexels.com/Any Lane)

Produk olahan susu mengandung kalsium yang dapat membantu tubuh mengatur suhu, sehingga produksi keringat tidak berlebihan. Kamu bisa mengonsumsi keju dan yoghurt menawarkan rasa yang lezat. Supaya lebih nikmat, gunakan sebagai campuran makanan, seperti dibuat topping atau smoothies

2. Almond

ilustrasi kacang almond (pexels.com/@aksbykas)

Almond terkenal sebagai salah satu jenis kacang yang nikmat. Teksturnya renyah dengan rasa yang ringan. Kacang ini tidak hanya enak sebagai camilan, tetapi juga dapat digunakan sebagai campuran susu, smoothies, atau topping makanan lainnya. 

3. Pisang

Ilustrasi pisang (pexels.com/Luis Quintero)

Rasa manis alami pada pisang membuatnya menjadi pilihan camilan yang sehat. Pisang juga kaya kalium yang membantu mengatur kadar air dalam tubuh, sehingga produksi keringat berlebih bisa dikurangi. Pisang juga enak dikonsumsi langsung, diolah menjadi smoothies, atau sebagai pelengkap pancake

4. Buah-buahan

ilustrasi semangka (pexels.com/Lisa Fotios)

Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka, melon, dan jeruk, stroberi, blewah, dan lain-lain. Buah ini akan memberikan asupan cairan tambahan yang membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, bisa mengurangi bau tak sedap pada ketiak kamu. 

5. Kapulaga

ilustrasi kapulaga (unsplash.com/Jaspreet Kalsi)

Kapulaga merupakan rempah berbentuk biji-biji kecil. Hal ini sering ditemukan pada hidangan nasi briyani. Rempah yang satu ini tidak hanya meningkatkan rasa makanan, tetapi juga bisa menambah aroma alami tubuh kamu. 

6. Gandum

Ilustrasi gandum (Pexels.com/JÉSHOOTS)

Gandum utuh yang menjadi bahan dasar roti atau sereal menawarkan rasa yang kaya, dengan tekstur padat dan berserat. Kamu bisa mengonsumsi makanan berbasis gandum untuk membantu pencernaan bekerja lebih baik. Makanan ini akan membantu tubuh kamu tidak menghasilkan panas berlebih, yang berpotensi membuat bau ketiak. 

Baca Juga: 5 Resep Jus dan Smoothies Segar untuk Mencegah Bau Badan

7. Ubi jalar

ilustrasi ubi jalar (pexels.com/Daniel Dan)

Rasa manis alami dan tekstur lembut pada ubi jalar membuatnya mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Ubi jalar memberikan energi pada tubuh dengan kadar gula yang stabil. Jadi, tubuh kamu bisa tetap bugar tanpa perlu memproduksi keringat berlebih yang menyebabkan bau ketiak. 

8. Sayuran hijau

ilustrasi sayur bayam (pexels.com/Jacqueline Howell)

Mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau bermanfaat untuk mengurangi bau ketiak, lho. Terutama kangkung dan bayam yang mengandung kadar klorofil tinggi, sehingga menetralkan senyawa penyebab bau badan. Jadi, kamu bisa beralih ke makanan dengan sayuran hijau dan rasakan sendiri perubahannya, ya!

9. Teh hijau

ilustrasi teh hijau (pixabay.com/appledeng)

Aroma teh hijau harum dan memberikan sensasi menenangkan dengan rasa sedikit pahit. Teh ini tidak hanya enak dinikmati hangat atau dingin, tetapi juga membantu mengurangi produksi keringat berlebih, apalagi efeknya dapat menenangkan tubuh.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya