TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Jenis Rempah yang Ampuh Mengatasi Bau Badan dari Dalam

Rempah-rempah ini bisa menjaga tubuh tetap harum

Ilustrasi kunyit segar (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Bagi banyak orang, menjaga aroma tubuh tetap segar sepanjang hari merupakan hal yang penting. Selain menggunakan deodoran dan parfum, ada cara alami yang tak kalah efektif, yakni mengonsumsi rempah-rempah

Selain bisa mengurangi bau badan, deretan rempah-rempah ini juga memiliki sejumlah khasiat lain. Kamu bisa mengonsumsinya dengan membuat makanan atau minuman sesuai selera. 

Ada apa saja? Berikut jenis rempah-rempah ampuh mengatasi bau badan dari dalam tubuh.

1. Daun sirih

Ilustrasi daun sirih (pexels.com/Muhammad Alhanul Fikri)

Daun sirih terkenal dengan aroma khasnya yang menyegarkan. Dalam berbagai kuliner Indonesia, daun sirih biasanya dimanfaatkan sebagai campuran dalam makanan atau minuman untuk memberikan rasa yang sedikit pedas dan hangat. Kandungan minyak esensialnya bisa membantu tubuh tetap harum secara alami.

2. Daun kemangi

ilustrasi daun kemangi (unsplash.com/Rasa Kasparaviciene)

Aroma kemangi yang khas sering digunakan sebagai lalapan atau campuran pepes. Selain memberi rasa yang menyegarkan, konsumsi daun kemangi juga dinilai dapat menetralkan bau badan dari dalam. Rempah ini memberikan rasa yang ringan dan segar, cocok sebagai pendamping makanan beraroma kuat.

3. Bunga kecombrang

ilustrasi bunga kecombrang (unsplash.com/David Clode)

Kecombrang memiliki aroma yang khas, dengan rasa yang asam dan sedikit sepat. Biasanya digunakan dalam masakan seperti urap atau sambal.

Rempah yang satu ini memberikan sensasi unik yang menjadikan hidangan lebih harum. Aromanya yang khas tersebut juga bisa membantu mengurangi bau badan. 

4. Jahe

ilustrasi jahe (pixabay.com/Couleur)

Jahe sering diolah menjadi bahan dasar untuk minuman hangat, seperti wedang atau teh jahe. Selain sensasi hangatnya, jahe juga membantu tubuh tetap harum dengan rasa pedas yang khas. Selain penggunaannya dalam bumbu dapur, membuat jahe menjadi rempah serbaguna yang juga bisa menjaga aroma tubuh.

5. Temulawak

Ilustrasi temulawak (unsplash.com/Dyah Miller)

Temulawak sering digunakan sebagai bahan utama membuat jamu tradisional. Rasanya sedikit pahit, tetapi aromanya yang khas dapat memberikan efek menyegarkan pada tubuh. Penggunaan temulawak dalam minuman atau makanan sehari-hari bisa menjadi cara alami untuk menjaga tubuh tetap wangi dari dalam.

6. Kunyit

Ilustrasi kunyit segar (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Kunyit sering digunakan dalam berbagai kuliner Indonesia, terutama dalam masakan berwarna kuning seperti kari atau nasi kuning. Selain memberikan warna kuning cerah, kunyit juga memiliki aroma yang membantu menetralisir bau badan. Kandungan rempah ini memberikan harum alami yang bisa meresap ke dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan yang Sering Disebut Mirip Bau Ketiak

7. Kayu manis

Ilustrasi kayu manis (pixabay.com/Theo Crazzolara)

Aroma kayu manis yang hangat dan manis sering dimanfaatkan pada hidangan penutup atau minuman. Kayu manis tidak hanya menambah cita rasa pada makanan, tetapi juga memberikan aroma tubuh yang lebih harum. 

8. Cengkih

ilustrasi cengkih (pixabay.com/Andrea)

Cengkih sering digunakan dalam hidangan berkuah atau campuran minuman tradisional seperti wedang. Rasa dan aroma cengkih yang kuat bisa membantu mengatasi bau badan yang kurang sedap. Rempah ini memberikan sensasi hangat yang khas, baik dalam makanan maupun aroma tubuh.

9. Lengkuas

Lengkuas (freepik.com/jcomp)

Lengkuas sering menjadi bumbu dasar dalam masakan, seperti rendang atau soto. Selain memberikan rasa pedas dan segar, lengkuas juga memiliki aroma yang membantu menjaga tubuh tetap harum. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya